Fajar, dan Semangatnya untuk Terus Belajar

10:33:00 PM


Campusnesia.co.id -- Tanggal pastinya saya lupa, tetapi kalau tidak salah kala itu akhir tahun 2015. Di suatu hari telpon berdering, terbaca sebuah nama kontak yang tak asing "Teteh" nama untuk Evi CFO saya di Loetju.com (baca: Bendahara). Tak Biasa dia telpon padahal urusan rekap keuangan akhir bulan masih beberapa hari lagi.

Setelah basa-basi, dia menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu Ayahnya didatangi oleh seorang anak yang menurut penuturanya bernama Fajar, usianya sepantaran anak SMP hanya saja dalam hal pndidikan dia kurang beruntung, Fajar telah putuh sekolah sejak terakhir lulus SD. Teteh menlanjutkan bahwa Fajar menceritakan keinginanya untuk kembali belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP walau dengan kejar paket B, sayangnya dia tidak punya uang untuk bianyanya.

"Kira-kira bisa dibantu melalui Loetju foundation gak ndar?" lanjut teteh. Loetju Foundation adalah divisi non profit di UMKM yang saya dan evi kelola sebagai CEO dan CFO dengan komitmen menyisihkan 10% dari keuntungan bersih untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial. 

"Kalau sekali bantu sih belum bisa teh, pertama nominalnya besar kedua sebagian uang infaq bulan ini sudah kita salurkan, tapi kalau misal dicicil beberapa bulan ke depan kayake bisa, How?" jawabku. "Oke gak masalah, nuhun yak sebelumnya" tutupnya.

Setelah pembicaraan kami kala itu, dalam beberapa bulan di akhir 2015 dan tahun 2016 sebagian uang yang kita sisihkan dari laba bulanan di alokasikan untuk membantu Fajar mengejar Kejar Paket B nya. Sesekali Tetah update mem-forward sms dari si Fajar tentang progres belajarnya, persiapan ujian dan kabar kelulusanya.

Seingatku teteh memang pernah melaporkan bahwa Fajar telah menyelesaikan Kejar Paket B nya, dan menyampaikan terimakasih atas bantuanya. Tetapi karena dia mengajar di Sumedang dan Fajar di Garut belum pernah bisa tatap muka, paling tidak selain ketemu langsung juga bisa foto seperti apa rupanya. 

Malam ini, selepas ia laporan bahwa telah mentransfer uang untuk bagi hasil tahunan para Owner Loetju, ia mengirim foto, ijazah dan daftar nilai Fajar. "anak paket B kemarin, skrg dia sedang ngambil paket C. kalo loetju mau bantu lagi boleh. kemarin dia bilang buat paket C sekitar 2.4jt. bisa dicicil sampe ujian tahun depan. alhamdulillah... hatur nuhun. nuhun sudah dibantu " begitu tulisan WA darinya.

Tiba-tiba dada ini sesak penuh perasaan yang bercampur, ada kebahagiaan, ada kebanggaan dan ada pula kesyukuran yang tak terhingga, rasa itu seakan-akan mengobati seketika lelah letih mengerjakan order di Loetju hari ini dan menambah energi untuk lebih giat lagi.

Ijazah Kejar Paket B Fajar
Mungkin nilainya kecil, tapi experience dengan usaha kami yang masih kecil ini ternyata bisa memberi manfaat pada orang semakin meneguhkan bahwa apa yang kami lakukan sudah benar dan sangat layak dilanjutkan.

Buat Fajar, sesungguhnya kami yang harus berterima kasih telah memberi kesempatan untuk membantu, kami tidak pernah tahu di mana letak keberkahan rejeki yang kami cari, kumpulkan dan gunakan. Bisa jadi justru di bagian yang nilainya tidak seberapa yang digunakan untuk membantu orang lain.

daftar nilai Fajar rata-rata 8
Sebagai penutup catatan ini, saya teringat dan semakin menyakini sebuah kalimat yang saya tuliskan di dalam penutup Laporan Akhir Tahun Loetju, "Alasan paling logis untuk menjawab pertanyaan kenapa Loetju harus tetap eksis, berkembang dan makin besar adalah agar makin banyak orang yang mendapat manfaat dari usaha yang kita kelola ini" 

Hakikatnya, apapun yang sedang kita lakukan di dunia ini adalah untuk Berlomba dalam Hal Kebaikan dan menjadi manusia terbaik versi Rasulullah SAW yaitu mereka yang paling banyak memberi manfaat kepada sesamanya.

hadza min fadhli robbi

wallahu a'lam bishawab

Semoga Bermanfaat,
Achmad Munandar

ketua program Loetju Foundation

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor