BELAJAR PKM DARI PERAIH EMAS DI PIMNAS 30 MAKASSAR

11:02:00 PM


Campusnesia.co.id -- Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program penelitian bagi mahasiswa yang diadakan oleh Kementerian Ristek Dikti setiap tahunnya. Setiap mahasiswa yang mengikuti programa PKM harus mengikuti beberapa tahapan dari proposal, pelaksanaan, sampai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). PIMNAS yang merupakan punjak ajang PKM tidak bisa diikuti oleh semua pengusul tetapi hanya bisa diikuti oleh mahasiswa yang programnya terlaksana dengan baik dan maksimal. Dalam menunjang keberhasilan proposal PKM tersebut, Mahasiswa Toga Indonesia, mengadakan program pembinaan menyangkut PKM dengan tema Semua Bisa Meraih Emas di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dengan pembicara Saudara Ari Purnomo yang merupakan periah Emas kategori presentasi di PIMNAS 30 Makassar 2017. Selain Emas, Saudara Ari juga meraih perak untuk kategori poster PIMNAS.

Kegiatan yang dilakukan di Rumah Makan Ayam Lumer pada hari Juma’at, 15 September 2017 ini merupakan salah satu program peningkatan kompetensi dan kapasitas diri untuk anak-anak Toga Indonesia. Peserta yang hadir tidak lain adalah penerima manfaat dari program Toga Indonesia yang terdiri dari mahasiswa beda angkatan dan beda jurusan dari 2017 sampai 2015. Peserta yang hadir terdiri dari beberapa jurusan yakni sastra inggris, pemanfaaatan sumber daya perikanan, manajemen, dan teknik mesin serta kimia.  Walaupun acara baru dimulai satu jam dari yang direncanakan, peserta yang hadir tetap antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara.

Saudara Ari Purnomo yang merupakan pembicara pada acara ini, menyampaikan materi tentang dasar-dasar PKM lima bidang (PKM-M, PKM-K, PKM-T, PKM-P, dan PKM-KC) yang memiliki peluang besar lolos pendanaan dan trik-trik supaya bisa masuk PIMNAS. Beliau menyampaikan, semuanya diawali dengan pembentukan tim yang solid dan memiliki satu visi. Jika satu tim sudah memiliki satu tekad yang sama, beliau mengungkapkan, kedepannya akan lebih mudah keberjalannya karena memiliki semangat dan sikap profesionalisme yang sama. Setelah tim yang solid baru ide yang solutif serta proposal yang berkualitas dan format yang sesuai dengan ketentuan dari DIKTI. Jika semua aspek telah dipenuhi peluang untuk lolos PIMNAS terbuka lebar. Diakhir sesi diskusi Saudara Ari menambahkan, aspek yang tidak kalah pentingnya adalah bimbingan intensif ke dosen yang sangat menunjang keberhasilan PKM yang dibuat. 

Sumber: Rilis manajemn Toga Indonesia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor