Tips Move On Gagal SNMPTN & SBMPTN ala Campusnesia

7:19:00 PM

Campusnesia.co.id -- Persaingan untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN dan SNMPTN memang bukan hal gampang. Apalagi perguruan tinggi negeri favorit. Selain kuota juga tingkat persaingan yang ketat akibat jumlah pendaftar yang banyak. 

Nah sobat campusnesia, kesempatan masuk PTN melalui  SBMPTN dan SNMPTN sudah berlalu, bagaimana hasilnya apakah sobat lolos? Selamat ya bagi yang lolos. untuk yang belum ini dia problemnya.

Apakah sobat galau dan sedih? Wajar sih itu normal tapi galaunya tidak boleh hinga berlarut-larut harus segera move on.

Masih ada kesempatan sebenarnya, misalnya melalui jalur ujian mandiri atau UM tapi ya memang secara biaya akan lebih mahal biasanya. Akan jadi kendala sekali bagi sobat yang secara kemampuan dukungan finansial dari keluarga terbatas.

Maka solusinya adalah coba lagi tahun depan. Sekitar tahun 2007/2008 ada sebuah iklan yg menangkap fenomena gagal masuk PTN ini, digambarkan seorang pemuda gagal masuk PTN ketika ditanya temannya dia menajwab "saya diterima..tapi tahun depan" dengan penuh senyum tanda optimisme.

Pertanyaanya adalah selama menunggu ujian tahun depan apa saja yang harus dilakukan?

Tips kali ini redaksi hadirkan dari mereka yang sudah menjalaninya, baru diterima di PTN di tahun kedua bahkan ada yang baru diterima di tahun ketiga. Yuk kita simak kisah perjuangan dan tipsnya.

1. Rini indah
Lulus SMA tahun 2007, diterima di jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro angkatan 2009.
"Saya dari angkatan 2007, pas lulus di tahun 2007 itu, saya sudah diterima di teknik sipil UI dan Arsitektur Lanskap IPB. Saya bukan gagal masuk sih, sudah diterima tapi nggak ada biaya. Tapi waktu itu mimpi saya adalah kuliah, jadi saya bertekad untuk mencoba di tahun berikutnya."

Apa yang kak Rini lakukan selama menunggu ujian tahun berikutnya?

"Sembari menunggu, saya kerja di toko emas. Malamnya saya nyari penghasilan tambahan dengan menjadi guru les privat. Saya selalu bangun jam 3 pagi, biar bisa sholat subuh dan belajar soal-soal SBMPTN. Saya berpenghasilan, bisa bantu biaya adik sekolah, bisa belikan baju keluarga, tapi saya tetap nggak menyerah."

Bagaimana dengan tahun berikutnya kak?

"Tahun 2008 saya mencoba tes masuk NTU Nanyang Technological University Singapura. Tapi gagal. Waktu itu saya sampai sakit hepatitis. Tapi saya nggak menyerah. Saya tetap bekerja hingga akhirnya lolos SBMPTN dan beasiswa etos di tahun 2009."

Luar biasa, alhamdulillah banget ya kak, nah untuk sobat campusnesia yang belum berhasil masuk PTN tahun ini, ada pesan yang ingin disampaikan kak?

"Untuk Adik-adik, sukses tak harus kuliah. Jadi lakukan apa saja yang bisa bahagiakan orang tua. Jika memang kuliah menjadi mimpi besar kalian, maka jangan menyerah. Sempurnakan ikhtiar dengan belajar, dan berdoa sebanyak-banyaknya. Jika belum sekarang, mungkin tahun depan"

2. Ahmad Ubaidi
Lulus SMA tahun 2009, diterima di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro angkatan 2011.

"Kegiatan yang saya lakukan sambil nunggu Ujian PTN berikutnya dengan bekerja mas, Upah yang saya peroleh dari hasil bekerja saya gunakan untuk persiapan bekal proses masuk PTN dari mulai untuk biaya pendaftaran"

"pada saat bekerja kala itu saya mencoba menanamkan di alam bawah sadar bahwa pendidikan adalah nomer satu, agar niatan saya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi akan terus dan tetap ada dan tidak akan pernah pupus, Jadi Selama aktifitas bekerja saya berusaha menjalaninya dengan ikhlas dan dibikin enjoy aja sambil menunggu masa itu ( mendaftar PTN kembali) tiba waktunya."

untuk sobat campusnesia yang belum berhasil masuk PTN tahun ini, ada pesan yang ingin disampaikan kak?

"Jadi pesan untuk adik-adikku yang tahun ini gagal masuk PTN jangan pernah merasa dan menganggap bahwa kegagalan itu adalah akhir dari segalannya, justru dari kegagalan itu merupakan awal dari segalanya untuk mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan kedepannya asalkan kita mau terus dan terus belajar ulet, tekun, rajin dan disiplin. Insya Allah dengan semuanya itu kita pasti akan meraihnya."

3. Asri Wijayanti 
Lulus SMA tahun 2007, diterima di Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2008.
"Kalau dulu asri kerja sebentar mas sekitar 2-3 bulan gitu di perusahaan jepang di karawang, tapi karena keinginan kuliah kuat dan asri sampaikan ke supervisor dan dijinkan resign untuk kuliah. Jadi 3 bulan sebelum SBMPTN asri resign dan lebih banyak belajar sendiri di rumah mas."

"Biaya kuliah gak ada tapi semangat mau menuntut ilmu yang kuat alhamdulillah, Allah kasih jalan. Kalau dulu kan mikirnya "mosok aku hanya jadi buruh pabrik", padahal inginya bisa membahagiakan orang tua dengan cara yang lebih baik. Orang tuapun mendukung kemauan asri mas. Selalu mendo'akan."

untuk sobat campusnesia yang belum berhasil masuk PTN tahun ini, ada pesan yang ingin disampaikan kak?

"ketika kita memiliki niat baik (menuntut ilmu kan baik), pasti Allah akan memberikan jalan terbaik, dipertemukan dengan orang-orang baik dan lingkungan yang baik.. Yang penting adalah menjaga semangat dalam diri untuk bisa membahagiakan orang-orang di sekitar kita yang sudah banyak berjuang untuk kita"

4. Imam Purnama Sidi
Lulus SMA tahun 2006, diterima di Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro angkatan 2007.

"Bagi kamu yang gak ketrima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun pertama lulus SMA/K/MA, gak perlu frustasi. Bukan berarti dunia kelar kalau kamu gak diterima di tahun pertama. Gak usah alay gitu sih..hahaha.."

"memang apa yang paling nyesek jika kamu gak diterima di tahun pertama? Malu? Malu sama siapa? malu tidak bisa membuat kamu sukses. Takut ketuaan? masuk PTN lebih dahulu tidak  menjamin Lulus/Wisuda duluan."

untuk sobat campusnesia yang belum berhasil masuk PTN tahun ini, ada pesan yang ingin disampaikan kak?

"Tenangkan hati, tetap optimis, masih ada 2 kali kesempatan. Ya, ada 3 kali kesempatan untuk bersaing masuk PTN setelah kamu lulus dari bangku SMA/K/MA. Sisihkan waktu untuk belajar, sisihkan dana untuk proses awal masuk PTN. Untuk transport, untuk membayar pendaftaran, dll. untuk biaya kuliahny? Tenaaang, banyak sekali beasiswa di PTN, dengan catatan kamu tetep harus berusaha. Berusaha mencari info serta berusaha memenuhi kualifikasinya."

"Sambil nunggu waktu ujian, bolehlah kamu kerja dulu, belajar usaha, atau belajar yang lain, yang penting, isi dengan hal positif"


"Tingkatkan belajar, persiapkan diri untuk Ujian Masuk PTN. Hasil jelek belum tentu bodoh. Bisa jadi usaha yang kurang dan yang lebih pasti, Allah SWT sudah menyiapkan yang terbaik buat kamu. Berbaik sangkalah. Karena Allah SWT suka pada yang baik-baik. Keteguhan hati kamu cermin seberapa besar kesungguhan kamu untuk meraih cita-cita"

Itu dia tadi sobat campusnesia, sharing dari kakak kita yang dalam perjuangannya agar bisa masuk di PTN favorit hingga harus mencoba lebih dari sekali, bahkan kakak-kakak kita di atas juga mengamali kendala dalam hal biaya. Tetapi bagi mereka itu bukanlah akhir dengan penuh semngat, perjuangan dan doa akhirnya bisa diterima juga di PTN favoritnya. Bahkan juga mendapat beasiswa yaitu Bestudi Etos.

Secara berkala, artikel ini akan redaksi update karena masih ada beberapa kakak-kakak kita yang akan berbagi inspirasi perjuanganya masuk PTN favoritnya. So, Move on!, persiapkan dirimu untuk ujian tahun depan dan manfaatkan waktu sembari menunggu itu dengan hal yang positfif dan produktif. Sampai Jumpa dan salam prestatif.

penulis : Nandar
foto       : Quipper.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor