Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri di Era Digital

5:33:00 PM

Campusnesia.co.id -- Selain identik dengan takbiran, kue dan silaturahim Lebaran tidak bisa dilepaskan dengan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Apalagi untuk sanak saudara dan teman yang jauh di mata. 

Penulis menemukan fakta yang menarik, bahwa ucapan selamat idul fitri pun tak lepas dari perkembangan jaman, berubah sesuai masanya. Maka tepatlah kata sebuah pepatah bahwa setiap jaman ada masanya. Dahulu, yang namanya kartu ucapan selamat idul fitri ya dari kertas berupa kartu, tapi seiring berkembangnya teknologi mulai tergeser oleh sma pada era awal kemunculan HP dan sekarang jauh berkembang lagi.

Lalu seperti apa perkembangan dan ide-ide kartu lebaran di era digital? mari kita ulas satu persatu.

1. SMS (Short Message Service)
Penulis pertama memiliki HP pada tahun 2007  merk nokia 3310, dan saat malam takbir mejelang hari raya idul fitri hp sampai hang karena penuh oleh sms ucapan lebaran dari saudara dan teman. pada jamanya ucapan lebaran via sms pernah hits. Apakah sekarang masih relevan? emnurut penulis masih apalagi jika yang ingin diberi ucapan adalah orang tua yang belum tentu punya gadget canggih atau berada di daerah yang susah sinyal internet, SMS akan jadi solusi.

2. Gambar
Di era digital yang penulis maksud adalah banyaknya aplikasi berkiri pesan seperti Line, Whatsapp, BBM, Telegram dan lain-lain memungkinkan orang saling berkirim ucapan lebaran dengan file berupa gambar. Agar menarik penulis punya tips, buatlah gambar dan tulisan yang custome. Maksudnya bukan mengambil dari internet tetapi membuat sendiri dengan foto keluarga misalnya dengan demikian akan lebih terkesan personal banget.

Ini bisa juga diterapkan untuk sosial media, facebook, twitter dan sebagainya.

Tips lagi untuk Line dan Telegram gunakan file dengan ekstensi .PNG biasanya transparan bakgroundnya sehingga jauh lebih menarik. Lebih kreatif lagi kalau dibuat dengan format sticker line atau telegram.

3. GIF 

Untuk yang awam, gif adalah ekstensi gambar yang bisa bergerak. Kartu Ucapan lebaranmu akan tambah hits jika bisa bergerak.

4. Video
Yup di era gadget anggih semakin terjangkau, internet di mana-mana coba bikin ucapan lebaran dengan video. SIngkat saja agar orang yang kau kirimi tidak enggan untuk menonton sampai akhir. Durasi video di instgram yang aksimal 60 detik bisa jadi contoh.

5. Email
Ini untuk kamu yang punya usaha atau kantoran, jangan lupa kirimi email ucapan lebaran kepada para customer dan kolegamu, pasti akan menambah positif usaha dan merkmu.

6. Kartu Uapan Lebaran
Loh..kan yang dibahas kartu ucapan lebaran di era digital, mengapa kebali lagi ke kartu ucapan lebaran kertas? yes..ketika semua orang berlomba-lomba kekinian, sesuatu yang jadul dan vintage akan sangat menarik, jadi cobalah tetap menggunakan kartu lebaran kertas tetapi buat dengan desain yang justru bertema retro atau jaman dahulu.

oke sobat campusnesia, itu dia tadi artike tentang Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri di era Digital, bagamana menururt pendapatmu? share di kolo komentar ya, sampai jumpa. 

penulis: Nandar
foto     : shuttershock

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor