Para Pemberdaya Passion



Lama saya mencari istilah ini dan baru ketemu ketika belakangan ini mengikuti #DOES 
video seri aktitas keseharian bassis & vokalis band punk Endank Soekamti. 
Saya tahu band ini karena pernah ngerjain sticker & kaos kamtis family (nama fans club) tembalang. Lagu Favorit saya “Terlatih Patah Hati” ha ha. Salah satu aktifitas positif beliau adalah mendirikan Does university, kuliah gratis jadi animator, inspiratif.

Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi tentang perjalanan saya menemukan, mengasah dan menekuni passion say dalam desain grafis serta orang-orang yang berperan besar dalam menemukan, mengasah dan mengembangkan passion tersebut, yang saya sebut sebagai para Pemberdaya Passion. 
Pak Budi & pelajran jadi expert - Ketika masuk sma saya masih menyakini bahwa potensi terbesar saya adalah dibidang akademis hingga semester I di kelas X bisa rangking satu, prestisius mengingat saya berasal dari smp yg ndeso & persaingan yang ketat di SMA N 2 Pati. Hingga hati ini mulai jatuh cinta pd pelajaran seni rupa yg diajar oleh pak budi, sejak kelas pertama dlm hati sy berkata "ini dunia saya". Pak budi tdk hanya mengajarkan teori seni rupa tp jg keterampilan & kewirausahaan puncaknya adlh lahirnya ekskul seni rupa di sma n 2 pati, galeri & unit usaha seni lukis, sablon serta dekorasi event yg dikerjakan oleh temen2 ekskul seni rupa. 
Dua pelajaran yg sy petik dr beliau adlah tentang kreatifitas & expert. Beliau selalu menanamkan mindset kreatif (kere+aktif) bgmna dlm keterbatasan ttp mnghasilkan karya. sy masih ingat ketika seleksi wakil untuk lomba poster tingakat kabupaten ketika temen2 yg lain mmbuat dgn media crayon, cat minyak & air justru yg diilih asalah karya saya yg sy buat dgn bahan baku kertas majalah+koran bekas. 
Waktu itu sy berfikir mungkin tujuan beliau agar anak2 ekskul seni rupa dpt tambahan uang saku terutama siswa miskin sperti sy. Baru dikemudian hari ketika sdh lulus, sy silatutahmi & bercerita ttg usaha yg skrg masih di dunia seni rupa beliau bercerita ttg treatment itu. bahwa dlm satu kelas tdk semua siswa suka punya passion dlm seni rupa tp mereka hrs paham teori, bisa mengrjakan ulangan & nilainya bagus. sebaliknya ada beberpa siswa yg memang punya pasaion dlm seni rupa yg hrs diasah lebih dr yg lain. Oleh karena itu dibuat treatment sperti diatas. benar saja dengan mengerjakan satu tugas yg sama berulang kali maka bisa dipastikan sy & teman2 eksul seni rupa akan jd mahir. Ini teori dasar jadi expert dlm suatu bidang yaitu mengerjakan sesuatu berulang kali. its work!
Pelajar ke dua adlh ttg menjadi expert dlm suatu bidang. Ada treatment unik dlm cara beliau mengajar seni rupa yaitu ketika memberikan PR beliau punya peraturan bahwa PR harus bagus hasilnya minimal dpt nilai 8 tetapi boleh tdk dikerjakan sendiri dgn catatan ketika ujian ttp hrs bisa mengerjakan soal. Yg trjadi adlh temen2 sekelas akan meninta bayuan yg dianggap pinter dlm seni rupa & itu berati akan ada bbrpa siswa dlm kelas yg akan mengerjakan lebih dari satu karya. Dahulu sy pasang tarif cowok 10.000 cewek antra 5.000-hratis tergantung cakep apa enggak ha ha. 
Yang menarik ktika pd kondisi yg demikian ada 2 org yg "seolah" tdk melihat kegagalan itu pak agus & mas pman, justru beliau mendorong bbrpa ide yg muncul kala itu yg bisa dibilang nyaris tak ada hubungannya dgn akademis. Misalnya ide mmbuat sebuah organisasi intra semacam bem, ide2 pengabdian masyarakat di tembalang yg kala itu dinaungi oleh kampung cerdas, aksi2 simpatik ttg UN, membentuk relawann tanggap bencana hingga puncaknya lahirnya partai mahasiswa sbg ajang aktualisasi & pembelajaran dlm bidang kepemimpina & politik. Serta yg pasti ttg passion desain grafis dan wirausaha, hingga lahir yg namanya Nandarart Kios Grafis-souvenir . Walau dikemudian hari banngkrut tp pelajaranya adalah jadikan passionmu sumber penghasilanmu. dan pengalaman mensirikan nandarart menjadi point plus ktika masuk Loetju Semarang
Tidak ada manusia gagal selama masih punya pitensi kebaikan - bicara kegalan dalam hidup sy pernah mengalaminya dimana merasa diri ini sudah gagal dlm hidup, tak punya tujuan dan semangat untuk bangkit. Ironinya hal ini terjadi ketika dlm fase kehidupan yg diimpikan banyakk orang. Oleh karena itu sy tdk pernah menyalahkan mereka yg melabeli sy sbg mannusia gagal, dzalim & tdk bertanggung jawab. Kalau saja sampe trfikir untuk menyerah sperti kasus live di fb belakangan maka mungkin mayoritas orang akan berkata "o pantes lah dia melakaukan itu". Berkontribusi dgn passion - tatkala sudah mampu menemukan passion, mengasahnya hingga mahir dan bisa hidup dr pasaion itu, level berikutnya adalah berkontribusilah dgn passion yang kamu miliki. Orang yg telaten dgn hal yg satu ini adlah mas imron, senior serta guru ngaji bagi saya. Ketika sbg santri sy gak naik2 level he he, jd pengusaha juga omsetnya gitu2 saja. Gagal dlm dunia akedemis serta menjomblo berkelamaan ha ha beliau selalu telaten untuk ttp merangkul, kadang ini yg sy syukuri & rindukan.mungkin klo dilepas sdh jd liar sekarang. 
Tdk sampai sisitu beliau kembali mengulik kira2 stelah pelatihan & para peserta bisa desain grafis apa yg bisa berdayakan hingga muncul ide ttg komunitas desainer, komunitas yg ketika dibutuhkan akan mmbuat desain2 positif mengajak kebaikan pada masyarakat serta potensi pemberdayaan ekonomi dgn mmbuat market place desainer grafis yg bisa jd sumber pengashilan alumni pelatihan. Wow luar biasa.
Dalam bbrpa pertemuan mentoring spiritual akhir2 ini bahasan beliau jd lbh menarik selain materi2 wajib beliau membuka wawasan dgn diskusi pd skala lbh luas pada level lbh tinggi ttg kontribusi. Beliau menyarankan dgn potensi yg sya miliki sy bisan jadi lbh beranfaat bagi sesama dgn membagi skill, ilmu & pengalaman dlm dunia desain khusus corel draw. Beliau mmberi ide bgmna dgn aktifitas memberi pelatihan secara berkelanjutn & berjenjang ttg desain grafis kpd para remaja ditembalang n semarang. Ini menarik bagi sy & mmbuat gairah baru dlm menjalani hidup. Kemudian beliau mendorong sya untuk meuliskan ide itu dlm bentuk proposal. Mulai dr tema besar, latar belakang & tujuan. Tanpa sadar beliau jg mendorong sy untuk mendefinikasn & merusmuskan sebuah metodologi pelatihan yg disarikan dr pengalamn sy hampir 9 tahun bergelut dlm desain grafis. Lalu ketemulah benang merah pengalaman saya dengan orang2 yg telaten memprkenalkan saya dgn dunia kretifitas, mengarahkn & mendorong sy hingga pd capaian ini, dan judul diatas akan relevan untuk beliau2 yang sy sebut sbg Pemberdaya Passion. Org2 yg dgn telaten penuh kesabaran membantu menemukan potensi sesorang, mengasah & mendorong sampai pd titik diatas rata2 manusia pd umumnya bahkan expert pd bidangnya. Semoag Allah SWT membalas amal baliau2 dgn sebaik2 balasan.amin Dan sdh semestinya pd anda yg hari ini baru pd tahap menikmati passion untuk hiburan & mendpt pengahasilan cobalah berkontribusi dgn passion yg kalian miliki. 
semoga bermanfaat, Sampai jumpa

Artikel Terkait

Previous
Next Post »