sponsor

Mengapa Mahasiswa Selalu Salah?

9:41:00 AM
Foto Aksi Mahasiswa 1998


Mengapa Mahasiswa Selalu Salah?
oleh: Faldo Maldini 

Tiba tiba chat di whatsApp group mulai dipenuhi dengan broadcast yang isinya kurang lebih sama semua (biasa.. orang kita memang sangat hobi main copas di grup dan pasca nge post… Hilang), yakni tentang demonstrasi #112 yg akan diadakan kawan2 BEM. Mereka menamakan dirinya Reformasi Jilid II

Jreng jreng jreng.. pro dan kontra langsung menghiasi notifikasi WA di Hp. Komentar masuk dgn berbagai macam versi, dari yg ngerasa jago gerakan, antipati pada gerakan, atau ya….. Komentar doang. Yang penting komen di grup WA. Semuanya mengomentari mahasiswa. Tak sedikit yang menyalahkan mahasiswa. Hehehe

Mengapa mahasiswa selalu salah? Ya karena kalau buat saya, pilihan mahasiwa (wabil khusus BEM) adalah SALAH atau SALAH BANGET :3

–Ketika Mahasiswa Bergerak–

“Wah.. kajiannya kacau nih!”
“Gerakannya politis nih!”
“Ditunggangi nih” 
“Aksinya ga jelas coi!”

Kalimat2 di atas pasti ga asing lagi didengar kalau mahasiswa bergerak. Pasti ada yang ngomong gitu, saya jamin 100% deh ga dikit yang sinis sama mahasiswa yg bergerak. Bikin macet lah, bikin onar lah, atau bikin malu (padahal mah ngapain malu, kenal jg kagak. Haha), sering menjadi hal yang harus diterima mahasiswa ketika turun aksi dan bergerak

–Ketika Mahasiswa Ga Bergerak–

“Ini mahasiswa pada kemana sih?”
“Demo dong Bro-Sis! Negara kacau nih”
“Gue pengen ada yg demo deh, pajak makan di restoran mewah harus turun, STNK BMW gue mahal nih”
“Mahasiswa sekarang memang beda, ga kayak dulu”

Ya kira kira gitu lah. Ga jarang jg yang mempertanyakan eksistensi mahasiswa ketika mereka pada rajin kuliah dan ga demo (haha. Maksudnya ya ga turun aksi). Tetap aja banyak yang nyalahin dan mempertanyakan mahasiswa. Gak jarang juga sering mahasiswa sekarang dibandingkan dengan perjuangan zaman pra sejarah (ups. Maksudnya zaman heroik para senior). Haha

–See? Mahasiswa memang akan selalu salah–

Ya memang begitu kodrat mahasiswa, terima aja. Haha. Ga deng, maksudnya pasti akan selalu ada pro dan kontra dalam sesuatu, termasuk saat mahasiswa turun aksi.

Mahasiswa ya baiknya menyadari hal ini. Jangan ngarep dipuji deh kalo jadi mahasiswa, apalagi demonstan… Beeeeh jauuhhh hidupnya dari puja dan puji. Kalau mau dipuji mahasiswa ikut kontes kecantikan aja sana atau audisi boyband. Haha

Dan ya mahasiswa baiknya ga terpengaruh sama pendapat sekitarnya (tapi jangan kacamata kuda dan tutup telinga juga ya!). Tetap aja fokus sama yang diperjuangkan. Perjuangan hari ini salah? Ya gak apa apa. Masih belajar toh. Demo hari ini cuma nuntut aja tanpa bawa solusi? Ya gak apa apalah. Justru kalo ada solusi, mahasiswanya mending jadi staff ahli presiden, atau bahkan jadi presiden nya aja sekalian. Hehe

Selamat salah para mahasiswa.
Santai aja.
Wong kita berjuang untuk rakyat kok, bukan untuk komentator. Hehe

 














Faldo Maldini 
adalah seorang tokoh aktivis mahasiswa yang pernah dipercaya sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »