Bagaimana Anak-Anak Rowosari Dalam Menyambut Kemerdekaan Tahun Ini ?

3:41:00 PM


Dirgahayu Republik Indonesia ! Sudah 71 tahun negara kita merdeka, tepatnya 17 Agustus 1945 Bung Karno dan bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu, rakyat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus selalu memperingati kesakralan hari tersebut dengan upacara menyambut HUT RI. Tak lupa, ada yang menggelar perlombaan-perlombaan menjembatani semangat 45 para generasi mudanya di berbagai penjuru pelosok Indonesia. 





Berbicara mengenai sebuah makna kemerdekaan, tak lupa kami Etos Semarang bersama pemuda karang taruna Perisai Rowosari, mempunyai cara tersendiri dalam mengisi kemerdekaan 17 Agustus. Kami, Divisi Sosial Desa Produktif Rowosari bersama pemuda karang taruna Perisai Rowosari mengadakan beberapa kegiatan dan juga perlombaan. Panitia inti dalam perlombaan agustusan tahun ini adalah dari remaja Perisai Rowosari, sedangkan kami hanya membantu berjalannya kegiatan tersebut. Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan adalah rias wajah, pecah air, volley balon, makan kerupuk, koin dalam kecap dan estafet air. Setiap perlombaan diambil tiga pemenang yaitu juara 1, 2, dan 3.

Dirgahayu Indonesiaku!
Merdeka !
#DevisiSosialBerjaya

Urgensi Kemerdekaan dan Proklamasi

Berbicara mengenai makna dari proklamasi kemerdekaan, Tahukah Anda Apa yang dimaksud dengan Proklamasi itu? Asal kata Proklamasi adalah dari kata Yunaniproclamation yang artinya pengumuman kepada seluruh rakyat. Pengumunan tersebut terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Proklamasi Kemerdekaan merupakan pengumumam kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan. Pengumuman akan adanya kemerdekaan tersebut sebenarnya tidak hanya ditujukan kepada rakyat dari negara yang bersangkutan namun juga kepada rakyat yang ada di seluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di muka bumi ini.

Dengan keseluruhan dari penjelasan tersebut, telah diserukan kepada warga dunia akan adanya sebuah negara baru yang terbebas dari penjajahan negara lain. Dengan Proklamasi kemerdekaan, telah lahir sebuah negara baru yang memiliki kedudukan yang sama dengan negaranegara lain yang telah ada sebelumnya. Proklamasi menjadi tonggak awal munculnya negara baru dengan tatanan kenegaraannya yang harus dihormati oleh negara-negara lain di dunia. Proklamasi Kemerdekaan bagi suatu bangsa juga dapat merupakan puncak revolusi, tonggak sejarah perjuangan bangsa tersebut yang telah lama dilakukan untuk dapat terbebas dari belenggu penjajah.

Indonesia sebagai negara yang gemah ripah loh jinawi, telah begitu banyak menanggung beban dan letihnya dalam memaknai sebuah arti kemerdekaan. Penjajahan dan serangan lainnya dalam bentuk apapun, sudah sewajibnya kita waspadai agar negeri kita ini tetap menjadi negeri yang terus menjadi negeri yang dihormati dan dihargai oleh seluruh Bangsa, baik yang bersinggungan langsung dengan negeri kita maupun yang tampaknya tidak langsung bersinggungan.

Sebagai pemuda-pemudi Indonesia. Para generasi mudanya sudah selayaknya memperjuangkan kemerdekaan kita ini, dengan berbagai bentuk perjuangan masing-masing. Baik dari segi keilmuan yang dimiliki, maupun dari kebermanfaatn dari sebuah kontribusi yang kita interpretasikan sebagai wujud kegembiraan dalam menyambut kemerdekaan kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Author : Henny Sulistiya, Penerima Manfaat Beastudi Etos 2014

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor