Khawatir Efek Negatif Daging Kambing? Konsumsi 6 Makanan Pendamping Ini

7:24:00 PM


Sobat Campusnesia, bagaimana keseruan dan gotong royong idul adha hari ini di daerahmu? pasti seru ya. Tak lupa segenap redaksi Campusnesia enguapkan " Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H". Yang mau cerita serunya idul adha di daerah masing-masing bisa kirim ke email redaksi campusnesia, yang paling menarik akan kami pulbikasikan.



Ngomong-ngomong tentang idul adha, sudah habis berapa tusuk sate kambing nih? atau dimasak gulai? atau diasak tongseng dagingnya. Tapi jangan lupa kesehatan ya sobat campusnesia, daging kambing identik dengan kadar kolesterol yang relatif tinggi, jadi bagi yang punya keluhan darah tinggi dan kolesterol jadi was-was. asal konsumsinya tidak berlebihan insyallah asih aman. 


nah kali ini redaksi punya info emnarik, agar tak terlalu khawatir dengan efek negatif daging kabing ada beberapa makanan pendaping yang disarankan dikonsumsi untuk mengurangi efek negatif daging kambing. apa saja? yuk simak;

1. Acar Timun dan Bawang
Suka makan sate kambing? Kalau begitu, jangan lupa buat menyantap acar timun dan bawang merah mentah yang jadi pelengkapnya. Tak cuma menetralisir pekatnya rasa sate, acar ini juga bisa membantu menetralisir kolesterol jahat pada olahan daging.

Dilansir Boldsky, bawang merah mengandung sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Timun juga memiliki khasiat yang sama.

2. Teh
Buat pendamping sajian gulai atau sate, Anda bisa menyiapkan segelas teh tawar untuk pelepas dahaga. Dilansir Healthmeup, teh bisa menjaga kadar kolesterol LDL.

Anda bisa memilih teh hitam yang sedikit pekat atau teh putih yang lebih ringan. Segelas teh hijau juga bisa dijadikan alternatif sehat. Pasalnya minuman ini mengandung katekin yang ampuh untuk membersihkan kolesterol jahat dalam darah.

3. Jus Jeruk
Tidak suka mengonsumsi teh tawar? Kalau begitu ganti saja dengan jus jeruk tanpa gula. Minuman yang terbuat dari buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan limau mengandung pectin. Dilansir Dr. OZ, pectin ini bisa menurunkan kadar kolesterol sampai 7 persen.

Jus jeruk dalam kemasan juga bisa dipilih sebagai alternatif. Jus seperti ini biasanya ditambahkan phytosterol. Phytosterol merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Sambal Tomat
Kalau Anda menyantap iga bakar atau kambing guling, coba siapkan sambal tomat matang sebagai pelengkap. Dilansir Daily Health Post, tomat tinggi kandungan lycopene yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Tomat yang sudah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik. Rebus atau bakar sedikit irisan tomat sebelum diolah menjadi sambal untuk dapatkan khasiat terbaiknya.

5. Almond
Tak ada salahnya mengakhiri acara bersantap daging kambing dengan ngemil almond. Menurut Dr. Oz, almond mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL dalam darah. Selain itu lemak tak jenuh dalam almond juga mencegah LDL teroksidasi.

Jika tak ada almond, Anda bisa menggantinya dengan kacang tanah atau kedelai. Tetapi hindari kacang yang diolah dengan cara digoreng, ya.

6. Buah Semangka
Ternyata, tidak hanya itu saja manfaat semangka. Sebuah penelitian yang dilakukan di Florida State University mengatakan bahwa mengonsumsi semangka secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda derita.

Professor Arturo Figueroa yang melakukan penelitian ini meminta 13 laki-laki dan perempuan dewasa yang menderita tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi semangka secara rutin selama 12 minggu. Kedua kelompok ini juga diminta mengonsumsi 4 gram asam amino L-citrulline dan 2 gram L-arginine per hari yang berasal dari ekstrak semangka.

Hasilnya, penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka mampu memberikan dampak positif pada tekanan darah aorta dan pembuluh darah parameter lainnya.

"Kedua zat alami semangka tersebut telah bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang diderita oleh para pasien. Tak hanya mampu melakukan hal tersebut, semangka juga dapat menurunkan tingkat stres jantung para penderita," jelasnya.

Nah sobat Campusnesia, bagaimana inforasinya menarik? selamat idul adha ya / AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor