Alternatif Aneka Pilihan Menu Olahan Daging Kurban

12:32:00 AM


Idul Kurban menjelang, sudah terbayang suka citanya ya sobat Campusnesia, Libur panjang, pulang ke kampung halaman, berkumpul dengan keluarga besar, malam takbiran dan Sholat Ied. Tak lupa tentunya aktivitas di hari raya idul kurban membantu panitia sampai mendapat jatah daging kurban.

Di hari raya kurban yang 3 hari pada umumnya melimpah daging sapi dan kambing, biasanya diolah jadi menu apa sobat? yang umum oleh masyarakat daging kambing diolah menjadi sate, tongseng, atau gule, sedangkan untuk daging sapi diolah menjadi rendang, bakso, atau soto. Padahal, membuat makanan saat Idul Adha, dengan memanfaatkan daging kurban maka Anda tidak harus membuat masakan yang sudah disebutkan tadi saja, tapi banyak pilihan menu makanan yang bisa dimasak.

Tetapi sebenarnya banyak lho resep oalahan daging kambing dan kurban yang lain, kali ini redaksi akan berbagi pilihan menu yang lain itu, apa saja? yuk simak ;


Babat Sapi Masak Rica
Bagi penggemar masakan pedas, tak ada salahnya untuk mencoba menu yang satu ini. Cara membuatnya pun cukup mudah. Rebus babat beserta 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe. Buang airnya lalu potong-potong panjang. Tumis babat bersama bumbu tumbuk kasar, daun salam, dan jahe sampai harum. Masukkan tomat, lalu masak sampai matang dan meresap.

Kikil Goreng Lengkuas
Menu unik berikutnya adalah olahan dari kikil sapi yang juga patut untuk dicoba. Cara membuatnya, remas-remas kikil bersama  air asam jawa. Aduk rata kikil, bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas, dan air kelapa muda. Masak sampai matang dan meresap. Setelah itu goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kecokelatan. Tiriskan kuah. Goreng sisa bumbu rebusan sampai matang. Sajikan kikil goreng bersama bumbunya.

Iga Semur Bersantan
Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan semur biasanya. Presto iga dengan jahe sampai setengah empuk. Tumis rempah dan bumbu sampai harum. Masukkan tomat. Tumis sampai layu dan merata rata. Tuang rebusan iga secara bertahap. Masak diatas api kecil sampai matang dan bumbu meresap. Lalu masukkan santan dan masak sambil diaduk sampai mendidih.

Sop Daging Kambing
Selain kaya akan bumbu, sop daging kambing juga sangat segar jika disajikan hangat. Setelah semua bahan tersedia, saatnya meracik sup daging kambing. Rebus air dengan jahe hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan daging kambing yang telah empuk ke dalamnya. Masukkan juga potongan wortel dan juga kentang. Masak hingga mendidih dan empuk.

Di wadah lain, panaskan minyak dan tumis semua bumbu halus hingga aroma wanginya keluar. Selanjutnya, masukkan tumisan bumbu ini ke dalam rebusan daging kambing tadi bersama potongan daun bawang dan irisan buah tomat. Masak sebentar.

Bestik Kambing
Bestik kambing juga menghadirkan ragam bumbu dan citarasa yang sngat lezat. Cara membuatnya, panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan menguning. Masukkan daging kambing masak hingga berubah warna. Masukkan tomat dan semua bumbu lalu masukkan air, kentang dan kecap manis. Masak dengan api sedang hingga daging kambing melunak. Sajikan dengan daun selada, tomat dan acar.

banyak kan, daging kurban makin beragam variasi resepnya. Jangan lupa ceritain menu buatanmu di idul adha kali ini ya.sampai jumpa/ AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor