sponsor

AZ Team ITB Juarai Kompetisi Bisnis Internasional di Singapura

9:58:00 PM


BANDUNG, itb.ac.id - Prestasi kembali diraih oleh mahasiswa ITB dalam kancah internasional. Pada kompetisi APEX Business-IT Global Case Challenge yang diadakan oleh Singapore Management University (SMU), tim perwakilan ITB berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi yang diikuti oleh tim-tim terbaik dari berbagai universitas ternama dari Asia, Amerika Serikat, Kanada, dan Hong Kong. Tim yang diberi nama AZ Team ini terdiri dari tiga mahasiswa program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) ITB angkatan 2012, yakni Azfina Putri, Dilla Anindita, dan Nadhira Afriani. Pada babak final perlombaan yang dilaksanakan di Singapura pada Rabu hingga Jumat (03 - 06/05/16), mereka berhasil meraih posisi 2nd Runner Up dan menjadi satu-satunya pemenang yang berasal dari universitas di Asia.

Dalam kompetisi yang bertemakan "Conscious Capitalism: Doing Good While Doing Business" ini, setiap tim ditantang untuk menyelesaikan kasus mengenai perusahaan Grab. Kompetisi terbagi menjadi beberapa babak dan terdapat materi-materi yang harus disiapkan di setiap babaknya. "Paling sulit memenuhi semua ketentuan yang sangat banyak dari setiap babak, mulai dari presentasi, poster, dan sebagainya," ujar Dilla. Akan tetapi, walaupun dihadapkan oleh banyak rintangan dan kompetitor handal, AZ Team tetap berhasil membuktikan kemampuannya dengan mengungguli empat belas finalis lain yang turut hadir di Singapura. Kekompakan dan ketepatan solusi menjadi kunci keberhasilan dari AZ Team. "Menurut juri, solusi yang kami berikan sangat bagus, sehingga bisa mengungguli tim-tim lainnya," jelas Dilla.

Disamping karena kemampuan tim yang baik, kemenangan AZ Team dapat diraih berkat dukungan dari program studi STI ITB. Salah satu bentuk dukungannya adalah bimbingan dari Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, M.T. yang dengan sabar mendampingi AZ Team sepanjang kompetisi. Selain itu, dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat juga menjadi dorongan bagi ketiganya untuk berprestasi dalam kompetisi tersebut.

Berbekal motivasi untuk berprestasi dan bekerja secara produktif di tahun terakhir sebagai mahasiswa ITB, AZ Team bekerja keras dalam mempersiapkan diri menuju tahap final di Singapura. Akan tetapi, sebagai mahasiswa tingkat akhir, dalam waktu dekat para anggota AZ Team berencana untuk fokus dalam penyelesaian studi mereka terlebih dahulu. Mereka sangat berharap bahwa prestasi mereka ini akan memotivasi mahasiswa-mahasiswa ITB untuk turut berprestasi di berbagai ajang internasional lainnya. "Jangan takut mengikuti lomba di luar negeri. Jangan takut mengenai pendanaan karena bisa diselesaikan dengan mencari sponsor. Lalu, jangan takut kalah. Mahasiswa ITB juga pintar dan jika berusaha pasti bisa mengungguli tim-tim lainnya," tutup Dilla.

ITB Journalist Apprentice 2016

Gracia Isaura Raulina (Manajemen Rekayasa Industri 2013)


Artikel Terkait

Previous
Next Post »