Pelajar SMA Negeri 1 Karangreja Raih Juara I SCP 2016.

3:05:00 PM

PURBALINGGA - Pelajar dari kawasan pedesaan kembali merajai kompetisi menulis Sayembara Cerita Muda Purbalingga (SCMP) 2016 yang digelar Kelas Menulis Purbalingga. Kali ini, pelajar SMA Negeri 1 Karangreja, Yuniarti yang memenangkan Juara I SCP 2016.

Yuniarti menyisikan 19 peserta lainnya melalui karya bertajuk 'Petaka'. Sementara itu, Juara II diraih Dita Ayu Maharani (SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga).

“Karya 'Petaka' ini termasuk berani dalam mengangkat ide tulisan,” kata salah satu juri SCMP 2016, Asep Triyatno saat pemberian hadiah di Markas CLC Purbalingga, Minggu 7 Februari 2016.

Petaka bercerita tentang kehidupan seorang istri yang memilih menjadi PSK karena kecewa dengan tingkah suaminya. Si suami suka mabuk dan marah lalu bertindak kasar.

Suatu ketika, Si Suami mendapati Sang Istri sedang berduaan di kamar hotel dengan pria kegatelan. Si suami marah besar dan melempar istrinya dari jendela. Sesampainya di rumah, Si suami malah memperkosa anak perempuannya sendiri.

Cerita di SCMP 2016 diakui sangat bervariasi. Namun, Asep Triyatno, Khadis (penulis blog & translator) dan Bangkit Wismo (Direktur Kelas Menulis Purbalingga) meyakini bahwa para penulis muda itu masih miskin kemampuan untuk mengeksplorasi cerita.

Referensi bacaan dan kemampuan mengeksplorasi ide cerita dinilai masih kurang.

“Ini menjadi tanggung jawab kita, terutama para guru di sekolah yang bersentuhan langsung dengan pelajar,” kata Khadis.

SCMP 2016 diikuti pelajar diantaranya dari SMA 1 Karangreja, SMK Negeri Purbalingga, SMA 1 Bobotsari, SMA 2 Purbalingga, SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, SMK 3 Purbalingga, SMP 1 Kalimanah dan SMP 1 Mrebet.

“Kami masih belum mengerti kenapa sekolah bertitel unggulan tidak banyak terlibat dengan ajang seperti ini,” kata Manager Kelas Menulis Purbalingga, Putri Antika.

SMCP digelar rutin setiap awal tahun, sebagai penanda pembukaan angkatan baru di Kelas Menulis Purbalingga. Ajang tahunan ini diharapkan bisa mendongkrak semangat literasi di kalangan muda Kota Purbalingga.
(Kabare Bralink/Hms)


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor