Pertukaran Budaya: Mahasiswi UNDIP Menyebarkan Budaya Indonesia dengan Mengajarkan Tari Gambang Semarang di Glasgow

 


Campusnesia.co.idMenyebarkan budaya Indonesia di negara asing merupakan salah satu tujuan Melvinka Najla, mahasiswi Universitas Diponegoro (UNDIP) mengikuti program pertukaran pelajar, Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA). Melalui program tersebut, Melvinka berhasil menampilkan dan mengajarkan tari tradisional Gambang Semarang di Glasgow, Skotlandia.

Tentu saja keberhasilan tersebut tidak dapat terjadi tanpa persiapan yang matang. Sebelum berangkat ke Glasgow, Melvinka, bersama dengan 3 awardees IISMA University of Glasgow (UofG) lainnya telah mempersiapkan penampilan Tari Gambang Semarang dengan latihan secara rutin. Selain latihan, Melvinka juga telah mempersiapkan barang-barang yang akan diberikan kepada partisipan pelathian tari Gambang Semarang. Barang-barang tersebut meliputi kain batik, dan selendang.Bersama dengan barang-barang tersebut, Melvinka juga telah mempersiapkan buku saku yang berisi informasi mengenai Indonesia, Semarang, dan pastinya tari Gambang Semarang. 

Pada tanggal 30 Oktober 2023, acara “Heroes Horas”, yang merupakan acara pameran dan penampilan budaya Indonesia, dilaksanakan oleh seluruh awardees IISMA UofG di Glasgow University Union (GUU), Glasgow, Skotlandia. Pada acara tersebut, tari Gambang Semarang berhasil ditampilkan oleh Melvinka bersama dengan 3 kawannya didepan mahasiswa dan staff UofG. Selain dari penampilan tari tersebut, awardees IISMA UofG juga menampilkan nyanyian lagu tradisional Indonesia dan juga memamerkan budaya Indonesia melalui booth yang telah dipersiapkan, seperti booth makanan dan minuman khas Indonesia, booth mewarnai batik, dan booth kerajinan khas Indonesia.

Melalui penamipilan tersbut, beberapa mahasiswa yang tertarik untuk memepelajari lebih lanjut mengenai tari Gambang Semarang diajak untuk mengikuti pelatihan tari. Pada akhirnya, 4 mahasiswa UofG mengikuti pelatihan tari Gambang Semarang tersebut. Dari pelatihan tari ini, partisipan mempelajari tentang gerakan-gerakan tari, sejarah tari, dan juga pakaian yang dikenakan saat menari. Selain itu, partisipan juga diberikan materi mengenai Indonesia dan Semarang untuk melalui presentasi yang telah dipersiapkan.  

Dari pengalaman ini, Melvinka berharap tinggi agar budaya Indonesia dapat terus dilestarikan dan dapat dikenal dalam skala internasional. 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon