Pengenalan Bahasa, Huruf, dan Kebudayaan Jepang melalui Shodou: Suatu Inisiatif Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang

Sesi Foto Bersama dengan Siswa SMK Kristen Pedan

 
Campusnesia.co.id - Pedan, Klaten (29/01/2024) - Pengenalan budaya Jepan ini merupakan bagian dari program KKN yang diinisiasi oleh mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Diponegoro. Tujuan utama kegiatan ini adalah memperkenalkan bahasa, huruf, dan budaya Jepang kepada siswa SMK Kristen Pedan, khususnya siswa kelas 12 jurusan pemesinan. 
 
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2024 tepatnya di SMK Kristen Pedan. Kegiatan diikuti oleh satu kelas siswa kelas 12 jurusan pemesinan yang didampingi oleh guru pengajar jam saat itu. 

Menik Juniarsih memberikan penjelasan mendalam mengenai Shodou, seni menulis huruf Jepang dengan kuas dan tinta. Dia memperkenalkan alat-alat yang digunakan serta teknik dasar dalam melakukannya. Selain Shodou, Menik Juniarsih juga memberikan pengantar tentang bahasa Jepang dasar. Ia memfasilitasi siswa untuk memahami beberapa frasa sederhana dan menyajikan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa diajak untuk mencoba Shodou dengan menulis nama mereka sendiri menggunakan kuas dan tinta berdasarkan acuan kertas tabel huruf yang sebelumnya dibagikan oleh Menik Juniarsih. Hal ini bertujuan agar siswa dapat merasakan langsung pengalaman Shodou.

Penyampaian Materi sebagai Pengantar 
dan Praktik Kaligrafi Jepang atau Shodou

Sebagai hasil kegiatan, nama-nama siswa yang ditulis dalam bentuk Shodou menjadi bukti konkret partisipasi mereka dalam kegiatan ini. Selain memberikan pengalaman langsung tentang seni tradisional Jepang kegiatan ini juga membangun apresiasi terhadap bahasa dan budaya asing.

Sebagai tambahan, di akhir kegiatan, siswa diberikan brosur informatif mengenai kaligrafi Jepang atau Shodou, cara penulisan, serta alat-alat yang digunakan dalam praktik kaligrafi. Brosur ini bertujuan untuk memupuk minat dan pengetahuan lebih lanjut mengenai seni tradisional Jepang.

Brosur Kaligrafi Jepang atau Shodou
 
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa SMK Kristen Pedan dalam mengenal bahasa, huruf, dan budaya Jepang. Selain itu, melalui praktik Shodou, siswa dapat merasakan keindahan seni kaligrafi Jepang dan mengapresiasinya sebagai bagian penting dari warisan budaya dunia. Pemberian brosur juga diharapkan dapat menjadi acuan belajar siswa untuk menggali lebih dalam tentang budaya Jepang.

Melalui kegiatan ini, Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro berhasil mengenalkan budaya Jepang kepada siswa SMK Kristen Pedan dengan fokus pada seni Shodou, huruf dan bahasa Jepang dasar. Dengan partisipasi aktif siswa dan distribusi materi informasi, diharapkan pengetahuan ini dapat membuka pintu bagi siswa untuk lebih memahami dan menyukai keberagaman budaya serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap hubungan antar bahasa dan seni dalam konteks budaya Jepang.

Demikianlah laporan singkat mengenai kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro, Menik Juniarsih, di SMK Kristen Pedan pada tanggal 29 Januari 2024.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon