Pemetaan Persebaran Sarana dan Prasarana sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Bendo

Penyerahan Produk Akhir 
Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Bendo

 
Campusnesia.co.idDesa Bendo, Kecamatan Pedan (29/01/2024). Tim 1 KKN Universitas Diponegoro telah menyelesaikan program kerja pembuatan Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Bendo, Kecamatan Pedan.

Aulia Azizah, mahasiswa S1-Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki program SDGs berupa pembuatan Peta Persebaran Sarana dan Prasarana di Desa Bendo. Program Pembuatan Peta Sarana dan Prasarana di Desa Bendo sesuai dengan tujuan (SDGs) Sustainable Development Goals pada tujuan nomor 9 (sembilan) yaitu membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi. Sarana dan prasarana merupakan fasilitas pendukung dalam kehidupan masyarakat. Sarana dan prasarana yang ada di Desa Bendo sudah cukup lengkap. Namun, sarana dan prasarana perlu dipetakan lokasi persebarannya untuk mendukung pertumbuhan suatu wilayah.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan pembuatan Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Bendo dimulai dengan survei lapangan, pengambilan titik koordinat lokasi sarana dan prasarana menggunakan aplikasi Avenza Maps, pembuatan peta menggunakan QGIS 3.18, finalisasi peta, dan pencetakan produk peta. Survei lapangan dilakukan dengan cara primer dan sekunder. Survei lapangan dilakukan dengan kegiatan pengambilan titik koordinat dan identifikasi kondisi sarana dan prasarana. Survei lapangan tidak langsung mengandalkan data shapefile dari Bappeda Kabupaten Klaten.

Titik koordinat yang dikumpulkan untuk masing-masing sarana dan prasarana Desa Bendo diantaranya, sarana pendidikan yang terdiri dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sarana kesehatan hanya terdapat (PKD) Pos Kesehatan Desa. Sarana tempat ibadah terdiri dari 5 masjid dan 1 gereja. Untuk sarana perkantoran dan pelayanan masyarakat hanya terdapat Kantor Kelurahan Desa Bendo. Terdapat juga beberapa sarana komersial dan industri pergudangan.

Peta Persebaran Sarana dan Prasarana Desa Bendo

Setelah titik koordinat berhasil dikumpulkan, langkah berikutnya adalah pembuatan peta dengan menggunakan software QGIS 3.18. Selanjutnya, peta tersebut di layouting dalam skala 1:5.000 (ukuran kertas A2). Proses layouting peta berdasarkan peraturan penyajian peta menurut ketelitian peta dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2013 tentang Ketelitian Peta. Setelah itu, peta diserahkan kepada perangkat Desa Bendo dengan harapan dapat dimanfaatkan sebagai data dasar perencanaan dan pembangunan pada tingkat desa serta dapat digunakan sebagai gambaran informasi geospasial Desa Bendo.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon