Keren! Mahasiswa KKN Undip Berhasil Membuat Booklet Profil Desa Bendo untuk Penunjang Inventarisasi

Penyerahan Booklet Profil Desa Bendo


Campusnesia.co.id - Data desa adalah kumpulan informasi atau fakta yang mencakup berbagai aspek tentang suatu desa atau kawasan pedesaan. Data ini mencakup berbagai hal seperti demografi penduduk, kegiatan ekonomi, infrastruktur, kondisi sosial, lingkungan, potensi sumber daya dan banyak lagi. Data desa adalah salah satu pondasi yang dibutuhkan oleh pemerintahan dalam pengambilan keputusan, pembangunan yang berkelanjutan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa. 

Data desa yang terkumpul dan tersusun dengan baik dapat diakses melalui buku profil desa yang menjadi sumber informasi bagi seluruh elemen, termasuk pemerintahan dan masyarakat. Buku profil desa ini memberikan informasi komprehensif tentang berbagai aspek desa, sehingga membantu pemangku kepentingan untuk memahami secara mendalam situasi dan kondisi desa. 

Selain itu, buku profil desa juga menjadi sumber data yang kaya bagi penelitian dan studi akademis tentang perkembangan sosial ekonomi, dan lingkungan tingkat desa. Lebih dari itu, buku profil desa juga berperan sebagai media yang dapat menginformasikan pihak eksternal, seperti organisasi non-pemerintahan atau pihak swasta yang tertarik untuk kolaborasi dengan desa dalam program pembangunan atau program yang lain.

Dengan mempertimbangkan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari buku profil desa, salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berlokasi di Desa Bendo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten berhasil membuat buku "Profil Desa Bendo". 

Program tersebut merupakan salah satu program kerja keilmuan yang dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan desa. Buku Profil Desa ini memuat data-data dan informasi seputar desa seperti sejarah desa, geografi, pemerintahan desa, data kependudukan, sarana dan prasarana meliputi pendidikan, kesehatan, peribadatan, olahraga, data transportasi dan komunikasi, serta potensi yang ada di Desa Bendo. 

Dalam penyusunan profil desa tersebut mahasiswa KKN UNDIP melakukan pengumpulan data melalui beberapa arsip desa yang terdapat di balai desa. Serta melakukan wawancara.
  
Wawancara dan Mencari Data di Kantor Desa Bendo

Buku "Profil Desa Bendo" ini diserahkan pada hari Senin, 29 Januari 2024 kepada Bapak Narsanto dan Beberapa Perangkat Desa. Penyerahan buku ini diterima dengan baik oleh pihak desa. Pembuatan buku "Profil Desa Bendo" ini diharapkan akan tetap berlanjut di waktu yang akan mendatang. Dengan demikian, buku profil desa ini dapat menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. 
 


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon