Mahasiswa KKN Melakukan Pembuatan Profil Desa untuk Mendukung Keterbukaan Informasi dan Pemahaman Masyarakat mengenai Karakteristik Fisik dan Non Fisik Desa Karangtengah, Kecamatan Weru

 
Penyerahan Banner Profil Desa Sebagai Produk Akhir 
Kepada Bapak Pujiono Selaku Kepala Desa Karangtengah


Campusnesia.co.idProfil desa merupakan ringkasan yang menyajikan gambaran umum tentang desa yang mencakup informasi relevan mengenai kondisi ekonomi, sosial budaya, geografis, serta demografi. Program kerja pembuatan profil desa bertujuan untuk menyajikan gambaran umum tentang desa yang terdiri dari profil fisik ekonomi dan kependudukan, kondisi geografis desa, serta profil fisik yang terdiri dari fisik alam, guna lahan, serta persebaran sarana dasar. Profil desa juga bertujuan sebagai basis perencanaan pembangunan serta menjadi dasar bagi pemerintah untuk pembangunan desa yang berkelanjutan. 

Sukoharjo (29/01/2024), Anandharu Risna (21), mahasiswa program studi Perencanaan Wilayah dan Kota mencanangkan program kerja monodisiplin “Pembuatan Profil Desa Karangtengah, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo dalam bentuk Banner”. Data yang digunakan bersumber dari data RPJM Desa Karangtengah Tahun 2023-2028 serta data geografis dari Badan Informasi Geospasial”. Pembuatan profil desa diawali dengan collecting data yang terdiri dari data visi misi desa, demografi, mata pencaharian, jumlah sarana, serta data tingkat pendidikan dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Karangtengah Tahun 2023-2028. 

Pengumpulan data juga dilakukan melalui Badan Informasi Geospasial untuk mengumpulkan data geografis pemetaan. Setelah semua informasi sebagai bahan terkumpul, penulis melakukan pembuatan peta dengan aplikasi berbasis GIS yaitu QGIS. Peta yang dihasilkan antara lain peta persebaran sarana, peta jenis tanah, geologi, penggunaan lahan, serta peta topografi. Langkah selanjutnya, penulis menyusun konten dengan jelas dan informatif serta menambahkan grafis dan efek untuk meningkatkan daya tarik visual. Setelah banner selesai disusun, penulis melakukan diskusi dan asistensi hasil akhir dengan Kepala Dusun yaitu Bp. Sriyono. Setelah itu, penulis melakukan cetak banner dalam ukuran 100 x 50 cm. 

Produk profil desa karangtengah dalam bentuk banner diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada masyarakat mengenai karakteristik fisik dan non fisik yang dimiliki oleh desa serta membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai potensi yang dimiliki oleh desa. Produk profil desa yang telah disusun juga dapat menjadi dasar informasi yang penting bagi pemerintah desa dalam merencanakan dan mengimplementasikan program pembangunan yang sesuai dengan prioritas kebutuhan dan potensi yang dimiliki desa. Kondisi tersebut dapat membantu dalam identifikasi prioritas pembangunan dan alokasi sumber daya.




Penulis: 
Anandharu Risna
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Undip

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Priyo Sidik Sasongko S.Si., M.Kom.

Lokasi: 
Desa Karangtengah, Kecamatan Weru

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon