Dukung UMKM Lokal, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Prosedur K3 Untuk Pengrajin Wuwung Seng Desa Karangtengah

 




Campusnesia.co.id - Sukoharjo (15/02/2024). Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yang bertempat di Desa Karangtengah, Kecamatan Weru melakukan pendampingan dan pemberian poster mengenai” Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kepada Pengrajin Wuwung Seng yang Ada Di Desa Karangtengah”.

Desa Karangtengah adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Sukoharjo paling selatan. Desa ini berbatasan dengan Desa Sambirejo, Desa Grogol, Desa Karangwuni, dan Desa Tegalsari. Desa ini memiliki produk unggulan yaitu kerajinan Wuwung Seng dan Talang yang berbahan dasar dari seng galvalum, steinlis, serta tembaga. Wuwung Seng ini sendiri dibuat untuk menggantikan wuwung yang berbahan dasar semen karena lebih praktis.

Dalam pembuatan wuwung seng, terdapat beberapa alat yang digunakan yaitu meteran, penggaris besi, gunting plat dan alat press. Alat-alat tersebut tentunya memiliki potensi bahaya bagi penggunanya. Terutama pada penggunaan alat gunting plat dan alat press yang berfungsi untuk membentuk lembaran-lembaran seng menjadi bentuk-bentuk tertentu.

Dalam rangka menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja pengrajin Wuwung Seng, pada tanggal 22 Januari 2024, Annisa Puspitasari Mahasiswi KKN Tim 1 UNDIP Manajemen dan Administrasi Logistik membuat poster mengenai K3 guna membantu mengingatkan para pengrajin Wuwung Seng di Desa Karangtengah untuk melaksanakan prosedur K3 yang wajib dijalankan. Pembuatan materi dan poster K3 ini berdasarkan studi literatur dan survei yang telah dilakukan sebelumnya.

Isi dari poster K3 yaitu mengenai Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan pengrajin Wuwung Seng Desa Karangtengah saat melakukan kegiatan produksi. Selain itu, di dalam poster K3 juga terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan pengrajin sebelum menggunakan APD. Misalnya, setiap mengecek secara berkala seluruh APD yang digunakan dan diperiksa sebelum dipakai dan memastikan bahwa APD sesuai dengan standar yang ada. Luaran dari program kerja ini adalah kelancaran dalam kegiatan K3 para pengrajin Wuwung Seng untuk menjaga keselamatan saat kegiatan produksi dilakukan.



Penulis:
Annisa Puspitasari
Manajemen dan Administrasi Logistik – SV
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon