Tingkatkan Gizi Seimbang Anak Sekolah! Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Usung Program Edukasi “GISEL”

 


Campusnesia.co.idSemarang (14/11) - Salah satu mahasiswa Tim KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman (MHSA) UNDIP, melaksanakan program kerja monodisiplin berupa edukasi pentingnya gizi seimbang serta pemeriksaan status gizi IMT/U di SDN Sendangguwo 02. Ia menggunakan metode edukasi dan bermain secara interaktif untuk membantu siswa kelas 3 SDN Sendangguwo 02 mendapatkan pengetahuan gizi seimbang lebih baik.

Kamis, 19 Oktober 2023 mahasiswa KKN Tematik MHSA yang dibantu rekannya itu mengunjungi SDN Sendangguwo 02. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai langkah awal untuk menjalin hubungan kerja sama antara mahasiswa KKN Tematik UNDIP dengan SDN Sendangguwo 02.

“Benar, kami melakukan survey terlebih dahulu ke SDN Sendangguwo 02 agar dapat memperkenalkan diri dan menyampaikan rencana program kerja monodisiplin yang akan kami laksanakan”, ucap Angga peserta KKN Tematik MHSA UNDIP.

Kegiatan perizinan dan survey langsung disambut hangat oleh Ibu Fery Hermayati selaku Kepala Sekolah SDN Sendangguwo 02. Ia tertarik dengan pemaparan rencana program kerja monodisiplin yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik MHSA UNDIP. “Saya sangat senang Mas dan Mbak ini berkenan untuk membuat kegiatan edukasi ke sekolah ini. Saya rasa itu bisa menambah pengetahuan adik-adik di SD ini”, sambut Ibu Fery.
 
Program kerja monodisiplin yang akan dilaksanakan oleh Angga, salah satu mahasiswa KKN Tematik MHSA di SDN Sendangguwo 02 yaitu mengedukasi terkait gizi seimbang serta melakukan pemeriksaan status gizi secara langsung menggunakan microtoise dan berat badan digital. Program ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi secara langsung di lingkup tempat tinggal siswa. 

Hal tersebut diungkapkan juga oleh Ibu Fery bahwa keadaan sosial menengah ke bawah yang berada di sekitar sekolah tersebut membuat perhatian orang tua terhadap kondisi gizi anaknya kadang terabaikan. Padahal, anak usia sekolah menjadi investasi bangsa karena mereka adalah generasi penerus di masa yang akan datang. Tumbuh kembang anak usia sekolah yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu jumlah dan kualitas asupan zat gizi seimbang yang diberikan dalam makanannya.

   
Edukasi tentang pentingnya mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mencakup zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sangat penting untuk diketahui oleh siswa sekolah dasar. Berbagai jenis zat tersebut dapat membantu tercapainya pemenuhan gizi seimbang. Zat karbohidrat berfungsi sebagai zat tenaga utama yang menghasilkan tenaga; zat protein berfungsi sebagai penunjang untuk menggantikan sel-sel tubuh; lemak berfungsi sebagai energi cadangan; vitamin berfungsi membantu perkembangan sel/jaringan tubuh; serta mineral berfungsi membantu proses metabolisme tubuh.

 
Untuk itu, edukasi program GISEL (Gizi Seimbang di Sekolah) dan pemeriksaan status gizi IMT/U perlu untuk disampaikan kepada siswa sekolah dasar, karena memiliki banyak manfaat positif di masa depan. Luaran dari kegiatan ini yaitu mahasiswa KKN Tematik MHSA akan membuatkan informasi status gizi seimbang dan rapor hasil pemeriksaan dalam lembar leaflet bolak balik yang akan dibagikan kepada setiap siswa. Selain itu, kegiatan games berupa tebak gambar berhadiah membuat anak sekolah dasar lebih cepat memahami materi yang disampaikan. 

    

Leaflet Edukasi Gizi Seimbang dan Raport Hasil Pemeriksaan Status Gizi

Pelaksanaan program kerja monodisiplin ini berjalan dengan lancar dan mendapat antusias yang cukup baik dari siswa-siswa kelas 3 di SDN Sendangguwo 02, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Diharapkan dengan adanya program edukasi GISEL ini, siswa sekolah dasar dapat memahami pentingnya gizi seimbang, pilar-pilar gizi seimbang, manfaat mengonsumsi makanan sesuai gizi seimbang, pedoman tumpeng gizi dan isi piringku, serta dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.



Penulis
Angga Dwi Cahya
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon