Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta Komitmen Terhadap Lingkungan Hidup

 


Campusnesia.co.idDalam rangka memenuhi tugas PjBL (project base learning) tim kelompok 2 mahasiswa S1 Fisioterapi UPN “Veteran” Jakarta mengadakan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan salah satu pilar dari “4 Pilar Pembangunan Indonesia 2045” yaitu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan yang berfokus pada Komitmen Terhadap Lingkungan Hidup. 

Judul utama dari acara ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Organik Dan Anorganik Di Kelurahan Bojong Pondok Terong RT 04 RW 08 Cipayung Depok Jawa Barat”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023 yang bertempat di Kelurahan Bojong Pondok Terong, RT 04 RW 08, Cipayung, Depok dan dihadiri oleh 16 peserta dari kalangan ibu rumah tangga. 

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam upaya mengedukasi masyarakat setempat terkait pentingnya dan bagaimana menjaga lingkungan kita melalui pengelolaan sampah yang benar dan ramah lingkunagan. 

Malistia Yuan Dwi Rahma selaku ketua kelompok 2 mengucapkan terimakasih kepada ketua RT dan warga setempat yang sudah bersedia hadir dalam acara pengabdian masyarakat ini. "Saya ucapkan terima kasih kepada para warga yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir juga kepada semua pihak yang telah membantu baik secara moril maupun materil sehingga dapat terlaksananya acara ini. Adapun tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk menyelesaikan tugas project kami mahasiswa UPN Veteran Jakarta, diharapkan juga setelah terselenggaranya kegiatan ini ibu-ibu jadi paham apa itu sampah organik atau anorganik juga cara pengolahannya menjadi bahan daur ulang.Dan saya selaku perwakilan dari panitia mengucapkan mohon maaf apabila ada kekurangan atau penempatan yang kurang berkenan, pastinya kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan acara ini dengan baik", pungkasnya.

Selanjutnya ketua RT 04 dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas telah dipilihnya RT 04 sebagai lokasi penyuluhan ini.

“Kita kedatangan anak-anak kita ini dari universitas di Jakarta, alhamdulillah ada penyuluhan bagi warga kami yang mudah-mudahan dapat diresapi oleh warga RT 04 RW 08 dan untuk itu kami sekali lagi mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada adik-adik kita yang mana lingkungan kami telah ditunjuk sebagai lokasi penyuluhan” ujar ketua RT 04.

Kegiatan ini menghadirkan 6 mahasiswa dari program studi S1 Fisioterapi yang terdiri dari Malistia Yuan Dwi Rahma sebagai ketua serta anggotanya yaitu Renaya Alya Dwintasari, Muhammad Rifqi Faadhilah, Kefi Noviantri Taneo, Nadia Syifa Salsabila, dan Keisya Vani Cellin Hutajulu. 

Pemateri pertama, Keisya Vani Cellin Hutajulu, menyampaikan materi tentang pengertian sampah anorganik, macam-macam sampah anorganik dan bagaimana pengelolaan sampah anorganik menjadi barang pakai kembali. Pemateri kedua, Nadia Syifa Salsabila, menyampaikan materi tentang pengertian sampah organik, macam-macam sampah organik serta bagaimana pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos. 

Dengan penyampaian materi ini diharapkan warga setempat memahami pentingnya menjaga lingkungan dan bagaimana cara menjaganya. Penyampaian materi ini ditutup dengan adanya demonstrasi tentang pemisahan sampah organik dan anorganik serta bagaimana cara pengolahan sampah menjadi barang pakai kembali dan juga menjadi pupuk ramah lingkungan.

Diakhir acara salah satu warga menyampaikan kesan pesannya dalam mengikuti kegiatan ini.
“Kesannya sangat bahagia karena mendapat ilmu yang bermanfaat terutama untuk teman-teman disini, semoga lebih asri lagi, lebih lestari lagi dan lebih indah untuk dipandang dan untuk pesannya terus bersemangat untuk menjalankan misi-misinya untuk para adik-adik mahasiswa dan mahasiswi yang telah menjalankan tugasnya” ujar salah satu warga yang mengikuti acara

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon