Mahasiswa Matematika Memvisualisasikan Data Pertanian Kelompok Tani Ngudi Makmur 1 Desa Kataan Dengan Infografis Menarik

 
 Mahasiswa KKN-T Desa Kataan meyerahkan banner infografis 
kepada ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur I, Agus Mawardi




Campusnesia.co.idTemanggung, Jawa Tengah - Sektor pertanian berperan penting dalam kehidupan, pembangunan, dan perekonomian Indonesia. Sebagai negara agraris, sektor pertanian mampu melestarikan sumber daya alam, memberi hidup dan penghidupan, serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Mahasiswa KKN-T Undip Desa Kataan mendapati belum adanya informasi pertanian khususnya pada Kelompok Tani Ngudi Makmur I yang mudah dibaca dan dimengerti di Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu perangkat desa dan ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur I, data monografi yang ada di Desa Kataan sendiri masih berbentuk data mentah tanpa diolah lebih lanjut dan belum ada gambaran data pertanian secara visual. Oleh karena itu, mahasiswa KKN-T Undip mengusulkan program KKN, yaitu pembuatan infografis pertanian berdasarkan data yang sudah ada.

Infografis itu sendiri merupakan informasi berupa data yang disajikan dalam bentuk visual atau gambar agar lebih mudah dipahami oleh para pembaca. Tidak hanya menyajikan angka, informasi yang dimuat pada infografis disajikan dengan elemen visual yang menarik, diantaranya terdiri dari ilustrasi, gambar, teks, dan grafik.

Penyajian infografis pertanian ini disajikan dalam bentuk banner dan diserahkan kepada ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur 1, Agus Mawardi. Infografis tersebut memberikan informasi terkait bagaimana keadaan pertanian, perkebunan, dan produk-produk dari Kelompok Tani Ngudi Makmur I. 

Selain diserahkan kepada ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur I, infografis ini juga disampaikan kepada seluruh anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur I. Hal ini dilakukan pada saat acara kumpul rutin anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur I. Adapun respon positif yang diberikan para anggota kepada penyampaian infografis ini, bahwa infografis ini sangat membantu mereka dalam memahami data-data pada produk-produk yang dihasilkan dan dipasarkan.

 
“Infografis pertanian ini sangat bermanfaat bagi keberjalanan acara Kelompok Tani Ngudi Makmur 1 kedepannya karena bisa dibawa kemana-kemana dan pastinya semua orang dapat melihat produk-produk kami karena banner ini akan dipajang di setiap acara. ” 
Agus Mawardi, Ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur 1.

Infografis pertanian Kelompok Tani Ngudi Makmur I, Desa Kataan diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memahami informasi mengenai kondisi pertanian, perkebunan, dan produk-produk dari Kelompok Tani Ngudi Makmur I di Desa Kataan.



Penulis : Seta Shofa Safarina Akrom (Matematika-FSM UNDIP)
Lokasi KKN : Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Dra. Susiana Purwantisari, M. Si.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon