Potensi UMKM Dusun Sironjang: Pemetaan Persebaran UMKM di Dusun Sironjang sebagai Pengembangan Desa Wisata Agroekokultural

  


Campusnesia.co.id - Kelurahan Pakintelan merupakan Wilayah IDBU (IPTEK Desa Binaan Undip) yang dikembangkan sebagai Desa Wisata Agroekokultural tepatnya di Dusun Sironjang. Dusun Sironjang merupakan salah satu dusun dengan pelaku UMKM yang cukup banyak. Jenis UMKM yang ada di Dusun Sironjang meliputi berbagai macam usaha, seperti usaha makanan tradisional, toko kelontong, toko makanan, dan sebagainya. 

Karena begitu banyaknya pelaku UMKM yang ada di Dusun Sironjang, masyarakat dan remajanya yang tergabung dalam IRAS (Ikatan Remaja Aktif Sironjang) membuat kegiatan khusus untuk pelaku UMKM agar UMKM yang ada di Sironjang tetap aktif dan semakin berkembang. Kegiatan tersebut berupa kegiatan Pasar Krempyeng yang dilaksanakan setiap Minggu Kliwon dan Minggu Legi (Kalender Jawa).


 
Kegiatan tersebut meliputi kegiatan yang mengumpulkan seluruh pelaku UMKM di Dusun Sironjang untuk melakukan jual beli dengan masyarakat sekitar pada satu tempat yang sama untuk menawarkan dagangan dari pelaku UMKM.

Mengingat begitu banyaknya pelaku UMKM yang ada di Dusun Sironjang, maka dibutuhkan pendataan persebaran lokasi UMKM. Untuk mengetahui lokasi UMKM tersebut dapat dituangkan dalam bentuk peta persebaran UMKM Dusun Sironjang yang didalamnya mencakup semua lokasi dari UMKM yang ada di Sironjang.

 

Melalui peta tersebut, dapat diketahui kepadatan dari UMKM yang ada di Dusun Sironjang. Karena pada peta persebaran tersebut berisi lokasi dari setiap pelaku UMKM yang ada di Dusun Sironjang. Melalui pemetaan persebaran UMKM tersebut, dapat menjadi gambaran pemerintah setempat dalam melakukan perencanaan untuk mengembangkan dan meratakan UMKM yang ada di Dusun Sironjang, sehinga pemerintah setempat dapat memfokuskan lokasi mana saja yang akan dijadikan objek dalam pengembangan UMKM. Selain itu, pemetaan tersebut juga dapat membantu masyarakat dalam mencari jenis UMKM sesuai yang diinginkan. 


  
Beberapa mahasiswa Undip melalui program IDBU (IPTEK Desa Binaan Undip) 2023 melakukan survey lapangan ke setiap lokasi UMKM yang ada di Dusun Sironjang. Kegiatan survey lapangan tersebut berdasarkan dari data pelaku UMKM yang diberikan oleh rekan-rekan IRAS (Ikatan Remaja Aktif Sironjang). Dalam survey lapangan tersebut, dilakukan pemlottingan titik-titik koordinat dari lokasi UMKM yang telah di kunjungi. Titik-titik koordinat tersebut sebagai dasar pembuatan peta persebaran UMKM, karena titik-titik UMKM yang akan ditampilkan di peta nanti berdasarkan dari hasil survey lapangan yang telah dilakukan. Kegiatan survey lapangan tersebut dilakukan beberapa kali karena mengingat pelaku UMKM yang ada di Dusun Sironjang cukup banyak sehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Oleh karena itu, sangat diharapkan jika peta persebaran UMKM tersebut dapat menjadi alternatif yang sesuai, baik untuk pemerintah setempat yang dapat digunakan sebagai gambaran dalam melakukan pengembangan UMKM serta mempermudah masyarakat dalam mencari jenis UMKM yang diinginkan.


Penulis :
Anna Deva Fitria Nurjanah, Mahasiswi Teknik Geodesi, Program IDBU (Iptek Desa Binaan Undip) Universitas Diponegoro, Dusun Sironjang, Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang

Dosen Pembimbing :
Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon