Wujudkan Pembangunan Ekonomi Desa, Mahasiswa KKN Tim II Undip Lakukan Pembentukan dan Pendampingan UMKM sebagai Bentuk Pengembangan Kelompok Usaha Desa Kalijoyo

 


Campusnesia.co.id - Pekalongan (27/7/2023) – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Keberadaan UMKM sangat penting dalam mendorong pembangunan ekonomi, khususnya ekonomi di desa yang belum maksimal. Salah satunya di Desa Kalijoyo yang belum memiliki produk UMKM yang dapat menjadi sumber pemasukan desa.

Pembentukan UMKM sendiri dapat bermanfaat baik bagi pelaku usaha melalui penjualan produk, bagi warga sekitar dengan terbukanya lapangan kerja baru, bahkan bagi negara secara nasional karena dapat meningkatkan nilai produk domestik bruto (PDB). Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Undip 2023 merancang program “Pembentukan dan Pendampingan UMKM Sabun Cair dari Minyak Jelantah”.

Kegiatan dilakukan pada Kamis, 27 Juli 2023 di Balai Desa Kalijoyo. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga dan kerap menggunakan minyak goreng yang berpotensi menjadi minyak jelantah. 

Acara diawali dengan pemaparan materi dan demonstrasi mengenai cara pembuatan sabun cair dari minyak jelantah. Selanjutnya disampaikan cara pengembangan dan pemasaran UMKM melalui media sosial dan marketplace. Pada akhir acara, dilakukan pembentukan kelompok usaha baru bagi peserta yang bersedia untuk mengembangkan UMKM ini, serta pembentukan nama dan logo usaha.


Pertemuan kedua dilaksanakan pada Minggu, 6 Agustus 2023 yang juga bertempat di Balai Desa Kalijoyo. Dalam acara ini, peserta pelatihan dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok melakukan praktik pembuatan sabun cair dari minyak jelantah secara langsung. 


Setelah produk sabun cair berhasil dibuat, disampaikan cara pengemasan produk, serta pemasangan label pada kemasan. Selanjutnya dilakukan pendampingan pembuatan akun kelompok usaha di media sosial Instagram dan marketplace Shopee, serta pembuatan brosur untuk pemasaran offline.

Dengan dilakukannya pembentukan dan pendampingan UMKM ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan warga desa dan membuka lapangan kerja baru di Desa Kalijoyo, serta menjadi sumber pemasukan yang berkelanjutan bagi para anggota kelompok usaha.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon