Tanggapan Google Terhadap Wacana Perpres Jurnalisme Berkualitas

 



Campusnesia.co.id - Semarang 19/08/2023. Belakangan ramai diperbincangkan tentang draft wacana perpres jurnalisme berkualitas yang diusulkan oleh Dewan Press, salah satu poin yang banyak dikhawatirkan oleh para konten kreator adalah wacana permintaan transparasi algoritma oleh platform digital seperti Google, Youtube, Facebook, Instagram dll.

Serta keharusan ijin ketika ingin mengutip sumber dari sebuah media yang disebut-sebut bakal mempersulit konten kreator individu dan menguntungkan korporasi media besar dan establise.

Pada tanggal 26 Juli 2023, Google lewat akun twitter/X @googleindonesia memberi tanggapan atas wacana perpres jurnalisme berkualitas tersebut, kami kutip dari akun twitter/X google Indonesia berikut lengkapnya.

Google dan YouTube telah lama mendukung pertumbuhan ekosistem berita digital di Indonesia dan kami ingin terus melanjutkannya.

Bahkan, pada tahun 2022, Google mengirim lebih dari satu miliar kunjungan situs bagi media di Indonesia per bulannya – tanpa mengenakan biaya – dan membantu mereka mendapatkan penghasilan melalui iklan dan langganan baru.

Namun rancangan terbaru Perpres tentang Jurnalisme Berkualitas, jika dilaksanakan tanpa perubahan, peraturan ini dapat membatasi keberagaman sumber berita.

Ini akan memberikan kekuasaan kepada sebuah lembaga non-pemerintah untuk menentukan konten apa yang boleh muncul online dan penerbit berita mana yang boleh meraih penghasilan dari iklan.

Secara khusus, peraturan tersebut akan membatasi berita yang tersedia secara online dan mungkin menguntungkan penerbit berita tertentu. Ini juga membatasi kemampuan kami untuk menampilkan beragam informasi dari ribuan penerbit berita lainnya di Indonesia.

Kami akan terpaksa harus mengevaluasi keberlangsungan berbagai program yang sudah berjalan serta bagaimana kami mengoperasikan produk berita di Indonesia.

Hal ini juga akan membahayakan masa depan banyak media dan pembuat berita, meskipun mereka merupakan sumber utama bagi masyarakat Indonesia untuk tetap mendapatkan informasi.

Walaupun merasa kecewa dengan arah rancangan Perpres yang diusulkan saat ini, kami masih berharap agar dapat mencapai solusi yang baik dan tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan terkait.



Sumber: https://indonesia.googleblog.com/2023/07/rancangan-peraturan-untuk-masa-depan-media-di-Indonesia.html?m=1

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon