Mahasiswa KKN Undip Menerapkan Parenting Berbasis Sastra sebagai Pendidikan Karakter serta Peningkatan Kecerdasan Emosional Pada Anak

 


Campusnesia.co.id(Desa Karanggatak, Kecamatan Klego, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 11/07/2023) –Pendidikan karakter sangat berperan penting bagi setiap anak. Sebagai penerus bangsa, anak-anak tentu diharapkan dapat membuat negara ini semakin maju di masa mendatang. Akan tetapi, di tengah era teknologi yang semakin canggih ini anak-anak justru lebih tertarik untuk menikmati fasilitas bermain seperti gadget daripada belajar.

Seorang mahasiswa KKN Undip Tim 2 2022/2023, Namira (21), mengatakan bahwa anak-anak di Desa Karanggatak, tempatnya mengabdi, lebih tertarik dengan gadget daripada belajar. Bahkan anak-anak tersebut selalu membawa ponsel pada saat bermain yang tak lain dan tak bukan hanya untuk mengakses berbagai sosial media seperti TikTok dan Instagram. Tak hanya itu, mereka juga kerap kali meminta izin untuk meminjam mahasiswa untuk mengakses sosial media yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan.

Mahasiswa Sastra Indonesia itu mengatakan bahwa penerapan sastra sangat dibutuhkan untuk mengembangkan minat baca serta kecerdasan emosional anak, sehingga anak-anak tidak terus terpaku pada gadget mereka. 

Dengan program kerjanya yang berjudul "Penerapan Sastra Terhadap Anak Usia 0-12 Tahun Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak" tersebut, Namira berharap dapat membantu para ibu dan calon ibu untuk segera menerapkan sastra pada anak-anak mereka atau dengan kata lain parenting berbasis sastra. Namira (21) memberikan pendampingan kepada ibu dan bidan tentang bagaimana cara penerapan sastra dengan menyesuaikan usia anak, baik anak dalam kandungan, batita, balita, dan anak yang mendekati usia remaja.

Penerapan sastra sendiri memiliki banyak manfaat bagi masing-masing anak yang di antaranya sebagai stimulasi bayi dalam kandungan, pendidikan karakter anak, meningkatkan kecerdasan emosional anak, mengembangkan daya imajinasi anak, dan lain sebagainya.
Diharapkan dengan program ini, para orang tua dapat lebih mengenalkan berbagai karya sastra seperti lagu-lagu, dongeng, cerita bergambar, dan film-film bertema pendidikan kepada anak mereka. 



Penulis: Namira Pratama Putri Mulya

DPL: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum.

Lokasi: Desa Karanggatak, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon