Keren! Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan Arti Simbol Kemasan Bahan Plastik Pada Warga

Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Simbol Daur Ulang 
pada Kemasan Berbahan Plastik di TPQ Al-I'anah Bandar


Campusnesia.co.id - Batang (27/7/2023)- Plastik merupakan bahan yang selalu kita temui dalam kehidupan dan dimanfaatkan untuk bahan baku suatu benda, misalnya tempat makan, sendok plastik, ember, gayung, maupun kemasan untuk berbagai macam produk. 

Ada berbagai jenis plastik yang sering digunakan dalam kehidupan manusia, mulai dari plastik yang aman untuk kemasan makanan dan minuman, hingga plastik yang sebaiknya tidak digunakan untuk kemasan makanan maupun minuman atau lebih tepat untuk kemasan bahan bangunan. Ada pula bahan plastik yang aman dan dapat digunakan berulang kali untuk makanan.

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Tim II Undip 2022/2023 yang dilaksanakan di Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang dengan periode penerjunan yang dimulai pada tanggal 6 Juli 2023 hingga 18 Agustus 2023. 

Salah satu mahasiswa KKN Undip di Desa Bandar, Salwa Adfriza Rihha Datul’ais dari Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Matematika angkatan 2020, telah melaksanakan pengabdian yang berfokus untuk melakukan sosialisasi terkait simbol plastik utamanya kepada warga di Desa Bandar. Program tersebut adalah Edukasi dan Sosialisasi Simbol Daur Ulang (recycling symbol) pada Kemasan Berbahan Plastik.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan sasaran anak-anak karena sering membeli jajanan dengan kemasan berbahan plastik atau styrofoam serta membawa bekal dengan tempat makan dan minum yang juga berbahan dasar plastik. Selain itu, sasaran lainnya dengan melibatkan ibu-ibu yang sering menggunakan bahan – bahan plastik di dalam rumah tangga. 

Pengadaan program ini dilatarbelakangi karena Desa Bandar merupakan pusat di Kecamatan Bandar dimana banyak sekali aktivitas jual beli yang menuntut penjualnya menggunakan plastik. Selain itu, ibu-ibu sering menggunakan benda berbahan plastik tidak tepat sasaran sehingga dapat mempengaruhi masalah kesehatan dan berdampak pada lingkungan sekitar apabila hal tersebut terus berlanjut. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar warga dapat meningkatkan wawasan terkait simbol yang ada pada bahan-bahan plastik.

Program ini dilaksanakan pada dua lokasi, yaitu kegiatan pengajian rutin berzanji yang dihadiri oleh ibu-ibu dan anak-anak muda pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan sosialisasi ini diwali dengan yang mengikuti pengajian berzanji. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan menampilkan poster dan pembagian brosur terkait materi sosialisasi untuk setiap audiens. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi, sosialisasi dan edukasi terkait simbol daur ulang berbahan plastik. Kemudian, memberi kesempatan bertanya dan diakhiri dengan mengadakan kuis berhadiah. 

Program yang sama dilaksanakan pada lokasi kedua, yaitu TPQ Al – I’anah Bandar selama dua hari berturut - turut pada tanggal 26 – 27 Juli 2023. Alur kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hampir sama dengan lokasi sebelumnya, akan tetapi karena sasaran kali ini a


Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Simbol Daur Ulang
 pada Kemasan Berbahan Plastik di kegiatan rutin Al-Berzanji


dalah anak – anak, maka kegiatan dibuat dengan lebih menyenangkan sehingga anak – anak dapat memahami dengan baik informasi yang disampaikan.

Dengan program yang telah disosialisasikan ini, diharapkan agar warga semakin memahami berbagai arti simbol pada kemasan berbahan plastik, serta penggunaan plastik yang 
lebih tepat sasaran sehingga berdampak baik untuk kesehatan dan lingkungan.





Penulis: 
Salwa Adfriza Rihha Datul’ais 
(24040120120027)

DPL:
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si
Dr. Adi Nugroho M.Si
Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc

Lokasi KKN: 
Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon