Era Digital, Mahasiswa KKN Tim II Undip Perkenalkan Digital Marketing pada Pelaku Usaha

 


Campusnesia.co.idDesa Petanjungan, 14/8/23 – Digital marketing menjadi hal yang sangat penting bagi pengembangan UMKM pada era digital saat ini. Digital marketing adalah suatu bentuk kegiatan yang dijalankan oleh pelaku usaha dalam rangka melakukan pemasaran sebuah produk atau merek, baik itu produk barang maupun produk jasa melalui pemanfaatan teknologi informasi digital, seperti menggunakan media elektronik, maupun menggunakan media berbasis internet. 

Tidak dapat dipungkiri, digital marketing memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Penghematan biaya promosi dan jangkauan target pasar yang lebih luas menjadikan pemasaran digital sangat menjanjikan untuk diterapkan.

Namun, belum semua pelaku usaha di Desa Petanjungan mengerti dan memahami mengenai digital marketing dan bagaimana cara pengoperasian media sosial dan toko elektronik sebagai sarana pemasaran digital. Masih banyak dijumpai UMKM di Desa Petanjungan yang memasarkan produknya secara tradisional dari mulut ke mulut sehingga diperlukan adanya sosialisasi mengenai digital marketing agar produk dapat lebih dikenal masyarakat setempat maupun warga luar Desa Petanjungan. Oleh karena itu, Nadia Rachel Prameshvari mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan sosialisasi untuk mengenalkan digital marketing pada pelaku usaha.

Program edukasi digital marketing dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 kepada salah satu pelaku usaha di Desa Petanjungan yaitu Ibu Proin selaku pemilik usaha rempeyek dan kembang goyang. Ibu Proin menjual produk dagangan nya bila ada yang memesan saja dan hanya melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. 

Edukasi dilakukan secara door to door dengan penyampaian materi secara langsung menggunakan poster dan leaflet. Penjelasan tersebut berisikan pemahaman mengenai apa itu digital marketing, manfaat digital marketing, branding produk, bagaimana penggunaan media sosial, internet, dan E-commerce sebagai sarana digital marketing, dan strategi pembuatan konten kreatif.
 
Selain memberikan edukasi, Nadia juga melaksanakan pendampingan pembuatan logo produk. Dengan kegiatan ini diharapkan menambah pemahaman mengenai digital marketing dan dapat melakukan pemasaran secara digital melalui Instagram, Shopee, Google Bisnisku, sehingga dapat memasarkan produknya lebih luas dan dapat bersaing dengan kompetitor lain. Selain itu, dengan meningkatnya penjualan produk diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Petanjungan.



Penulis: Nadia Rachel Prameshvari (Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
DPL: Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.
Lokasi KKN: Desa Petanjungan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah
KKN TIM 2 2022/2023 Universitas Diponegoro


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon