UNKAHA Giatkan Publikasi Mahasiswa melalui Refreshing Penulisan Artikel Ilmiah, Pemantapan Gerakan Anti-Plagiarism, dan Pengenalan Open Journal System (OJS)



Campusnesia.co.id - UNKAHA,28/9- Lembaga Riset, Pengabdian Masyarakat, Inovasi, Produk HAKI dan Paten (LRPIP) Universitas Karya Husada Semarang menggelar event rutin Pekan Publikasi Ilmiah Mahasiswa yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa sebelum wisuda. Periode September ini, PPIM dikemas dalam kegiatan yang berbeda dari sebelumnya. 

Sebelum mahasiswa melakuka orasi ilmiah, mahasiswa diberikan materi-materi sebagai refreshment terkait cara penulisan artikel ilmiah, upaya anti-plagiarism, dan pengenalan submit artikel ke OJS. Hal ini dalam upaya membangun iklim akademik khususnya pada mahasiswa sehingga memahami bagaimana mempublikasikan hasil penelitian untuk lebih berdampak dan bermanfaat. 

Rektor UNKAHA, Dr. Ns. Fery Agusman MM, M.Kep., Sp.Kep.Kom, dalam opening speech kegiatan PPIM menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi penekanan bagi kita untuk mendengar  hasil-hasil penelitian sehingga tidak berhenti pada tugas akhir mahasiswa, melainkan juga dapat lebih berdampak dan bermanfaat bahkan dalam lingkup internasional. 

Kegiatan yang yang digelar dalam sepekan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam penulisan Jurnal khususnya bagi mahasiswa,serta  merangsang para ilmuan UNKAHA untuk menemukan ide dan gagasan untuk berkolaborasi dengan para ilmuan sehingga dapat menghasilkan tulisan – tulisan yang berkualitas untuk dipublikasikan melalui Open Journal System (OJS). Selain itu melalui PPIM periode ini, diharapkan dapat mendorong mahasiswa bersama dosen untuk dapat menulis artikel yang berkualitas.

Kegiatan yang berlangsung dalam sepekan ini menghadirkan tim LRPIP UNKAHA sebagai  3 orang narasumber yaitu Ns. Indah Wulaningsih,  M.Kep., Novitasari, MTr.Keb., dan Ns. Umi Hani, M.Kep., Sp.Kep.Kom. yang sekaligus pengelola Jurnal Journal of Global Development Partner (JoGDP) yang saat ini sedang dalam pengembangan sebagai wadah publikasi menuju jurnal internasional.

Pada hari pertama  ini, Ns. Indah Wulaningsih,  M.Kep. memberikan materi tentang Artikel Ilmiah, Novitasari, MTr.Keb., memberikan materi tentang Plagiarisme dalam penelitian, dan Ns. Umi Hani, M.Kep., Sp.Kep.Kom yang mendampingi dalam melakukan submit pada OJS. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan mahasiswa untuk menyelesaikan manuskrip agar layak publish pada jurnal ilmiah. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon