Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar



Campusnesia.co.idPendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia guna mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju. Pendidikan juga berperan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, terutama dalam proses pembangunan nasional. 

Oleh karena itu upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah merupakan strategi dalam meningkatkan sumber daya manusia. Yang ditandai dengan terlaksananya proses belajar mengajar. 

Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan antara guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.


Menurut (Djanarah 2006), dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. 

Artinya ketika siswa kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan guru, peran media sebagai alat bantu akan sangat memudahkan siswa dalam memahami materi.

Disamping itu, media berfungsi untuk memudahkan guru menyampaikan materi pelajaran. Materi pelajaran yang disampaikan hanya melalui bahasa verbal tidak selalu efektif. 

Materi yang sukar dipahami ketika dijelaskan hanya dengan menerangkan secara lisan menjadikan siswa sulit untuk memahami informasi yang disampaikan guru. 

Melalui media pembelajaran, hal yang bersifat abstrak dapat menjadi konkret. Menurut Kemp dan Dayton (Sanjaya 2012), terdapat kontribusi yang sangat penting penggunaan media dalam proses pembelajaran yakni: 

1. Penyampain pesan pembelajaran dapat lebih terstandar

2. Pembelajaran dapat lebih menarik

3. Pembelajaran menjadi ebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologi yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan balik, dan penguatan.

4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek.

5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan 

6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan di mana pun diperlukan 

7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.

8. Peran guru berubah ke rah yang positif.


Dengan adanya media pembelajaran, proses belajar mengajar menjadi lebih mudah. Dengan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaiakan informasi dengan lebih menarik. Serta, media dapat digunakan agar lebih memberikan pengetahuan yang konkret dan tepat serta mudah dipahami.



Penulis
Ummul Khair Azmi
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi 
FISIP Universitas Andalas

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon