Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasi Penyimpanan Ikan Segar Agar Tahan Lama



Campusnesia.co.idKelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang (31/07/2022) Ikan segar merupakan keadaan dimana ikan mati yang dipasarkan hampir sama dengan keadaan ikan tersebut masih hidup. Ikan segar lebih berasa enak dimasak dengan cara apapun dan ikan segar lebih menyehatkan untuk dikonsumsi. 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di RW 06 masih banyak ibu-ibu yang membeli ikan tetapi tidak langsung dikonsumsi dan memilih untuk menyimpannya. Namun, banyak ibu-ibu yang mengeluhkan ikan cepat busuk bila disimpan. 

Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan masih banyak ibu-ibu yang belum mengerti bagaimana cara menyimpan ikan segar yang benar sehingga perlu dilakukan cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu memberikan sosialisasi mengenai cara penyimpanan ikan segar agar tidak mudah busuk dan tahan lama. 


Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Shafira Galuh Kinanti (21) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 2019 melakukan kegiatan “Sosialisasi Cara Menyimpan Ikan Segar Agar Tahan Lama” dengan arahan dari dosen pendamping Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U. 

Tujuannya meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang masih belum mengetahui cara penyimpanan ikan segar yang benar sehingga tidak ada lagi ikan busuk. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Minggu (31/07/2022) kepada warga RT 06 RW 06, kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan. 

Sosialisasi mengenai cara penyimpanan ikan segar ini dilaksanakan secara door to door dengan mendatangi rumah warga RT 06 RW 06, setelah itu membagikan brosur kepada setiap ibu-ibu peserta sosialisasi di RT 06 dan memberikan softfile foto brosur kepada ketua RW 06.

Selanjutnya, materi yang disampaikan pada sosialisasi ini yaitu berupa cara memilih ikan segar untuk disimpan, cara membersihkan ikan yang ingin disimpan, cara memilih wadah yang akan digunakan untuk menyimpan ikan, cara menyimpan ikan di freezer, dan apa saja makanan yang tidak diperbolehkan bebarengan pada saat menyimpan ikan seperti durian karena baunya dapat terkontaminasi dengan bau ikan. 

Sosialisasi ini dilakukan kurang lebih 10 menit pada tiap rumah. Setelah dilaksanakan adanya sosialisasi ini, ibu-ibu sangat berantusias untuk menerapkan cara yang telah disampaikan tersebut dan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan tidak ada lagi kasus ikan mudah busuk pada saat disimpan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon