Download Vector Logo Baru IKN Nusantara 2023 versi Coreldraw, PNG, CDR, Ai, PDF


Campusnesia.co.id - Hari ini tanggal 30 Mei 2023, Presiden Joko Widodo (Pak Jokowi) secara resmi mengumumkan logo baru Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemenang kompetisi logo IKN adalah Aulia Akbar, yang merancang logo dengan tema Pohon Hayat, melambangkan kehidupan.

Pak Jokowi menyatakan bahwa pemilihan logo bertema Pohon Hayat adalah pilihan masyarakat Indonesia. Lebih dari 500 ribu orang telah berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN Nusantara.

"Logo yang terpilih memiliki tema Pohon Hayat yang dirancang oleh Aulia Akbar. Pohon hayat ini melambangkan kehidupan, dan kami berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat baru bagi kita semua," kata Pak Jokowi saat mengumumkan logo IKN Nusantara, yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (30/5/2023).

Menurut Pak Jokowi, logo ini juga mencerminkan filosofi pembangunan IKN Nusantara, membangkitkan rasa bangga dan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara yang besar dan beragam. Selain itu, logo ini juga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, dan ekosistem Indonesia.


Logo tersebut memiliki 5 akar yang mewakili Pancasila, 7 batang yang mewakili pulau-pulau besar, dan 17 kembang yang melambangkan kemerdekaan yang abadi. Pak Jokowi juga membandingkan Indonesia dengan Amerika Serikat dan Australia.

"Di Amerika Serikat ada New York, ada Washington DC. Di Australia ada Sydney, ada Canberra. Di sini ada Jakarta, dan di sana ada Nusantara. Ini menunjukkan bahwa kita adalah negara yang besar dan bangsa yang besar," ujar Pak Jokowi.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, menjelaskan bahwa proses pemilihan logo IKN Nusantara dimulai pada September 2022 dengan adanya pengumuman terbuka atau open call.

Lebih dari 500 desainer IKN ikut serta dalam open call, dan 10 desainer terpilih untuk mengikuti proses desain logo IKN Nusantara. Dari 10 logo tersebut, presiden memilih 5 logo terbaik untuk kemudian dipilih melalui voting oleh masyarakat.

"Dari 10 logo tersebut, Presiden telah memilih 5 logo terbaik dan menginstruksikan adanya voting yang dapat diikuti oleh masyarakat secara luas. Voting online dilakukan dari tanggal 4 April hingga 20 Mei 2023, dan kami mengakhiri voting pada Hari Kebangkitan Nasional," jelasnya.

Sebanyak 60% pemilih berasal dari Pulau Jawa, sementara sisanya berasal dari pulau-pulau lainnya. 16 ribu warga Kalimantan Timur juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN.

"Dari seluruh suara yang masuk, satu logo terpilih dengan memperoleh 133.069 suara atau sekitar 26,6%," tambahnya. (sumber: detik.com)


Download Logo Vector Baru IKN 2023 versi Coreldraw, PNG, CDR, Ai, PDF

klik di sini:
 



Di desain ulang jadi vector oleh Nandar, 
jika ingin support bisa donasi via PayPal 
dengan id: Campusnesia@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon