Loading...

Biografi Penyanyi Rossa Diva Indonesia dan Daftar Lagunya



Campusnesia.co.id - Beberapa hari ini sedang rame berita tentang penyanyi Rossa yang menyerahkan Fee pekerjaan menyanyi dari DNA Pro sebesar Rp172 Juta kepada Polisi.

Sebelumnya juga ada artis Ivan Gunawan yang mengembalikan Rp 921 Juta dari total Rp 1 M yang ia terima dari DNA Pro, sedangkan pasangan Lesti Billar juga kembalikan uang sejumlah 1 Milyar dari perusahaan yang sama.

Belakangan diketahui semua itu karena DNA Pro adalah Investasi Robot Trading Ilegal yang Melibatkan Banyak Artis.

Kasus dugaan investasi robot trading ilegal DNA Pro ini tengah diusut Bareskrim Polri. Total kerugian masyarakat akibat kasus dugaan investasi ilegal robot trading DNA Pro diperkirakan mencapai Rp 97 miliar.

Bareskrim sudah menetapkan 12 tersangka di kasus dugaan investasi robot trading ilegal DNA Pro. Sebagian tersangka kasus DNA Pro sudah ditahan polisi.

Seperti biasa kita tidak akan bahas kontroversinya dan mari mumpung lagi hype kita kenal lebih dekat saja dengan Teh Oca lewat biografinya.

Untuk pembaca campusnesia, ini dia Biografi Penyanyi Rossa Diva Indonesia dan Daftar Lagunya.

Sri Rossa Roslaina Handiyani, atau yang akrab di panggil Rossa atau Teteh Ocha di Indonesia, dan Dato’ Sri Rossa di Malaysia lahir pada 9 Oktober 1978 adalah seorang penyanyi dan pengusaha berkebangsaan Indonesia. 

Ia menjadi diva Indonesia terlaris sepanjang masa berdasarkan album penjualan dan lewat tembang-tembang sendunya. Sebagai seorang diva Indonesia, Rossa telah menghasilkan banyak lagu hits dan mendapatkan Multi-Platinum Award hingga Million Awards untuk album-albumnya. 

Bahkan hingga terkenalnya lagu-lagu Rossa, ia pernah dibayar 150 juta menyanyikan satu buah lagu miliknya yang berjudul "Sakura" dan 210 Juta untuk menyanyikan satu buah lagu miliknya yang berjudul "Ayat-Ayat Cinta". Ia juga merupakan artis Indonesia termahal di Malaysia.

SM Entertainment & Asia Pop 40 juga menyebutkan bahwa Rossa adalah "Ratu Pop (Queen of Indonesian Pop)" di Indonesia. Sementara presenter terkemuka Metro TV, Alvin Adam menyebutkan dalam buku biografinya "The Story Book Just Alvin Part.2" bahwa Rossa adalah "Ratu Konser di Indonesia (Queen of Concert in Indonesia)" karena terlalu banyaknya permintaan untuk menyanyi di konser. 

Penyanyi sekaligus juri ajang pencarian bakat Judika juga memiliki pandangan yang sama dengan Alvin Adam bahwa Rossa adalah Ratu Konser di Indonesia.

Sejak 1999, album-albumnya telah dirilis di Asia Tenggara dan juga Jepang. Lagu-lagunya yang hits juga sering menjadi langganan film & sinetron, baik di Indonesia maupun di negara tetangga dengan total lebih dari 155 judul soundtrack hingga 2021. 

Dibawah naungan label Trinity Optima Production (dulu bernama Dian Records/Pro-Sound), Rossa telah menjual lebih dari 11 Juta keping album rekaman fisik hingga tahun 2021.

Album kompilasi keduanya, The Best of Rossa (2011) masuk peringkat ke-10 dalam daftar album terlaris sepanjang masa di Indonesia dengan penjualan album melebihi 1,5 Juta keping CD. 

Album Rossa yang berjudul Love, Life & Music (2014) juga berhasil memecahkan Rekor Penjualan Album Tertinggi Dalam Sejarah Musik Indonesia, yaitu terjual lebih dari 100.000 Keping CD hanya dalam kurun waktu satu hari saja dan telah ditetapkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) serta Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Hingga tahun 2021, Rossa telah meraih banyak penghargaan dengan total lebih dari 115 Awards. Salah satu penyanyi dengan jumlah terbanyak dalam sejarah musik Indonesia.

Pada tanggal 5 Oktober 2017, Rossa kembali meraih penghargaan 4x Platinum Awards untuk album terbarunya yang berjudul "A New Chapter", yaitu sebuah album hasil kolaborasinya dengan musisi-musisi Internasional seperti Mitch Allan, Tushar Apte, Fiona Bevan dan lain sebagainnya.

Di album ini Rossa juga bertindak sebagai produser. Ia juga telah di anugerahi "Planet Muzik Special Award (Kategori: Legend Award)" dalam ajang penghargaan musik bergengsi di Singapura yaitu Anugerah Planet Muzik 2018. Penyanyi Indonesia pertama yang mendapatkan spesial award untuk kategori ini.

Awal bulan Februari 2019, Rossa kembali mengukir sejarah baru dengan menjadi artis Indonesia pertama & artis solo Asia Tenggara pertama yang bergabung dengan SM Entertainment. 

Sebuah label dan management Internasional asal Korea Selatan yang menangani artis-artis ternama seperti Super Junior, EXO, NCT Dream, Red Velvet, Super-M, BoA, Aespa dan masih banyak lagi lainnya.


Kehidupan Pribadi Rossa
Rossa menikah dengan Yoyo, anggota band Padi pada tanggal 18 Maret 2004. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Rizky Langit Ramadhan (lahir 3 Oktober 2006).

Pernikahan mereka mendapat cobaan pada bulan April 2007. Berhembus kabar bahwa Yoyo sering bermesraan dengan seorang model di kota Surabaya. Meski sempat berdamai bulan Juni 2007, namun nyatanya pernikahan Rossa dan Yoyo tidak bisa dipertahankan lagi. 

Pada 22 Juni 2009, Rossa mantap mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya, Yoyo. Sidang pertama dilakukan pada 30 Juni 2009. Mereka dinyatakan berpisah pada 14 Juli 2009.


Citra dan Keartisan Rossa
Rossa memulai karir bernyanyinya sebagai lady rocker cilik. Kemampuan bernyanyinya yang diatas rata-rata membuatnya berhasil bersanding dalam satu panggung dengan para lady rocker top pada masa itu seperti Nicky Astria, Nike Ardilla, Mel Shandy, Ita Purnamasari dll.

Pada tahun 1987, budayawan Betawi almarhum Benyamin Sueb pernah memprediksi bahwa Rossa akan satu mutiara Indonesia yang namanya akan membawa harum nama Indonesia sampai ke mancanegara jika ia di pindahkan ke Jakarta.

Celine Dion, Mariah Carey, Nicky Astria & Ruth Sahanaya adalah sederet nama-namanya penyanyi yang dijadikan sosok inspirasi bagi Rossa. Sejak kecil Rossa sudah terbiasa tampil dari kota ke kota & berhasil meraih beberapa penghargaan musik tingkat nasional. Rossa kecil tidak hanya pandai dalam bernyanyi. Namun ia juga pandai dalam bidang pendidikan.

Bakat menyanyi Rossa ia miliki dari Ibunya yang bernama Eni Kusmiani, seorang penyanyi tradisional sunda. Sementara kecedasan yang Rossa miliki bisa dibilang ia dapatkan dari ayahnya yang bernama Ukas Herawan yang pandai dalam ilmu matematika.

Selama duduk di bangku SD, Rossa hanya sekali pernah mendapatkan juara 2 di kelasnya. Dan sisanya selalu mendapatkan juara 1. Selama SMP & SMA ia juga tidak pernah keluar dari juara 1,2 & 3 di kelasnya. Bahkan ketika masuk perguruan tinggi Universitas Indonesia pun dia masuk lewat masuk PMDK / Prestasi.

Lahir di era kaset & cd namun berhasil di era streaming juga, Rossa adalah Diva Indonesia pertama yang berhasil mematahkan paradigma di masyarakat bahwa penyanyi yang era kaset tidak bisa bersanding dengan penyanyi era streaming.

Bahkan dia berhasil mengukuhkan diri sebagai "Ratu Streaming Musik Indonesia (Queen of Streaming Music Indonesia)". 

Komposer legendaris "Yovie Widianto" menyebut Rossa adalah diva yang mampu bertahan lintas di generasi. 

"Kalau menghasilkan hits di berbagai masa aku pernah buat dari jaman angkatannya Ruth Sahanaya, atau mas Harvey Maliholo sampai angkatannya Krisdayanti lalu Rossa lalu juga sampai ke angkatannya Lyodra, Tiara sampai sekarang ini satu hal yang teruji kelebihan Rossa adalah dia mampu bertahan lintas generasi."

Salah satu platform musik terbesar di dunia, yaitu Spotify menyebut Rossa adalah seorang “Legenda Musik” dari kebanyakan orang di Indonesia. Sementara Apple Music menganggap Rossa sangat layak bergabung dengan tradisi agung “Pop Ikon”.

Penyanyi Indonesia yang sudah mendunia Anggun C Sasmi dalam menyebut Rossa sebagai penyanyi yang mempunyai alterego atau banyak versi. Yaitu antara penyayi, pebisnis & seorang ibu.

Sementara penyanyi Agnez Mo saat menjadi juri Indonesian Idol menyebutkan bahwa Rossa adalah salah satu Penyanyi Indonesia yang tidak pernah fals dalam setiap penampilannya. Termasuk pitchnya dan segala macamnya sempurna.

Rossa juga merupakan penyanyi solo wanita penyumbang royalti musik terbesar untuk 7 komposer musik Indonesia seperti Melly Goeslaw, Icha Jikustik, Hendra Nurcahya, Yovie Widianto, Mery LC, Enda Ungu, & Rian D’Masiv.

Penata Panggung “Jay Subiyakto” menyebut Rossa adalah Diva yang tidak membutuhkan gimik dalam setiap penampilannya dalam press conference The Journey of 21 Dazzling Years.

“Kalau saya lihat… begitu saya dengar koleksi lagunya, memang hitsnya sangat banyak. Saya bilang memang konser Rossa benar-benar konser musik. Saya kira Rossa tidak perlu gimmick atau trik-trik seperti apa karena kan memang yang orang tunggu Rossa.”

Sementara Penata Musik “Tohpati” menyebut Rossa adalah seorang hits maker sejati.

“Sebelumnya saya pernah menangani konser di Jakarta artis atau penyanyi besar, Rossa ini dari 3 CD hampir semuanya hits. Untuk memilih lagu tidak terlalu sulit karena semuanya hits."


Daftar Album dan Lagu Rossa

Rossa memulai karier sebagai penyanyi cilik. Ia mengeluarkan album perdananya yang berjudul "Gadis Ingusan" pada tahun 1988, dilanjutkan album "Untuk Sahabatku" pada 1990, tetapi sayangnya penjualan kedua album tersebut tidak memasuki hasil yang maksimal.

Album ketiga sekaligus album dewasa pertama Rossa adalah Nada-Nada Cinta yang dirilis pada tahun 1996 dan langsung terjual 750.000 Keping. Tahun 1999, album keempat Rossa yang berjudul Tegar pun dirilis dengan serta mendapatkan 4x Platinum Awards hanya dalam kurun waktu 3 bulan disambung album selanjutnya Hati Yang Terpilih yang dirilis pada tahun 2000. 

Kini dirilis pada tahun 2002, Kembali dirilis pada tahun 2004 dan Yang Terpilih dirilis pada tahun 2006. Dari keenam album tersebut, Rossa mengeluarkan banyak hits yang populer bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara tetangga. Tahun 2007, Rossa menjadi penyanyi utama di album kompilasi OST. Ayat-Ayat Cinta. 

Terakhir, pada tahun 2009, Rossa mengeluarkan album kesepuluhnya yang berjudul Rossa atau Self-Titled. Dari semua albumnya (satu terbaik dan satu bersama artis lain), Rossa sangat banyak mengeluarkan hits single yang sangat populer hingga sekarang. Album-albumnya juga mencetak sukses dimana-mana dari mulai mendapatkan Platinum, Multi-Platinum hingga Million Sales Album.


Album Studio Anak-Anak
Gadis Ingusan (1988)
Untuk Sahabatku (1990)

Album Studio
Nada-Nada Cinta (1996)
Tegar (1999)
Hati Yang Terpilih (2000)
Kini (2002)
Kini (Repackaged Edition) (2003)
Kembali (2004)
Yang Terpilih (2006)
Rossa (2009)
Harmoni Jalinan Nada & Cerita (2010)
The Best of Rossa (2011)
Platinum Collection (2013)
Love, Life and Music (2014)
Rossa The History (2014)
A New Chapter (2017)

Album Kompilasi
From Us To U (Tribute To Titiek Puspa) - 2005
OST. Ayat-Ayat Cinta (2007)
Sinar Lebaran (Malaysia Edition) - 2010
Takbir Raya (Malaysia Edition) - 2011
Bebi Romeo Masterpiece "album Bebi Romeo" (2012)
OST. Soekarno (2013)
KFC Adu Bintang (2013)
Havoc (Malaysia Edition) "album Joe Flizzow" - 2013
Anugerah-Mu (Malaysia Edition) - 2014
Melodi Melankolik (Malaysia Edition) - 2014
The Best of Nada Kita (2017)
OST. Ayat-Ayat Cinta 2 (2018)
Engergy of Asia (Official Album of Asian Games 2018)
69 Tahun Perjalanan Karir Titiek Puspa (2021)


Daftar Single Rossa
Setinggi Mimpi Mereka - UNICEF Indonesia (Theme Song 2008)
Sang Surya - OST. Sang Pencerah (2010)
Kebebasan - Yonder Music Indonesia (Theme Song 2016)
Pesona Indonesia - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Theme Song 2015)
Wonderful Indonesia - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Theme Song 2015)
Satu Indonesiaku (2016)
Kebebasan - Yonder Music Indonesia (Theme Song 2016)
Satu Indonesiaku (2017)
Bright As The Sun - Asian Games 2018 (Theme Song 2017)
Hidup Itu Indah (Life Is Beautiful) - Oriflame (Theme Song 2018)
Pernah Memiliki feat. D’Masiv & David “Noah” (2018)
Cahaya Dalam Sunyi feat. All Artist - Quran ID Project (2018)
The Good Is Back feat. Anggun (2018)
HARA "Equilibrium Earth” feat. All Artists (2018)
Mars Rimbawan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Theme Song 2019)
Sampah Sayang feat. Titiek Puspa & All Artist (2019)
Karena Cinta Yang Menemani - OST. Susi Susanti Love All (2019)
Tegar 2.0 (2019)
Masih - OST. Masih Cinta Terbaik (2020)
Satu Cara (2020)
Indonesia Bersatu (2020)
The Heart You Hurt / Hati Yang Kau Sakiti - Korean Version (2020)
Wanita (2021)
Bertahanlah (2021)
Zambrud Khatulistiwa feat. All Artists - Resso Version (2021)
Terlalu Berharap - OST. Love Knots (2021)

Album Digital Rossa
The History (Nokia Special Edition) - 2010
Symphony of Praises (2012)
Number One (2012)
Sambut Ramadhan (2013)
Platinum Collection (Nokia Mix Radio Special Edition) - 2013
Konsert Mega Bintang (2013)
The History (iTunes Special Edition) - 2014
Marhaban Ya Ramadhan (2014)
Top Hits (2014)
Ear Candy (2016)
OST. Masih Cinta Terbaik (2020)
OST. Love Knots (2021)




Filmografi Rossa

- Mini Series judul Masih (Cinta) Terbaik rilis tahun 2020

- Film judul Love Knots rilis tahun 2021

- Sinetron judul Dua Sisi Mata Uang rilis tahun 1996

- Sinetron judul Perisai Kasih rilis tahun 2001


Rossa sebagai Juri ajang pencarian bakat
Superstar Show - Grandfinal - 2008 (Juri Tamu)
Indonesian Idol Musim Ke-6 (2010)
X-Factor Indonesia Season 1 - 2013 (Pemenang)
Rising Star Indonesia Season 1 - 2014 (Juri Tamu)
Mamamia Show Season 4 - 2014 (Juri Tamu)
X-Factor Indonesia Season 2 - 2015 (Pemenang)
Rising Star Indonesia Season 2 (2016–2017)
3 Juara Malaysia (Kategori 'Ballad') - 2016 (Pemenang)
Indonesian Idol Junior Season 3 (2018)
Rising Star Indonesia Season 3 (2018–2019)
D'Star Indonesia - Grandfinal - 2019 (Juri Tamu)
Indonesian Idol Musim Ke-10 - 2020 (Juri Tamu)
Byarr Indonesia (2020)
Indonesian Idol Musim Ke-11 - A New Chapter (2020-2021)
X-Factor Indonesia Season 3 - 2021
Tik-Tok Indonesia Awards (2022)

Acara TV
Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII (2012)
A Night To Remember (Trans TV) (2016)
Upacara Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX (2016)
Upacara Pembukaan Asian Games 2018 (SCTV, Indosiar, O Channel, TVRI, MetroTV dan tvOne) (2018)

Acara musik (siaran langsung)
BISIK (Bincang Musik) Bersama Rossa (2020 - 2022)
Rossa's Drama Corner - Viu Indonesia (2020 - 2021)


Aktivitas komersial
Lulur Mandi Sumber Ayu (2005)
Sabun Daun Sirih Sumber Ayu (2006)
Shampoo Zinc (2007)
Ruzelle Coffee (2008)
Shampoo Pantene Indonesia (2011 - 2016)
Handphone Nexian Hikmah (2011)
KFC Indonesia (2011-2012)
Kintakun Spring Bed (2012-2013)
Oriflame Indonesia (2013 - 2019)
Kiara Hospital (2016 - Sekarang)
Alia Go Travel (2017 - 2018)
Perhiasan PT. Hartadinata Abadi (2018 - 2020)
V-Live Indonesia (2019 - 2021)
Likee Indonesia (2020)
Sasa Duta Santan (2021)
Uniqlo Indonesia (2021)
Ximivogue Indonesia (2021)
Scarlett Whitening (2022)

Aktivitas sosial
Yayasan Kanker Indonesia "YKPI Pita Pink" - (2015 - Sekarang)
Duta Anti-Narkoba Indonesia (2015 - Sekarang)
Brand Ambassador Internasional "Wonderful Indonesia & Pesona Indonesia" (2015 - Sekarang)
Duta Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (2018 - 2020)
Duta Sahabat Desa SDGs, Sumedang, Jawa Barat (2021)

Bisnis & ekonomi
House of Rossa
Diva Family Karaoke (Mencapai 48 Outlet)
Villa Paya-Paya, Bali (Daftar 100 Villa Terbaik Di Dunia)
Kain Made in Indonesia
Paloma
Rossa Eau De Parfum (Indonesia & Malaysia)
Rossa Beauty
Minang Mande Cake (4 Outlet)
Every Ware Store
Minime Kidz
Rossa Eyelash X Bubah Alfian
Drumstairs (Halal Korean Food)

Pendidikan
TK Bhakti Pertiwi Sumedang (1982-1984)
SD Negeri Pakuwon II Sumedang (1984-1990)
SMP Negeri 1 Sumedang (1990-1993)
SMA Negeri 1 Sumedang (1993-1996)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (1996-2000)


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Biografi Penyanyi Rossa Diva Indonesia dan Daftar Lagunya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Sumber referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Rossa


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys