Alur Cerita dan Review Film The Matrix Resurrections, Seri Keempat Penuh Nostalgia Namun Kurang Greget

 


Campusnesia.co.id - Setelah menunggu 18 tahun akhirnya seri keempat dari franchise film laris The Matrix kembali ke layar lebar. 

Tepatnya 22 Desember 2021 film yang terkenal dengan adegan slow motion menghindari peluru kembali dengan masih diperankan oleh Keanu Reeves sebagai Neo dan Carrie-Anne Moss sebagai Trinity. 

Lana Wachowski juga kembali duduk sebagai sutradara bersama David Mitchell dan Aleksandar Hemon yang menulis naskah skenarionya.

Pemeran Film The Matrix Resurrections 2021
Selain Keanu Reeves sebagai Thomas A. Anderson atau Neo dan Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, nama besar lain turut serta dalam film baru The Matrix diantaranya Yahya Abdul-Mateen II sebagai Morpheus,  Jessica Henwick sebagai Bugs, Jada Pinkett Smith sebagai Niobe, Lambert Wilson sebagai The Merovingian, Daniel Bernhardt sebagai Agent Johnson.


Poster Film The Matrix Resurrections 2021



Trailer Film The Matrix Resurrections 2021



Alur Cerita dan Film The Matrix Resurrections 2021
Setting Film The Matrix Resurrections berpuluh tahun sejak event di film The Matrix Revolutions, ternyata Neo dan Trinity dihidupkan kembali oleh Mesin dalam sebuah kantong dan dimasukan dalam Matrix disembunyikan dan jauhkan dari para anggta Zion yang sekarang dipimpin oleh Niobe dalam koloni io yang semakin maju.

Dalam matrix Neo dijadikan developer game berjudul The Matrix yang isinya adalah kisahnya dalam 3 seri film The Matrix, agar tak sadar Mesin membuat semua kenangan dan kejadian masa lalu Neo menjadi sebuah jalan cerita video game.

Scene awal agak membosankan, semua menjadi terang ketika muncul karakter Bugs, ia yang sedang menyelam dalam sebuah Model Matrix bertemu dengan karakter Morpheous muda.

Kemudian ia berkesimpulan besar kemungkinan Neo ada di dalam matrix tersebut dan masih hidup sehingga peluang kembali berjuang melawan penjajahan Mesin memungkinkan dan kebebasan manusia bisa diusahakan.

Proses meyakinkan Neo yang puluhan tahun terjebak dalam Matrix menganggap dirinya devoloper game dan kisahnya hanyalah alur cerita game tidaklah mudah, namun Bugs dan Morpheus akhirnya berhasil.

Tubuh asli Neo ditemukan dalam tabung, dengan bantuan Mesin yang berpihak pada perjuangan manusia kahirnya tubuh The Choosen One bisa diselamatkan dan dibawa kembali ke io berjumpa dengan Niobe.

Jika dalam seri The Matrix Revolutions tahun 2003 perjuangan manusia jelas yaitu melawan mesin, dan bagaimana usaha Neo bersama Trinity berjumpa pemimpin Mesin, dalam film terbaru The Matrix Resurrections perjuangan berkutat pada bagaimana membawa Neo dan Trinity kembali ke dunia nyata, iya semacam reuni saja.

Villain yang muncul adalah versi terbaru dari Smith yang diperankan Jonathan Groff dan the Analyst yang diperankan aktor kawakan Neil Patrick Harris.

Dari sisi pertarungan tidak diragukan, koreonya tetap sebagus tiga film sebelumnya, adegan slow motion di sana-sini, yang patutu diacungi jempol adalah beberapa update yang menyesuaikan jaman, muncul istilah Bot, Agen yang menyamar jadi manusia di Matrix dan bisa disetting jadi bom bunuh diri layaknya Zombie, kepungan para agen tak ditampilkan seperti dalam tiga seri film sebelumnya yang mengenakan setelah jas hitam ala agen smith, tapi manusia warga biasa dengan prilaku Zombie.

Penuh Nostalgia dan Callback
Ya setelah 18 tahun berlalu, Film The Matrix Resurrections sepanjang durasi dipenuhi dengan adegan call back dan nostalgia, percakapan dan istlah-istilah yang dihadirkan cukup menarik, bagi penonton muda yang mungkin belum menonton ketiga seri sebelumnya bisa jadi pengenalan dan penjelasan, untuk penonton tua jadi fan service yang memuaskan.


Tapi tak bisa dipungkiri, baik Keanu Reeves maupun Carrie Anne sudah tak muda lagi, Neo dibuat punya kekuatan super dan minim hand combat atau setidaknya tak sebanyak di film-film sebelumnya.

Secara keseluran tetap asyik dinikmati, terasa ringan dibanding The Matrix, The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions yang oleh penonton bahkan banyak dihubungkan dengan teori konspirasi leit global, zionisme ala israel dll.


Sekilas Info tentang Franchise Film The Matrix
The Matrix adalah sebuah film fiksi ilmiah yang pertama kali dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 31 Maret 1999. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Wachowski bersaudara (Andy dan Larry). Dengan Pemeran utamanya adalah Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss, dan Hugo Weaving.

The Matrix menghasilkan pendapatan sebesar US$171 juta di Amerika Serikat dan US$456 juta di seluruh dunia. Film ini sebelumnya tidak diperkirakan akan menjadi sangat sukses dan populer sampai mencapai status cult sehingga diproduksikan kedua film lanjutannya:The Matrix Reloaded, The Matrix Revolutions dan The Matrix Resurrections. Wachowski bersaudara memang sudah ingin membuat sebuah trilogi, tetapi baru diperbolehkan setelah film pertama terbukti sukses.

Selain film ada pula sebuah game komputer berjudul Enter the Matrix dan sebuah koleksi film animasi yang terdiri dari sembilan cerita dan berjudul The Animatrix.

Cerita film ini tentang seorang hacker yang bernama Neo dan mengetahui akan keadaan sebenarnya dari realitas dan lalu bergabung dengan sebuah kelompok pemberontak melawan program-program komputer penjaga yang disebut agen-agen. Para pemberontak ini dipimpin oleh Morpheus. Anggota lainnya adalah Trinity, Cypher, Tank, dan lain-lain.

The Matrix Reloaded 2003
The Matrix Reloaded adalah film tahun 2003 yang merupakan bagian kedua dari trilogi The Matrix, ditulis dan disutradarai oleh Wachowski bersaudara Dirilis oleh Warner Bros. untuk bioskop-bioskop di Amerika Utara pada 15 Mei 2003. 

Setengah bulan kemudian dirilis ke penjuru dunia. Permainan video yang berjudul Enter the Matrix dirilis pada 15 Mei, kemudian sebuah koleksi yang berisi sembilan animasi pendek berjudul The Animatrix yang dirilis pada 3 Juni, keduanya merupakan pendukung dari alur cerita The Matrix Reloaded. The Matrix Revolutions dan The Matrix Resurrections merupakan bagian akhir dari trilogi The Matrix, yang dirilis setelah 6 bulan perilisan The Matrix Reloaded.


The Matrix Revolutions 2003
The Matrix Revolutions adalah film terakhir dari trilogi The Matrix. Ini merupakan sekuel dari The Matrix Reloaded, dan masih ditulis dan disutradarai Wachowski Brothers. Film ini dirilis secara serentak di 60 negara pada 5 November 2003. Meskipun ini merupakan akhir dari The Matrix, kisahnya berlanjut pada The Matrix Online. The Matrix Resurrections 22 December 2021.

The Matrix Revolutions merupakan film live-action pertama yang diputar pada bioskop reguler dan bioskop berteknologi IMAX pada waktu yang bersamaan. Wachowskis bersama Jada Pinkett Smith, Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss datang ke Tokyo pada peluncuran film ini.

Daftar Adaptasi The Matrix

1. The Matrix Reloaded

2. The Matrix Revolutions

3. The Matrix Resurrections

4. The Matrix series

5. The Matrix Revisited

6. The Meatrix

7. The Animatrix

8. The Matrix Online

9. The Matrix (OST)

10. Enter The Matrix

11. Bullet-time

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »