6 Cara Menghargai Tulisan Bagus di Blog dan Website

 

Campusnesia.co.id - Pernah gak sih, penasaran dengan sesuatu kemudian googling dan menemukan artikel yang menjawab pertanyaanmu? rasanya pasti menyenangkan.

Tidak banyak yang tahu, di balik artikel-artikel yang sobat baca ada effort yang luar biasa dari penulisnya, dari yang paling sederhana menuangkan uneg-uneg dari pikiran dalam bentuk kata, kalimat dan paragraf, riset cari data hingga harus meluangkan waktu yang tidak sebentar.

Bayangin, untuk bisa menulis review tiap episode drama korea, penulis harus meluangkan waktu menonton drama yang hendak dibahas, kabar baiknya umumnya mereka juga suka melakukan hal tersebut namun tetap saja butuh pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran.

Saya sebagai penulis kadang berfikir bagaimana cara terbaik menghargai semua effort penulis yang menghasilkan artikel menghibur, informatif, membantu dan mengandung unsur kebaruan.

Di bawah ini, saya coba list beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghargai sebuah artikel bagus yang kita temukan di blog dan website.


1. Baca Ulang
Biar lebih paham konteks dan inti pembahasan, ketika menemukan artikel yang bagus biasanya akan saya baca setidaknya 2 kali.

Pertama sekilas membaca, kedua untuk menelaah dan berikutnya secara naluriah mencoba mencari apa yang unik dari artikel tersebut, pilihan diksi yang digunakan, kerangka penulisannya dll. 


2. Share jangan berhenti di kamu
Jika nemu artikel yang menarik dan informatif jangan berhenti di kamu aja, jangan kalah sama hoax grup wa.

Cara melawan hoax yang efektif adalah dengan memasyarakatkan literasi salah satunya menyuplai bacaan yang menurut kita baik dan informatif.


3. Kutip 
Dalam banyak kesempatan, jika nemu artikel dengan data yang menarik salah satu cara menghargai adalah dengan mengutip untuk tulisan kita, mengembangkan ide dan gagasan menjadi lebih luas lagi.


4. Follow Sosmednya
Agar tidak ketingalan update terbaru dari penghasil artikel yang menururtmu bagus, pastikan follow sosial media atau berlangganan update terbaru.


5. Klik Iklannya
Banyak pemilik blog dan website mengandalkan pemasukan guna menutup operasional dari pendapatan iklan yang tampil di webnya.

Umumnya iklan yang banyak tampil berasal dari google adsene yang baru bisa menjadi pundi-pundi rupiah jika ada yang klik.

Jadi kalau nemu blog dan web yang bagus dan kebetulan ada iklan yang relevan, sekali-kali klik bolehlah.


6. Donasi
Cara yang umum digunakan di luar negeri, ketika kita nemu blog, web atau kreator yang bagus bisa meng-apreasiasi dengan donasi.

Di indonesia sistem seperti ini mulai bermunculan walau juga ternyata tidak semudah yang dibayangkan, contoh sudah hampir 2 tahun saya buat campaign di kitabisa namun belum juga ada yang donasi, hal yang sama dengan platform trakteer.

Tapi ya gak apa-apa, untuk sesama kreator jangan terlalu tergantung dengan donasi saja, nanti jadi males berkarya lagi.


penulis: Nandar



 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »