Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta, Rating dan Alasan Kenapa Banyak Disukai Masyarakat Indonesia

 

 
Campusnesia.co.id - Dalam sejarah hiburan tanah air, terutama sinetron beberapa judul sempat menghiasi layar kaa televisi nasional. Bagi generasi 90an pasti akrab dengan judul sinteron Tersanjung dan Tersayang.

Kita juga pernah disajikan Tukang Bubur Naik Haji yang episodenya hingga ribuan, tahun lalu tepatnya mulai 19 oktober 2020 tayang sebuah sinetron yang dengan cepat menjadi idola baru masyarakat Indonesia terutama kaum ibu-ibu.

Judulnya Ikatan Cinta, sinetron yang diproduksi oleh MNC Pictures yang ditayangkan setiap hari pukul 19.30 WIB di RCTI. Sinetron ini dibintangi oleh Amanda Manopo, Arya Saloka, Evan Sanders dan Glenca Chysara. Penulis cerita Donna Rosamayna dan disutradarai oleh Doddy Djanas.

 
Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta
Ikatan Cinta mengisahkan tentang dua bersaudara Andin (Amanda Manopo) dan Elsa (Glenca Chysara), tanpa mereka sadari mereka mencintai pria yang sama Nino (Evan Sanders). 
 
Hubungan mereka yang tidak pernah baik akhirnya menjadi lebih buruk ketika Elsa tahu bahwa Nino akan menikahi Andin. 
 
Niat Nino menikahi Andin mendapat dukungan ayah Andin (Surya Saputra). Meskipun pernikahan Andin dan Nino ditentang oleh Elsa dan ibunya Andin (Natasha Dewanti)
 

Pemeran Sinetron Ikatan Cinta
Amanda Manopo berperan sebagai Andini Kharisma Putri
Amanda Manopo lahir di Jakarta, nama lengkap Amanda Gabriella Manopo Lugue 6 Desember 1999 umur 21 tahun adalah seorang model, pemeran dan penyanyi Indonesia keturunan Spanyol dan Minahasa, Sulawesi Utara.
 
Arya Saloka berperan sebagai Aldebaran Alfahri.
Arya Saloka Yuda Prawira Surowilogo, atau yang lebih dikenal sebagai Arya Saloka lahir di Denpasar, Bali, 27 Juni 1991, umur 30 tahun adalah aktor dan pemeran berkebangsaan Indonesia yang dikenal karena perannya sebagai Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta.
 
Evan Sanders sebagai El Nino Prasetya, Glenca Chysara sebagai Elsa Anindita, Surya Saputra sebagai Surya, Natasha Dewanti  sebagai Sarah.

Fiki Alman sebagai Royano Putra Alfahri, Ivanka Suwandi sebagai Karina Larasati (Bu Chara), Willy Felix sebagai Chandra, Sari Nila sebagai Rossa, Chika Waode sebagai Mirna.

Ayya Renita - Kiki Aminarti, Ikbal Fauzi - Abdullah Rendy, Mayang Yudittia - Michelle Suwandi (Michi), Ariqa Fakhira Shakila - Reyna Putri Alfahri/Nindi Kirani, Jantuk - Uya.

Kevin Hillers - Erlangga Permadi, Dini Vitri - Mayang, Carlo Milk - Rafael, Anastasya Panggabean - Felicia, Rendi Jhon Pratama - Ricky Alexander, Denino - Martin.

Diego Afisyah - Geri, Hanna V - Indira, Sonia Alyssa - Jennifer, Lestari Nadibha - Tari, Rizky Tama - Ferry Orlando, Soraya Van Kraayenoord - Astri, Adhi Sastro - Adi (Kameo).


Poster Sinetron Ikatan Cinta
 

  
Trailer Sinetron Ikatan Cinta
 

 


Back Song Sinetron Ikatan Cinta
Sejauh ini sudah ada 5 lagu ost ikatan cinta diantaranya Tanpa Batas Waktu dilantunkan oleh Astrid, Tanpa Batas Waktu versi Cover dinyanyikan oleh Amanda Manopo, Galau-Galau-Galau dinyanyikan oleh Citra Scholastika, Aku Yang Salah oleh Mahalini dan Nuca dan Melawan Restu oleh Mahalini.
 
 
Rekor rating & audience share Sinetron Ikatan Cinta
Ikatan Cinta berhasil menduduki puncak rating di hari kelima penayangan perdananya di televisi. Penerimaan Ikatan Cinta terus mengalami peningkatan sejak ditayangkan pada bulan Oktober 2020. 
 
Catatan bulan November hingga Desember 2020, angka rating sinetron ini sering berada di atas angka 9. 
 
Catatan tertinggi diraih pada tanggal 13 April 2021 bertepatan dengan hari pertama bulan suci Ramadan 1442 H dengan rating 13,9 dan audience share 52,6 yang langsung mematahkan rekor pada tanggal 23 Februari 2021 dengan rating 14,8 dan audience share 50,1, tanggal 16 Februari 2021 dengan rating 14,4 dan audience share 49,0 untuk target penonton semua demografi, serta melebihi capaian satu pekan sebelumnya pada tanggal 18 Januari 2021 dengan angka rating dan share program sebesar 13,2 dan 44,7 untuk target penonton semua demografi. 
 
Ini merupakan nilai penerimaan sinetron tertinggi di Indonesia sejak tahun 2005 lalu. Pencapaian ini jauh melampaui pencapaian satu bulan sebelumnya pada 25 Desember 2020 dengan angka rating dan share program sebesar 12,7 dan 44,7, dan juga melampaui musim ketiga sinetron Cinta Fitri yang tayang di SCTV pada tahun 2009 yang memiliki angka rating dan share program sebesar 12,6 dan 39,2. 
 
Rekor share Ikatan Cinta pun hanya kalah dari pertandingan final Liga Champions UEFA 2020-2021 antara Manchester City melawan Chelsea yang tayang di SCTV pada 30 Mei 2021 sebanyak 63,7 dengan rating 2,7. Tingginya penerimaan program ini berimbas pada meningkatnya penerimaan sinetron dan acara realitas RCTI lainnya.

Puncaknya, Ikatan Cinta berhasil mendapatkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai sinetron prime time yang berhasil mendapatkan audience share nasional tertinggi yakni di atas 40 persen berturut-turut dalam 100 hari. 
 
Penyerahan rekor MURI tersebut dilaksanakan dalam acara Dahsyatnya Ikatan Cinta yang tayang pada 1 April 2021. Tak hanya itu, Ikatan Cinta mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sebagai "Karya Ekonomi Kreatif dengan Pencapaian Penonton Terbanyak di Indonesia Saat Pandemi".
 
 
Respons masyarakat Sinetron Ikatan Cinta
Sinetron ini menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Indonesia. Beberapa adegan maupun tokoh pada sinetron ini banyak dibahas masyarakat melalui beragam media sosial. Banyak kejadian viral terjadi sehubungan dengan sinetron ini.      
 
1. Di Sejumlah Daerah digelar Nonton bareng sinetron Ikatan Cinta  
 
2. Di lokasi syuting juga pernah digelar Nonton bareng sinetron Ikatan Cinta  

3. Pernah terjadi Protes penggemar dan pemain terkait alur cerita sinetron Ikatan Cinta  

4. Sinetron Ikatan Cinta  Parodi sering dibuat parodi misalnya dalam acara Opera Van Java

 
Alasan Kenapa Sinetron Ikatan Cinta Banyak Disukai Masyarakat Indonesia
Hiburan dan realitas Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono menganggap euforia sinetron Ikatan Cinta masih dalam batas wajar. 
 
Menurutnya, hal itu menandakan adanya ikatan emosi antara hiburan dan realitas sosial. "Wajar saja, ini masyarakat betul-betul memiliki ikatan emosi antara hiburan yang dia amati dan realitas sosial empiris yang mereka hadapi," kata Drajat kepada Kompas.com, Senin (15/3/2021). "Di situ ada semacam emosi bersama yang dimiliki masyarakat terhadap sinetron itu," sambungnya.

Drajat menyebut gejala tersebut bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia. Sebab, kondisi serupa juga pernah terjadi pada penggemar Si Doel Anak Sekolahan. 
 
Ia menuturkan, keberhasilan sinetron dalam membuat masyarakat terlibat secara emosional tak lepas dari banyaknya minat masyarakat. 
 
Meskipun Drajat juga mengatakan, lama-kelamaan gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. "Karena basis emosinya hanya emosi sesaat antara dia dan media," jelas dia.
 
Drajat menjelaskan, sinetron di Indonesia sejauh ini masih banyak memanfaatkan intrik dalam keluarga, tak terkecuali Ikatan Cinta. 
 
Hal inilah kemudian menggugah masyarakat atau penonton terlibat lebih jauh dan masih disukai. 
 
Khusus untuk Ikatan Cinta, Drajat melihat penataan cerita, pemilihan aktor, dan publikasi membawa sinetron itu banyak diminati. "Saya melihat ini bukan tentang sinetron yang berubah lebih canggih, tapi penataan cerita dan aktor yang menarik, juga publikasi yang luas," ungkapnya.
 
Sementara itu pakar media Universitas Airlangga (Unair), Rachmah Ida mengatakan ada sejumlah alasan Ikatan Cinta sangat digemari masyarakat. 
 
Salah satunya karena menjadi alternatif hiburan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 belum selesai. "Masyarakat sudah stres dan tertekan dengan danya Covid-19, sehingga jadi pelarian cari tayangan hiburan di televisi," katanya melansir laman Unair, Jumat (29/1/2021). 
 
Selain itu sinetron Ikatan Cinta itu digemari oleh masyarakat karena tayangan televisi lain lebih banyak yang bersifat monoton atau seragam. 
 
Ketiga, adanya sinetron Ikatan Cinta itu bisa membangun fantasi bagi masyarakat yang saat ini sedang stres akibat Covid-19. "Penonton yang terpengaruh akibat sinetron, karena merasa apa yang ditayangkan memiliki kesamaan dengan hidupnya, tetapi kemungkinan jumlah penonton yang terpengaruh hanya sedikit," jelas dia. (sumber: Kompas.com)

Saking populernya sinetron Ikatan Cinta, masyarakat indonesia banyak melakukan pencarian di Google dengan kata kunci, ikatan cinta hari ini, ikatan cinta rcti hari ini, ikatan cinta episode hari ini, ikatan cinta episode terakhir.

Ikatan cinta hari ini jam berapa, ikatan cinta tadi malam full episode, ikatan cinta episode 1 dan 2, sinetron ikatan cinta.
 
===
Baca Juga:
 
 
 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »