Pemanfaatan Aplikasi Bandicam untuk Tingkatkan Motivasi Belajar Daring PPKn

 


Campusnesia.co.id - Pandemi virus corona ( Covid-19) di Indonesia memaksa aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah dihentikan. Tidak ingin penularan Covid-19 semakin merajalela, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memindahkan ruang belajar dari tatap muka ke ruang dunia maya. Program tersebut bernama Moda Daring ( Dalam Jaringan ). Peserta didik memanfaatkan gawai dan jaringan internet untuk mendapatkan materi pembelajaran dari guru di sekolah. Sekarang ini guru diharuskan kreatif dan inovatif membuat video pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Daring. 

Sebagai guru mata pelajaran PPKn, penulis mengamati kegiatan awal tahun pelajaran. Dimana  awal pembelajaran pada umumnya peserta didik masih banyak yang belum mengenal guru pengampu mata pelajarannya, sehingga perlu diadakan program pengenalan kepada peserta didik. Program ini sangat mendukung keterlibatan batin antara peserta didik dengan guru pengampu mata pelajaran. 

Untuk keperluan itu penulis membuat aplikasi berwujud video pembelajaran. Di samping itu penulis juga mengamati keikutsertaan peserta didik  pada awal pembelajaran dapat dikatakan cukup lancar, peserta didik cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran Daring. Namun setelah dilaksanakan beberapa kali pertemuan keikutsertaan peserta didik semakin berkurang. 

Penulis menduga bahwa salah satu penyebab kurangnya minat peserta didik tersebut karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Sehingga peserta didik kurang termotivasi mengikuti pelajaran. Penulis sebagai pihak yang bertanggung jawab pada pembelajaran PPKn, berupaya membuat inovasi dalam menentukan media yang lebih menarik, mudah diakses peserta didik, yaitu aplikasi Bandicam.

Menurut Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2011:4) mengemukakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera, video recorder, film, slide, foto gambar, grafik, televisi, dan komputer. 

Bandicam menjadi salah satu aplikasi yang paling cocok digunakan untuk merekam layar komputer. Bandicam adalah alat presentasi berbasis internet yang mengabungkan powerpoint , video, teks, gambar dan suara. Ada beberapa kelebihan menggunakan Aplikasi Bandicam. Dimana Aplikasi ini bersifat gratis, tampilannya sangat mudah digunakan, fitur utama lengkap, seperti perekaman layar video dan pemilihan kualitas video.

Penulis menggunakan aplikasi Bandicam pada materi Dinamika Pancasila Dari Masa Ke Masa, kelas IX A sampai IX H SMP Negeri 1 Trangkil Kabupaten Pati, selain materi teks penulis menyisipkan gambar presiden dari masa sebelum kemerdekaan sampai masa reformasi  saat ini. Setelah video Bandicam selesai dibuat, penulis membagikan video tersebut ke peserta didik lewat google class room, whatsapp grup kelas IX, youtube dan google form. 

Untuk keaktifan peserta didik maka penulis menggabungkan video di google forms dengan daftar hadir dan soal. Dengan menggunakan aplikasi Bandicam antusias peserta didik mengikuti pembelajaran lebih banyak dibandingkan sebelum menggunakan aplikasi Bandicam. Hal ini bisa di lihat dari peserta didik yang mengisi daftar hadir dan mengerjakan soal di google forms.  

Dari jumlah 256 peserta didik kelas IX A sampai IX H sebelum menggunakan aplikasi Bandicam, keikutsertaan pembelajaran Daring hanya 142 peserta didik, setelah menerapkan aplikasi Bandicam keikutsertaan pembelajaran Daring bertambah menjadi 232 peserta didik.Ternyata dengan menggunakan Aplikasi Bandicam menambah motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran  Daring PPKn.



Artikel ini ditulis Oleh :

Wahyu Teguh Hidayat, S.Pd

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »