Klub Musik Paling Legendaris Di Dunia




Campusnesia.co.id - Hey folks! Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu yaa.diartikel Kali ini saya akan memberitahu KLUB MUSIK PALING LEGENDARIS DIDUNIA.mau tau dimana saja? Berikut daftar tempatnya:

1. CBGB
Bagi sebagian penggemar rock tentu tak asing dengan frasa CBGB. Ya, obor sejarah punk di negeri Paman Sam mulai menyala ketika klub malam CBGB menjadi fasilitator bagi para pelaku musik di tengah riuhnya Kota New York. Bar yang resmi ditutup tahun 2006 ini menjadi arena bermain bagi sekumpulan musisi legendaris seperti Ramones, Television, Talking Heads dan Patti Smith  di awal karir bermusik mereka. CBGB pertama kali dibuka pada desember 1973 oleh sosok Hilly Kristal. 

Sesuai dengan akronim namanya, pada mulanya CBGB merupakan wadah pertunjukan musik bagi pelaku Country, Blue Grass dan Blues. Namun di tahun 70’an mulai diisi oleh berbagai penampil band punk. Hingga di tahun 80’an skena hardcore mulai mendominasi panggung CBGB. 

Fun fact:
Bahkan tempat ini saking legendarisnya pernah dibuatkan film yg berjudul sama persis dengan tempatnya ditahun 2013 dengan disutradarai oleh sineas Randall Miller

2. 100 club
Tanah Britania Raya memang tak pernah habis menyimpan segudang tempat-tempat penting perkembangan sejarah rock di dunia. Salah satunya adalah 100 Club. Bar yang berlokasi di Oxford Street, London itu telah berdiri sejak tahun 1942 lalu. 

Sejumlah musisi-musisi kenamaan sempat mengecap berbagi panggung di sana. The Rolling Stones, The Who, The Damned, Siouxie & the Banshees,Sex Pistols hingga The Clash pernah menghadiri pentas di sana. 100 Club dibuka pertama kali sejak tahun 1942 lalu. Jika di Kota New York perorbitan skena punk bermula di CBGB, maka 100 Club adalah pusat utama punk underground di Kota London.


3. Poster café
Di periode pertengahan 90’an ada satu tempat bersejarah bagi perkembangan musik indie di Ibukota. Bagi para penggemar musik independen tanah air , nama Poster Cafe tentu bukan hal yang tabu. Tempat ini menjadi wadah bertemunya antar komunitas pecinta musik saling berkumpul ria. 

Konon kabarnya sang pemilik cafe adalah rocker gaek pentolan God Bless Ahmad Albar. Poster Cafe mengawali tonggak pergerakan indie dengan melahirkan bibit-bibit band potensial di masanya. Unit-unit seperti Rumahsakit, Getah, Stepforward hingga Naif besar di era Poster Cafe sedang bermekaran di ranah underground. 

Berlokasi di dalam kawasan Museum Satria Mandala, Jalan Gatot Subroto Jakarta. Namun tak bertahan sampai lama, Poster Cafe pun akhirnya harus gulung tikar sebelum memasuki babak era milenium. Poster Cafe layaknya sebuah kisah urban di generasi kini. Tertera hanya sebatas lewat cerita memoar turun temurun dari segelintir orang.

Penulis: Fauzan
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »