Buku Kuliah Mahasiswa Sastra Indonesia yang Wajib Kamu Punya, yuk Intip!



Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia! Semoga selalu dalam keadaan baik-baik ya, dan jangan lupa tetap patuhi protokol Kesehatan. Baru saja kemarin kita merayakan kegembiraan bagi seluruh siswa yang akan berganti peran menjadi mahasiswa. Yups, benar sekali pengumuman SNMPTN dan SBMPTN atau UTBK yang digelar oleh LTMPT di bawah tanggung jawab Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumumannya pada tanggal 8 April 2020 untuk SNMPTN dan 14 Agustus 2020 untuk SBMPTN dan UTBK, membuat berbagai perasaan campur aduk  untuk para siswa dapat meraih almamater impian. 

Berbicara mengenai mahasiswa baru, banyak yang menanyakan mengenai akan kehidupan kampus? Mungkin juga kos-kosan? menanyakan apa aja sih yang bakal kita pelajarin di semester satu ini? Atau saking kepo-nya ada yang menanyakan buku apa aja yang harus dibaca untuk semester satu? Apalagi jika kamu mendapat di jurusan dengan slogan “Kuliah Sastra Mau Jadi Apa?” yups, benar sekali ‘Sastra Indonesia’ jawabannya. Maka dari itu, artikel kali ini akan sangat membantu kamu. Karena di dalam artikel ini akan membahas rekomendasi buku bagi kamu yang saat ini baru berubah status menjadi ‘Mahasiswa Baru’ untuk program studi Sastra Indonesia. Yuk, disimak.


1. Mata Kuliah Pengantar Filologi
Filologi, sebelumnya apa kamu pernah mendengar ilmu itu? mungkin jika kamu anak bahasa tidak asing dengan ilmu tersebut, sebelum lanjut ke pembahasan mengenai buku filologi. Mari kit aulas sedikit mengenai ap aitu ‘Filologi’. Secara etimologi filologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Philos yang berarti cinta, kasih sayang dan Logos yang artinya kata. Maka filologi merupakan ‘Cinta Kata’, yang dimaksudkan ialah suatu pengetahuan tentang sastra dalam arti luas yang mencakup bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan (Baroroh Baried, 1985: 1). Nah, karena sekarang sudah tercerahkan mengenai filologi, sekarang saatnya kita intip buku-buku untuk membantu kuliah kamu di semester satu ini. 

a. Pengantar Teori Filologi karya Siti Baroroh Baried, dkk. 

Buku terbitan Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas (BPPF), Seksi Filologi, Fakultas Sastra, Universitas Gajah Mada, yang cetakan pertamanya terbit pada tahun 1994. Buku ini akan sangat membantu kamu memahami tentang seluk beluk bagaimana filologi hadir di tengah masyarakat Indonesia, serta hubungannya ilmu filologi dengan ilmu-ilmu lainnya. 


b. Teori Filologi Karya Alfian Rokhmansyah


Buku yang cetakan pertamanya pada tahun 2018, yang saat ini sudah lahir edisi revisi. Buku Karya Alfian Rokhmansyah ini membahas tentang materi-materi dasar seputar filologi. Buku ini terbagi menjadi tujuh bab, yang meliputi pengenalan ilmu filologi, sejarah filologi, ilmu-ilmu yang berhubungan dengan filologi, konsep naskah dan teks, kritik teks, metode penelitian filologi, serta perihal transliterasi dan penyuntingan teks. 

2. Mata Kuliah Pengantar Linguistik Umum
Linguistik, pasti kata ini tidak asing di dengar oleh kamu, bukan? Ya, benar sekali linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa, baik mengenai tata cara hingga pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, karena sekarang sudah tercerahkan mengenai linguistik, sekarang saatnya kita intip buku paling populer yang membahas mengenai linguistik untuk membantu kuliah kamu di semester satu ini. 

Pengantar Linguistik Umum karya Ferdinand De Saussure

Ferdinand De Saussure seorang bapak linguistik modern, yang telah dikenal sejak buku pertamanya yang berjudul  Cours de linguistique Générale  atau dalam bahasa Indonsesia artinya Pengantar Linguistik Umum yang diterbitkan pada tahun 1916. Kemudian pada tahun 1988 buku ini berhasil diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press., dan menjadi buku pedoman untuk mahasiswa sastra. Di dalam buku ini Saussure mengemukakan pandangannya terhadap telaah bahasa sinkronik dan diakronik, perbedaan langue dan parole, perbedaan signifiant dan signifié, serta hubungan sintagmatik dan paradigmatik.

3. Mata Kuliah Pengantar Pengkajian Sastra
Sastra, pasti yang terlintas dipikiran kamu tentang novel, puisi, cerpen, atau bahkan karyanya sang maestro Pramoedya Ananta Toer? 

Yups,  semua pemikiran itu benar semua tentang sastra. Tapi sebenarnya pengertian sastra tidak sesempit itu loh, menurut Sumardjo & Saini (1997: 3) bahwa Sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.  

Nah, karena sekarang sudah tercerahkan mengenai apa itu sastra? Sekarang saatnya kita intip buku paling dicari oleh mahasiswa sastra Indonesia yang membahas mengenai pengantar pengkajian sastra untuk membantu kuliah kamu di semester satu ini.

a. Pengantar Pengkajian Sastra karya Redyanto Noor.

Buku yang terbit pada November 2015 ini, ditulis oleh Redyanto Noor seorang dosen sastra dan sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro periode 2014-2019. 

Buku Pengantar Pengkajian Sastra ini di terbitkan oleh FASindo, buku ini juga menyajikan materi yang menitik beratkan pada pemahaman dan penguasaan dasar-dasar teori sastra. Materi yang dimaksudkan yaitu mencakup dasar-dasar ilmu pengetahuan sastra, antara lain hakikat dan fungsi sastra, bidang-bidang ilmu sastra, bermacam-macam pendekatan sastra, beberapa ilmu bantu sastra, genre sastra, teori-teori sastra modern seperti formalisme, strukturalisme, semiotic, sosiologi sastra, psikologi sastra, estetika, stilistika, resepsi sastra, sastra marxis, sastra poskolonial, sastra bandingan, alih wahana, sastra hibrida, dan sastra cyber. 

b. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra karya Alfian Rokhmansyah


Buku yang diterbitkan oleh Graha Ilmu pada tahun 2014 ini ditulis oleh Alfian Rokhmansyah. Buku ini memiliki tiga bagian yaitu diantaranya pada bagian pertama membahas mengenai definisi, genre, dan aliran sastra yang kemudian dibagi lagi menjadi empat bab yang membahas tentang sastra dan studi sastra, genre sastra, pengelompokan sastra, serta alira-aliran sastra seperti idealisme, realisme, esksistensialisme, supranaturalisme, materialisme dan naturalisme. 

Kemudian bagian kedua membicarakan tentang teori-teori sastra mutakhir, yang berisi tujuh diantaranya, formalisme rusia dan new criticsm, strukturalisme, semiotika, resepsi sastra, intertekstual, dekonstruksi, feminis sastra serta poskolonialisme. Terakhir dari buku ini yaitu pada bagian ketiga mengenai teori sastra interdisipliner, yang terdiri dari lima bab diantaranya sosiologi sastra, psikologi sastra, antropologi sastra, sastra bandingan dan ekranisasi. 

Nah sekarang  buat kamu mahasiswa baru sastra  Indonesia sudah gak perlu bingung lagi buku-buku apa yang perlu kamu punya buat bantu kuliah nanti. Semoga rekomendasi buku ini bisa membantu kegalauan kamu akan sulitnya memahami tentang sastra, tapi kamu juga harus baca jurnal untuk menambah referensi bacaan yah ada. Semangat Muda, Semangat Meraih Mimpi!

Penulis: Viany Ayu Larasati
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online Campusnesia


Sumber:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ferdinand_de_Saussure, diakses 23 Agustus 2020.
2. Baroroh, Siti Barried, dkk. 1994. Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: BPPF, Fakultas Sastra, UGM.
3. Rokhmansyah, A. 2018. TEORI FILOLOGI (EDISI REVISI). Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman.
4. De Saussure, Ferdinand. 1988. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
5. Noor, Redyanti. 2015. Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: FASindo.
6. Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »