Rujak Kulub dan Es Gempol Mak Kandar Weron, Kuliner Lezat Harga Merakyat Eksis Sejak 1990an



Campusnesia.co.id - Halo sobat campusnesia, kali ini yuk kita bahas kuliner yang jarang orang tahu namun dari sisi rasa tidak kalah dengan makanan viral dan harga yang ramah di kantong. 

Orang bilang ibarat hidden gem, harta karun tersembunyi karena letakmya yang di pelosok desa. Nama tempatnya warung Rujak Kulub dan Es Gempol Mak Kandar.

Terletak di dukuh Weron RT 02 RW 05 Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, jika kamu datang dari arah jalan raya Pati Tayu, pas pertigaan Majasem belok kiri lurus saja hingga masuk dukuh weron.

Menu andalanya Rujak buah nanas, bengkoang, mentimun, krai dan memyesuaikan dengan musim buah yang ada dengan bumbu gula merah yang pedas dan legit dari campuran asem. Dalam satu porsi rujak biasa ditambahi kulub, rebusan dedaunan seperti bayam, kacang panjang dan kecambah kemudian disiram dengan bumbu kacang nan nikmat.

Untuk seporsi rujak kulub yang kaya vitamin, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 2.500 perak, murah meriah kan? Sebagai penawar pedas, kamu bisa memesan aneka minuman seperti Gempol, perpaduan santan legit agak asin dan manisnya sirup atau setrup buatan sendiri. Ada juga cendol dawet dan cao atau cincau hitam. Segelas minuman menyegarkan tersebut juga sangat terjangkau hanya Rp 2.500 rupiah saja.

Sebagai menu penutup, aneka gorengan bakwan, tempe, tahu susur, sate telur puyuh, sate usus, kerupuk bisa jadi pilihan. Percaya atau enggak diwarung ini masih ada kerupuk yang harganya Rp 100 perak, unik.

Berdiri sejak tahun 1990an, warung mak Kandar sudah bertahan hampir 30 tahun lebih. Warungnya sederhana dengan menu yang juga sederhana namun menjadi tempat jajan penikmat kuliner dari berbagai desa tetangga.

Seperti Imam, pemuda dari desa tetangga yang rutin setidaknya seminggu sekali datang jauh-jauh untuk menikmati seporsi Rujak Kulub, es gempol dan beberapa gorengan, gak sampai 10.000 sudah kenyang.

Mau nyobain? Datang langsung saja ke dukuh weron desa tegalharjo dan tanya warga alamat Warung Rujak Es Gempol mak Kandar. Buka setiap hari (jika tidak ada halangan) dari jam 09.00-17.00 WIB, jangan terlalu sore ya karena sering sebelum tutup sudah sold out alias kehabisan.

Yuk kita beli dan besarkan warung-warung tetangga dengan menu khas daerah masing-masing yang rasamya tidak kalah dengan warung kota.

Penulis:
Achmad Munandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »