Pengertian Domain Authority dan Page Authority, Cara Cek dan Cara Meningkatkannya




Campusnesia.co.id - Istilah Domain Authority dan Page Authority pasti akrab bagi rekan-rekan blogger. DA dan PA bermanfaat untuk popularitas blog kita dan kadang juga jadi syarat jika mendaftar untuk jadi publisher artikel placement misalnya.

Definisi Domain Authority
Domain Authority (DA) merupakan suatu acuan bagi mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs web atau blog Anda. 

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority
Keduanya sama-sama merupakan barometer baik bagi suatu website maupun halaman website yang berkualitas bagi mesin pencari. Bayangkan saja Domain Authority adalah penilaian akan suatu properti rumah secara keseluruhan, sementara Page Authority (PA) ini adalah penilaian terhadap salah satu ruang kamarnya saja. Untuk mengoptimalkan kinerja SEO, memang DA dan PA mestinya berjalan beriringan, keduanya perlu Anda tingkatkan sebagai pengelola website.

Saya juga termasuk masih baru tahu tentang DA dan PA ini, dan mungkin yang penasaran dengan DA dan PA blog kamu, bisa cek di beberapa web ini:


2. http://moonsy.com/domain_authority



Ada 3 hal yang memperngaruhi Domain Authority dan Page Authority

1. Usia Domain
Semakin lama keberadaan domain itu ada dan semakin aktif kegiatan yang terjadi pada suatu domain, maka semakin tinggi pula nilai DA dari domain itu. Sebab, ini menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domainnya. Google akan menganggap website atau domain tersebut layak dinilai tinggi dan penilaian ini juga bisa memengaruhi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

2. Popularitas Domain
Populernya situs Anda dapat dilihat dari jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Hal itu dapat disebut sebagai Inbound Link, yang berarti pemberian rekomendasi terhadap situs Anda ( backlink ). Inbound Link ini dapat juga dilakukan dengan cara ikut berkomentar pada situs atau blog lain ( blogwalking ), atau Anda dapat aktif mempromosikan domain Anda dalam suatu forum terkait. Hal-hal yang telah disebutkan ini adalah cara jitu agar Anda dapat mendongkrak banyaknya pengunjung website hasil dari menguatnya domain Anda di SERP (Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari).

3. Ukuran Domain
Ukuran yang dimaksud yaitu dilihat dari banyaknya jumlah konten yang Anda publikasikan di website Anda. Semakin banyak jumlah konten atau posting-nya maka semakin besar pula ukuran domain Anda. Inilah mengapa para blogger rutin membuat konten setiap harinya. Namun, banyaknya konten saja tak cukup sebab mesin penelusur semacam Google juga dapat menilai seberapa berkualitas konten itu. Mengenai konten yang berkualitas, kami akan membahasnya lebih lanjut di bagian berikutnya.

Dari ketiga hal tersebut, mesin pencari dapat menentukan Peringkat Domain Authority dari suatu website. Domain authority ini merupakan satu dari sekian banyak faktor lainnya yang menjadi ukuran tingkat kepercayaan mesin pencari kepada suatu situs.

Cara Meningkatkan Domain Authority:
1.Membuat Konten Berkualitas

2.Berstrategi Lewat Media Sosial

3.Mengelola Link

4.Melakukan Branding

5.Membangun Relasi

6.Tingkatkan On Page SEO
- Buatlah URL Anda singkat
- Kaitkan Keyword Anda pada URL
- Gunakan LSI Keyword.
- Buatlah Konten yang Panjang
- Gunakan Heading Tag
- Optimalkan Title Tag Anda untuk Click-Through Rate
- Gunakan External Link
- Gunakan Internal Link
- Maksimalkan Kecepatan Loading Laman Anda
- Pakai Aneka Konten Multimedia.

Itu tadi sobat campusnesia, tentang penjelasan Domain Authority dan Page Authority, cara mengecek dan cara meningkatkannya. Selamat mencoba.

sumber: Dewaweb.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »