Review Knives Out, Film Detektif bertema Warisan



Campusnesia.co.id -- Bagi generasi 90an kita besar bersama serial detektif penuh misteri Detektif Conan. Walau mungkin belum paham sepenuhnya, tapi cukup memberi gambaran bagaimana cara kerja seorang detektif.


Review film kali ini juga akan berkaitan dengan dunia Detektif. Sobat mungkin familiar dengan film Sherlock Holmes yang dibintangi Robert DJ atau Murder On The Orient Expres cerita maju mundur, teka-teki dan twistnya seru habis.

Film yang akan bahas berjudul Knives Out  film drama komedi kriminal Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Rian Johnson dan diproduseri oleh Ram Bergman dan Rian Johnson. Naskah film ini ditulis oleh Rian Johnson. Film ini dibintangi oleh Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Toni Collette, Lakeith Stanfield, Katherine Langford, Jaeden Martell dan Christopher Plummer.

Jalan Cerita
Novelis kriminal yang kaya Harlan Thrombey (Christopher Plummer) mengundang keluarga besarnya ke rumah besar terpencilnya dalam rangka ulang tahunnya yang ke-85 dengan harapan mempersatukan mereka semua. Namun, sehari setelah pesta ulang tahunnya, Harlan ditemukan tewas oleh anggota keluarganya. Detektif berpengalaman Benoit Blanc (Daniel Craig) dipanggil untuk menyelidiki kasus tersebut dan tak lama kemudian, semua anggota keluarganya menjadi tersangka atas kematian Harlan.

Spoiler
Dari awal film saya mengira bahwa pembunuh Harlan adalah semua anggota keluarga seperti di film murder on the orient expres dengan motif warisan.

Sayangnya mendekati pertengahan malah disajikan peristiwa sesungguhnya bagaimana harlan mati, iya bukan dibunuh orang lain tapi bunuh diri. Ia juga yang membuat skenario penyelamatan Martha sang perawat. Karena ia seorang penulis novel misteri wajar ya dalam sekejap bisa mengarang alur untuk Alibi Martha.

Di sepanjang durasi selanjutnya membuat kita disajikan bagaimana usaha martha menghindari detektif Blanc membongkar kematian harlan.

Twist
Penghujung film yang tak terduga, ketika semua orang sudah sepakat martha adalah tersangka dalam kasus kematian Harlan (walau bisa dibilang tidak sengaja) tapi setidaknya anggota keluarga lain happy karena warisan akan jatuh ke tangan mereka.

Dan boom..sang detektif Blanc menemukan fakta lain bahwa ada pelaku pembunuhan sesungguhnya bukan Martha sang perawat melainkan anggota keluarga lain dengan tujuan agar penyerahan warisan ke martha batal karena jadi tersangka.

Unik
Sosok martha dalam film ini punya kelianan unik, yaitu akan muntah kalau berbohong kepada orang lain yang jadi bagian penting dalam mengungkap kasus.

Mengingtkan saya akan peran Park Shin Hye dalam drama korea Pinocchio, dimana ia akan cegukan kalau berbohong.

Score 7.5/10

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »