Breakdown Kostum Gundala yang Membumi

8:11:00 PM


Campusnesia.co.id – Sobat setelah sebelumnya kita rilis artikel review  film gundala, ada hal menarik yang menggelitik saya untuk review juga, yaitu kostume yang sancaka kenakan. Berbeda dari versi komik yang ala The Flash, di film Gundala pertama ini kostumnya sangat membumi dan indonesia banget yang membuat bisa diterima akal.

(SPOILER AKUT)

Awas, breakdown ini akan mengandung spoiler akut, yang belum nonton dan tidak mau mendapat spoiler jangan lanjut baca.

Oke kita mulai, dalam film akan ditampilkan 2 kostum gundala, pertama hanya mengenakan celana dan sepatu sekuritinya, kaos polos dan balaclava merah.

Nah yang unik adalah kostume ke dua, ia buat sendiri, modifikasi dari jaket kulit, helm bogo, kaca mata google dan aksesori tambahan yang ternyata ada tujuannya, bukan hanya hiasan. Oke mari kita breakdown.



1. Sepatu
Sama yang ia gunakan saat bertugas sebagai sekuriti, sama seprti yang dipakai polisi dan tentara kayaknya ya.

2. Celana
Setelan sekuriti juga, tapi dibagian lutut ditambah protektor agar tidak sakit saat jatuh mengkin ya.

3. Jaket kulit
Sudah dikenakan saat awal muncul sancaka dewasa pulang kerja, artinya ini juga pakaian sehari-harinya. Made in Garut kali ya he he.

4. Tas kecil di pinggang
Entah apa isinya, tetapi ini juga sebenarnya masih dari kostume sekuritinya. Mungkin tempat menyimpan HP kayak bapak-bapak jadul atau bisa juga tempat menyimpan aneka kunci secara ia kan sekuriti.

5. Aksen warna hitam
Bagi yang belum tahu, itu adalah belt/ban yang menghubungkan mesin-mesin percetakan, ia menambahkan ban berbahan rubber/karet itu dengan tujuan agar saat teman-temanya menyentuhnya tidak tersengat listrik dari energi petir dalam dirinya, karena di beberapa adegan kejadian seperti itu.

6. Aksesori di telinga
Versi komik dan film 1981 itu adalah aksesori semacam sayap burung, dalam kostume gundala itu adalah sebuah logam penghantar listrik. Dalam film sobat akan disajikan sebuah scene sancaka mulai paham dari mana asal kekuatannya, dari mana datangnya, lewat mana dan cara mengeluarkannya.

Kita bahas, datang dari sambaran petir, lewat telinga, dan bisa dikeluarkan dari telinga juga. Ia mendapati sambaran saat berada di samping kabel penangkal petir yang menempel di telinganya, oleh karena itu ia berfikir benda logam jika dipasang di telinganya akan bisa berfungsi serupa, masalahnya benda apa yang cocok, aksesori mirip sayap berbentuk logam itu sebenarnya adalah logo alat percetakan yang ia temukan di pabrik tempat ia bekerja. Jadilah seperti kostum yang kita lihat.

7. Kostum kedodoran
Di twitter dan kaskus ada beberapa penonton yang mengkritik kostume gundala yang kedodoran, justru menurut saya harusnya seperti itu, jika mengikuti jalan cerita dan bagaimana sancaka membuat kostumenya yang bahkan tidak menjahit sendiri hanya menggunakan staples, maka wajar jika kedodoran dan kurang rapi. 

Yang perlu diingat, sancaka bukan Bruce Wyne sosok dibalik kostume Batman, walau sama-sama membuat sendiri kostumenya tetapi Bruce Wyne mendapat dukungan Fox, pemimpin perusahaan Wyne Enterprise bagian senjata militer masa depan dengan segala inovasinya, atau Tony Stark yang canggih habis. Justru kalau kostume gundala tiba-tiba bagus malah aneh.

Tapi tenang, tentang kustom ada kejutan di mid craedit. ha ha

Baca Juga:

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »