Kenal Lebih Dekat dengan The Godfather of Broken Heart Didi Kempot

10:21:00 AM


Campusnesia.co.id -- Beberapa waktu lalu, viral di twitter sefruit video pendek yang memperlihatkan para penonton sebuah konser yang begitu menghayati lagu dan suasana konser, setelah saya perhatikan ternyata ini bukan konser K-Pop atau band terkenal lain, terkejut dan tertawa sekaligus tidak percaya, acara itu adalah konser Campursari dengan penyanyi Didi Kempot. 

Masih heran, karena mayoritas penonton yang histeris di video tersebut banyak dari kalangan anak muda, Fenomena apa ini? 

Lalu setelahnya dalam beberapa hari nama Didi Kempot trending di twitter, banyak yang mencuit tentang lagu dan lirik-liriknya yang identik dengan cinta dan patah hati, tak lama kemudian bermunculan julukan-julukan baru misalnya "Didi Kempot the Godfather of Broken Heart" "Bapak Patah Hati Nasional" serta panggilan baru... Lord Didi. Memang era sekarang ini semua bisa terjadi.

Tapi seberapa jauh sobat mengenal Didi Kempot? redaksi melalui artikel kali ini coba ngulik sosok dibalik ratusan bahkan ribuan lagu-lagu jawa dengan nuansa dangdut itu, Jika Dangdut punya Rhoma Irama sebagai rajanya, Didi Kempot adalah Raja Campursari.

1. Mengawali karir dengan Ngamen
Era 80-an didi kempot muda memulai karir dari nol dengan menjadi pengamen mulai dari solo, jogjakarta dan akhirnya mengadu nasib ke jakarta berharap mendapat kesempatan yang lebih baik.

2. Keluarga Seniman
Buat sobat yang belum tahu, didi kempot adalah anak dari dalang kondang asal solo, ki Ranto Edi Gudel almarhum lebih dikenal dengan nama Mbah Ranto. Dan adik dari pelawak legendaris Mamik anggota grup srimulat, lahir di  Surakarta, 31 Desember tahun 1966, oh ya satu lagi pak sentot juga saudara beliau.



3. Asal nama Didi Kempot
Nama aslinya Didi Prasetyo, tambahan gelar kempot didapat dari komunitas ngamen saat di jakarta yang ternyata bermakna “Komunitas Penyanyi Trotoar”.

4. Lebih dari 700 lagu
Hingga hari ini mungkin sudah lebih dari 1000 ya, dalam sebuah kesempatan wawancara lord Didi menyampaikan produktifitas mencipta lagu dimulai justru sejak beliau masih jadi pengamen. Jika para fans bapak patah hati nasional mengikuti, pasca tahun 1998 banyak sekali album dan lagu yang ditelurkan.

5. Go Internasional
Tahun 1993 Didi Kempot dapat kesempatan ke belanda untuk perform, dan di sana tercipta lagu layang kangen dan mixingnya pun di belanda, album ini meledak di suriname maka jangan heran jika didi kempot juga punya banyak fans di suriname dan belanda.

Tahun 1996 didi kempot memutuskan kembali ke Indonesia, salah satu momentum come back ditandai dengan rilisnya lagu Stasiun Balapan yang jadi penanda kemunculan didi kempot di ranah blantika musik indonesia. Dan setelahnya ratusan lagu bisa kita nikmati.

6. Differensiasi
Keroncong dangdut yang kita kenal sekarang sebagai campursari menjadi genre musik favorit baru di era 1990an salah satu pelakuknya adalah didi kempot. Banyak tema lagu yang sudah dibawakan dari yang bahagia hingga deep banget patah hatinya.

Ada satu hal yang menurut saya bagian dari strategi cerdas lagu ala didi kempot yang saya sebut differensiasi. Pernah memperhatikan judul buku dan film Raditya Dika? Ia menggabungkan judul buku dan filmnya dengan nama-nama binatang, Cinta Brontosaurus, Koala Kumal dll.

Didi kempot dengan caranya sendiri, lagu-lagunya seakan sebagai miles stone, land mark perjalanannya selama hidup. Sebut saja Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi, Tanjung Mas Ninggal Janji, Pantai Klayar. Dll. Mengajak kita menyusuri perjalanan hidup dan cintanya dan sisi lain juga menjadi cara mempromosikan tempat-tempat tersebut. 

Jadi lagu Lord Didi yang mana yang paling mewakili suasana hatimu sobat? setel musik campursarimu dan ayo patah hati bersama...sampai jumpa.

cuplikan video dari acara konser Didi Kempot, Hype Banget.



penulis: Nandar
diolah dari berbagai sumber
video: YT Koala Kebun

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »