Review Film Aquaman sang Penyelamat DC Universe

11:21:00 AM



Campusnesia.co.id -- Tiba waktunya kita bahas film sobat campusnesia, dan kali ini yang akan kita review adalah film yang baru saja tayang akhir tahun lalu dan menuai banyak hal positif dari berbagai sisi. Apa saja? mari kita bahas satu persatu.

1. Judul Film
Iya judul filmnya aquaman, ketika pertama kali trailernya muncul sempat dijadikan banyak meme dengan memparodikanya dengan film finding nemo, jaya anccol bahkan aqua-man merujuk pada tukang aqua galon. 

Setelah kemunculan pertamanya di Batman V Superman sebagai easter egg bersama Cyborg, Flashman dan Wonder Woman disusul perannya dalam Justice League akhirnya ia dapat film solonya.



2. Sutradara dan Pemeran
Di bangku sutradara ada James Wan yang kita kenal dengan sederet film suksesnya seperti Saw, Insidious, The Conjuring dan Furious.

Sedangkan dijajaran pemain ada  Jason Momoa sebagai Arthur sang Aquaman, Amber Heard, legenda Willem Dafoe, Patrick Wilson, Dolph Lundgren yang legend juga, Yahya Abdul-Mateen II dan Nicole Kidman.

3. Jalan Cerita
Dari sisi timeline kejadian di film Aquaman setelah peristiwa Justice League, karena masyarakat sudah tahu tentang sosok Aquaman yang menjaga laut dan pantai.

Film diawali dengan kilas balik pertemuan ayah arthur seorang penjaga mercusuar dengan ibunya sang ratu atlantis bernama Atlanna diperankan Nicole Kidman yang melarikan diri karena menolak dijodohkan.

Dari keduanya lahirlah arthur yang merupakan separuh manusia dan separuh darah atlantis, sang ibu harus kembali ke lautan setelah didatangi pasukan atlantis demi keselamatan sang suami dan anaknya.



Kembali ke masa kini, pewaris tahta atlantis Ocean Master punya ambisi menguasi lautan dan ingin menyerang daratan atas perbuatan manusia yang merusak lautan. Ia mengajak 7 kerajaan di atlantis untuk bergabung bahkan tak segan melakukan kekerasan. Di daratan ia bersekutu dengan bajak laut yang nantinya akan menjadi musuh bebuyutan aquaman karena terbunuhnya sang ayah di kapal selam yang dibajak. Dikemudian hari musuhnya ini kita kenal dengan Black Manta dengan senjata laser dari mata dan pedang.

Mera, tunangan Ocean Master yang tidak setuju dengan rencana penyerangan ini, berinisiatif ke daratan mencari arthur untuk menyelamatkan atlantis karena ia punya hak atas tahta raja.

Perjuangan tidak mudah mengalahkan raja orm Ocean Master dengan pasukannya, Arthur harus mencari tombak raja atlantis yang bernama Trident Atlan yang membawanya ke gurun sahara hingga laut dalam dan bertarung dengan moster mengerikan.



4. Kesimpulan
Setelah menonton film solo aquaman dari DC universe ini, saya punya beberapa kesimpulan yang menarik.

Canggih
Dari sisi jalan cerita Aquaman mirip dengan Black Panther-nya MCU yaitu seputar perebutan tahta kerajaan, dari sisi setting layar juga mirip menghadirkan dunia lain yang belum terjamah oleh manusia kebanyakan dan menyajikan kecanggihan teknologi luar biasa dibanding dunia saat ini. Visual kerajaan atlantis dan CGInya memanjakan mata.

Kuda Hitam
Sempat diremehkan, justru sebaliknya Aquaman menjadi penyelamat DC Universe setelah film Batman v Superman dan Justice League versi Snyder menuai banyak kritik. Ini mirip dengan wonder Woman yang juga menuai pujian.

Dari sisi pendapatan, Aquaman juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi bagi DC bahkan melebihi kesuksesan Batman The Drak Knight trilogi versi Nolan. Tercatat sekarang Aquaman meraup 1,09 miliar dolar Amerika. Sedangkan, The Dark Knight meraup total 1,085 miliar dolar Amerika hingga sepenuhnya turun layar.

5. Penutup
Menurut saya film ini cocok dinikmati bersama keluarga dan dari sisi cerita, sinematografi serta action tidak mengecewakan. Skor dari saya 8/10. Kita tunggu film DC Universe lain yang akan tayang yaitu Wonder Woman 2. Semoga bisa sebagus pendahulunya, sampai jumpa.

penulis: Nandar
editor: Mumun

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »