Main ke Museum Ranggawarsita Semarang

2:42:00 PM




Campusnesia.co.id -- Apa kabar sobat Campusnesia, tetap produktif walau akhir pekan ya. Di kolo main kali ini penulis akan berbagi pengalaman jalan-jalan ke wisata edukasi Museum Ranggawasito Semarang. Tak kurang dari satu jam penulis berkeliling dan rasanya puas, dapat hiduran sekalius bisa belajar banyak hal. yuk simak perjalanannya.

1. Perjalanan
Dari Tembalang saya menggunakan ojek online dengan tarif 15.000 rupiah karena dapat potongan diskon. Berangkat pukul sembilan dan membutuhkan setidaknya 30 menit untuk sampai tujuan. Selain ojek online kamu juga bisa naik BRT Trans Semarang atau menggunakan kendaraan pribadi.


2. Lokasi Museu Ranggawarsito
Museum ini terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh nomer 1 Kalibanteng Kidul Semarang Barat. Mencarinya tidaklah sulit karena persis di pinggir jalan. 



3. Sejarah
Museum ini diresmikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yaitu bapak Prof. DR. Fuad Hassan pada tanggal 5 juli tahun 1989. Memiliki lebih dari 50.000 koleksi, Museum Jawa Tengah Ronggowarsito dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain 4 gedung pameran tetap, masing-masing terdiri dari 2 lantai; dan satu ruang koleksi emas.



4. Harga Tiket Masuk
Buka dari jam 08.00-16.00 wib dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. Untuk anak-anak hanya 2.000 rupiah dan dewasa 4.000 rupiah.



5. Memiliki 9 Galeri
Kamu akan disuguhi sembilan ruang galeri yang memanjakan mata dan penuh ilmu. Gedung A: Galeri Geologi (Lantai I), Galeri Paleontologi (Lantai II), Gedung B: Peninggalan dari peradaban Hindu-Buddha (Lantai I dan II), Peninggalan dari berbagai zaman peradaban (Lantai II), Gedung C: Galeri bersejarah perjuangan bersenjata (Lantai I), Galeri koleksi teknologi dan kerajinan tradisional (Lantai II), Gedung D: Galeri Pembangunan (Lantai I), Galeri Kesenian (Lantai II), Ruang E: Galeri Koleksi Emas.



Sejak masuk kamu sudah bisa melihat tentang kekayaan geologi jawa tengah, bahkan ada batu meteorit juga, kemudian beranjak jaman pra sejarah di jawa tengah, candi dan kerajaan. Selanjutnya era perjuangan juga ditampilkan dengan diorama. Berikutnya nikmati galeri budaya seperti pakaian adat, kesenian dan kerajinan jawa tengah. 



Menurut penulis, sangat cocok berwisata bersama keluarga dan teman-teman ke museum Ranggawarsito Semarang. karena selain untuk hiburan dan liburan juga bisa jadi sarana pembelajaran tentang berbabagai hal yang ada di jawa tengah khususnya. jadi Ayo ke wisata ke museum.

penulis: Nandar
foto: Nandar
editor: Mumun 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »