Review Film The Post: Ketika Pers berhadapan dengan Penguasa dan Investor

11:29:00 PM


Campusnesia.co.id -- Satu lagi film bertema Jurnalisme, berlatar tahun 1970-an era presiden Nixon. Dibintangi aktor papan atas Tom Hanks dan Meryl Streep dan dibangku sutradara Steven Spielberg yang bisa jadi jaminan akan kualitas film drama ini.

Film ini berbicara banyak hal, tentang koran Washinton Post yang sedang bersaing dengan New York Time. Masa transisi kepemimpinan ke Katharine Graham dengan terpaksa karena suaminya meninggal akibat kecelakaan. Dia yang hanya ibu rumah tangga tiba-tiba harus menjadi pemimpin perusahaan surat kabar yang akan melantai di bursa saham dan harus bernegosiasi dengan para kreditur/investor.

Tapi bukan itu tema besarnya, yang diangkat adalah isu tentang bocornya dokumen rahasia tingkat tinggi pemerintah Amerika yang menyatakan bahwa keputusan melanjutkan perang dan mengirim tentara terus menerus ke Vietnam adalah tindakan salah.

Awalnya New York Time yang mendapat bocoran dokumen ini, setelah dipublikasikan pemerintah melayangkan gugatan dan dibredel. 

The Washinton Post yang merasa ketinggalan dalam hal berita utama tentang dokumen perang vietnam ini akhirnya mendapat narasumber dan salinan dokumen yang sama. Di sinilah drama dimulai.

Dari bagaimana proses memperoleh sumber dan dokumen, proses pemilahan dokumen yang acak agar tersusun menjadi sebuah runutan peristiwa kemudian ancaman Hukum dari pemerintah dan kegalauan pemilik perusahaan ketika ditekan oleh para investor agar membatalkan memuat berita tersebut yang dikhawatirkan akan berdampak terhadap nilai saham perusahaan.

Endingnya menarik bagaimana akhirnya pemilik perusahaan memilih tetap menjunjung nilai kebenaran dan kode etik pers harus mengutamakan kepentingan masyarakat dan kebenaran walau banyak konsekuensinya.

Di akhir film semacam easter egg yang bisa jadi akan diangkat di film berikutnya, yaitu peristiwa yang tak kalah heboh dalam sejarah Amarika yang disebut Watergate Scandal yang memaksa presiden Nixon mundur kala itu.

Sebenarnya ada film yang nyambung walau digarap oleh sutradara dan PH yang berbeda yang berjudul Mark Felt biografi wakil direktur FBI yang menangani kasus watergate.

Nah buat sobat campusenesia penggemar film drama, yang satu ini pantang dilewatkan. Ada beberapa bonus juga menurut penulis, kita jadi punya gambaran bagaimana industri surat kabar era 1970-an dari sisi teknis dan atmosfirnya.

Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Penulis: Nandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »