sponsor

Lagi, Anak Indonesia Ukir Prestasi di Level Internasional

7:56:00 PM





Citizen6, Jakarta Indonesia kembali mampu berbicara di level internasional setelah 4 karya anak Indonesia berhasil meraih juara di ajang Lomba Melukis Lingkungan KAO untuk Anak-anak yang ke-6. Empat karya tersebut dikompetisikan bersama lebih dari 12.400 karya anak sedunia.

Bertempat di Hotel JS Luwansa Jakarta, pada hari ini PT KaoIndone sia mengadakan acara penghargaan untuk mengapresiasi anak-anak Indonesia yang telah ikut serta dan berhasil menjuarai Lomba Melukis Lingkungan Kao untuk Anak-anak ke-6 yang diadakan oleh Kao Corporation, Jepang.

‘’Ini merupakan wujud nyata dari usaha berkesinambungan kami untuk mengajak anak-anak peduli kepada lingkungan sejak dini,’’ ujar Pratomo Priambodo Aritedjo, Human Capital Development Senior Manager PT Kao Indonesia. 

Lomba ini secara konsisten diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengusung tema eco together dengan tujuan mendorong anak-anak di seluruh dunia - yang memiliki tanggung jawab untuk memelihara Bumi - agar mulai berpikir dan bertindak aktif untuk melindungi lingkungan sekitar, dengan melukiskan segala hal yang dapat mereka lakukan untuk lingkungan dalam kehidupan mereka sehari-hari.




 Melalui keterlibatannya, anak-anak diharapkan agar dapat menjadi agen perubahan yang mampu mendorong teman-teman, keluarga, serta orang dewasa di sekitar mereka untuk bersama-sama melakukan tindakan nyata demi kelestarian lingkungan.

Lomba Melukis Lingkungan KAO untuk Anak-anak ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kao Group sejak tahun 2010 sebagai bagian dari komitmen kami untuk sustainability. Tema “Eco Together” dipilih karena dengan tema ini, para peserta dapat menggambarkan berbagai cara yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari secara bersama-sama untuk menjaga lingkungan.

Hal ini bisa dimulai dengan cara yang paling mudah, seperti menghemat air dan listrik hingga menggunakan produk ramah lingkungan. Tahun ini, peserta berasal dari 37 negara dan kawasan di seluruh dunia, termasuk Jepang. Selain empat karya yang menjadi pemenang utama, Indonesia juga mengukir prestasi dengan menjadi negara yang mengirimkan karya terbanyak, dengan jumlah total lebih dari 4.200 karya.





 Profil pemenang Lomba Melukis Lingkungan KAO untuk Anak-anak Ke-6 dari Indonesia 1. Penghargaan ‘Kao Prize’: Josephine Thessalonica Lavencia (13 tahun), dengan karya berjudul “Save Our Earth for The Next Generation”.

2. Penghargaan 'Eco Friend Prize': Isabelle Aurelia Lee (6 tahun), dengan karya berjudul “Memimpikan Dunia yang Lebih Indah”.

3. Penghargaan 'Eco Friend Prize': Naila Rizka Salsabila (11 tahun), dengan karya berjudul “Bahan Bakar dari Limbah Pabrik”.

4. Penghargaan 'Eco Friend Prize': Benita Grace Steffani (14 tahun), dengan karya berjudul “How Wonderful Conserved Nature is”.

Proses pengumuman dan pemberian hadiah telah dilakukan pada tanggal 12 Desember 2015 lalu di Jepang. Para pemenang utama dari seluruh dunia diundang ke Tokyo, Jepang, untuk berpartisipasi dalam acara penyerahan hadiah dan penghargaan. Josephine, sebagai salah satu peraih penghargaan Kao Prize, merupakan salah satu pemenang yang diberangkatkan ke Jepang untuk menerima penghargaan tersebut langsung dari Chief Executive Officer Kao Group, Mr. Michitaka Sawada.

Lukisan-lukisan yang menjadi pemenang dipamerkan di booth Kao pada acara pameran Eco-Products 2015, sebuah acara besar yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight pada tanggal 10-12 Desember 2015.

 Untuk kategori kelompok atau “Group Prize”, dari 5 pemenang, 2 diantaranya adalah perwakilan dari Indonesia yakni:

1. Juara 1: SD Al Furqon Jember, dengan 890 karya

2. Juara 3: SMPN 1 Citeureup, dengan 429 karya

Teknis Pelaksanaan Lomba Melukis Lingkungan Internasional Kao untuk Anak-Anak Lomba lukis bertaraf internasional ini merupakan yang keenam kalinya diselenggarakan oleh Kao Group sejak tahun 2010, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012. Pesertanya adalah anak-anak dari seluruh Indonesia yang berusia 6 hingga 15 tahun. Untuk berpartisipasi, peserta cukup membuat lukisan dengan tema ‘Eco Together’ di kertas berukuran A3, lalu menempelkan formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap di belakang hasil karyanya.

Agar tidak membatasi kreatifitas anak, peserta dapat melukis menggunakan media apa pun yang mereka suka, mulai dari pensil warna, krayon, hingga cat minyak. Hasil karya yang telah ditempeli formulir tersebut kemudian dikirimkan ke PT Kao Indonesia untuk kemudian dikirimkan ke Kao Corporation Jepang untuk melalui proses penjurian. Dewan juri terdiri dari figur seniman dan para ahli di bidang kesenian yang telah diakui di Jepang, serta perwakilan dari Kao Corporation Jepang.

sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/2441551/lagi-anak-indonesia-ukir-prestasi-di-level-internasional

Artikel Terkait

Previous
Next Post »