Penyusunan Buku Profil Desa Pringsurat oleh mahasiswa KKN sebagai Media Penyaluran Informasi dan Potensi Daerah yang Berkelanjutan

 

Campusnesia.co.idKajen, Pekalongan (5/2/2024) – Desa adalah struktur pemerintahan yang berada di tingkat paling dasar. Pemerintahan desa bertanggung jawab atas kebijakan dan pembangunan di suatu wilayah desa, seringkali dengan perangkat desa yang berasal dari komunitas lokal. Desa memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi penduduknya dan juga untuk negara secara keseluruhan.

Desa Pringsurat, salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, memiliki potensi besar dalam hal sumber daya alam dan kesenian yang sangat beragam. Mayoritas penduduk Desa Pringsurat menggantungkan hidup mereka pada hasil pertania, yaitu padi, yang merupakan bahan makanan pokok. Selain sektor pertanian, masyarakat di desa ini juga banyak yang bekerja di perkebunan karet milik PTPN IX serta mengelola tanah milik perhutani atau tanah baron. Desa Pringsurat juga memiliki potensi di bidang wisataberupa Camp Area yang rencananya akan dijadikan lokasi perkemahan untuk masyarakat umum serta adanya Curug Sililin.



Berdasarkan data dan potensi yang dimiliki oleh Desa Pringsurat, maka dibuatlah buku profil desa tahun 2024 oleh mahasiswa KKN UNDIP TIM I 2023/2024 dengan jangka waktu pengerjaan buku profil tersebut kurang lebih selama 1 bulan. Buku tersebut berisi gambaran umum desa, lembaga & pemerintahan desa, prasarana & sarana desa, kependudukan desa, ekonomi desa, serta potensi-potensi yang dimiliki Desa Pringsurat. Dalam proses pembuatan buku profil desa, Tim KKN mendapatkan bantuan dari banyak pihak, mulai dari para perangkat desa, ketua RT/RW setempat, juga ibu-ibu kader Posyandu, PKK, pihak warga lokal serta sanggar kesenian dalam melakukan pengumpulan informasi yang diperlukan dalam penyusunannya.

 
Tujuan pembuatan buku profil desa adalah agar dapat menyediakan informasi dan arahan bagi masyarakat umum maupun instansi yang ingin mendalami lebih lanjut tentang Desa Pringsurat. Buku profil Desa Pringsurat disusun berdasarkan survey lapangan, wawancara serta data yang tersedia di kantor pemerintahan desa. Buku profil desa disusun secara tahunan, sehingga isi yang terdapat dalam buku dan penyusunannya akan berubah setiap tahunnya sesuai dengan pembaruan yang terjadi.

Dalam buku profil yang dibuat, terdapat analisis singkat mengenai kondisi geografis, penggunaan lahan, risiko bencana, demografi, infrastruktur, dan ekonomi Desa Pringsurat. Melalui penyusunan profil wilayah ini, diharapkan pemerintah desa dapat mendapatkan masukan dan saran yang berguna dalam proses perencanaan pembangunan desa. Selain itu, kajian mengenai karakteristik wilayah  dan potensi desa yang terdapat dalam profil ini juga diharapkan dapat memicu semangat untuk menerapkan prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Desa Pringsurat.

“Pembuatan buku profil yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP TIM I 2023/2024 di Desa Pringsurat hendaknya dapat menjadi acuan bagi khalayak dalam memahami Desa Pringsurat, baik dalam aspek sejarah desa, profil desa serta kesenian yang ada di Desa Pringsurat. Karena pada hakikatnya, Desa Pringsurat kaya akan potensi alam dan kesenian yang perlu diungkap untuk diketahui oleh banyak pihak diluar sana agar dapat berkembang dan terus lestari”, kesan dari ibu Rahna Widyawati selaku sekretaris Desa Pringsurat.



Penulis:
KKN TIM I UNDIP Desa Pringsurat


Editor:
Achmad Munandar



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon