Pemakaian Lampu Otomatis Untuk Penerangan Jalan Atau Pos

 


Campusnesia.co.id - Desa Karangtengah (15 Februari 2024) - Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Gayuh telah menjalankan program kerja kedua dengan memberi pendampingan kepada warga Karangtengah tentang “Pemakaian Lampu Otomatis untuk penerangan jalan atau pos”. Program ini merupakan perwujudan untuk mendorong masyarakat untuk mempermudah dalam pencahayaan dan mengatasi banyaknya warga yang sering mengabaikan pemakaian lampu. 

Berdasarkan hasil survey dimana banyaknya yang belum paham tentang pentingnya pencahayaan lingkungan dan pentingnya mematikan lampu saat tidak digunakan untuk penghematan listrik. Maka dari permasalahan tersebut perlu ditekankan untuk memasang pencahayaan yang cukup untuk lingkungan dan teratur dalam menggunakan pemakaian lampu untuk menghemat energi.

Lampu yang dulunya dioperasikan secara manual dengan menggunakan saklar, kini bisa dioperasikan dengan menggunakan sensor. Sensor tersebut adalah sensor cahaya yang bekerja memanfaatkan sinar matahari. Dimana akan bekerja menyalakan lampu saat cahaya disekitarnya gelap, dan akan mematikan lampu saat cahaya disekitarnya terang. Otomatisasi lampu ini tentu dapat berguna bagi masyarakat, masyarakat tidak perlu lagi untuk mematikan atau menyalakan lampu, semua sudah serba otomatis.


Berdasarkan hal tersebut, Gayuh Prana Pradipta (22), mahasiswa jurusan S1 Teknik Elektro Undip yang tergabung dalam KKN Tim I Undip 2021/2022 pada Senin, 27 Januari 2024 telah melakukan kegiatan yaitu dengan memberikan memberikan edukasi tentang cara perakitan dan pemasangan lampu otomatis sensor cahaya. Selain itu juga, pemasangan lampu otomatis dengan sensor cahaya untuk mempermudah dalam pencahayaan sekitar dan lebih menghemat penggunaan listrik dikarenakan masih seringnya masyarakat yang lupa untuk mematikan lampu saat tidak digunakan. 

Tujuan diadakannya program ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk mengganti lampu dirumah menjadi lampu otomatis. Dalam pelaksanaan program kerja, mahasiswa KKN Tim I Undip 2021/2022 (Gayuh Prana Pradipta) juga menyampaikan sejumlah poin penting seperti apa itu Lampu Otomatis, apa fungsinya, apa perbedaannya dengan lampu biasa, rangkaian yang digunakan pada sensor, skema pemasangannya, dan dimana saja lampu otomatis biasa diaplikasikan.

Lampu otomatis ini menggunakan sensor cahaya yaitu sensor LDR (Light Dependent Resistor) dimana fungsinya untuk rangkaian kontrol otomatisasi pengoperasian lampu dimana akan mematikan lampu saat pagi hari, dan akan menyalakan lampu di malam hari secara otomatis. Lampu otomatis ini biasa diaplikasikan di Teras rumah, Garasi, Lampu jalan, Lampu taman, Lampu koridor. Program ini berisi menyampaikan bagaimana cara merangkai rangkaian lampu otomatis dan bagaimana cara pemasangan jika diaplikasikan di rumah. Dimana mahasiswa melakukan pemasangan lampu otomatis yang dipasang berjumlah 2 buah lampu otomatis dengan fitting sensor cahaya pada tepi jalan dengan mengambil sumber listrik dari angkringan terdekat.




Penulis: 
Gayuh Prana Pradipta
Teknik Elektro Undip

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Priyo Sidik Sasongko S.Si., M.Kom.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon