Mahasiswi KKN TIM I UNDIP 2024 Edukasi Anak SD Karangasem 02 di Kecamatan Tanon : Pentingnya Susu Bagi Pertumbuhan Anak

 

Campusnesia.co.id - Wayu Taruli O Sihotang, Mahasiswi KKN dari Prodi Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada siswa-siswi kelas 5 di SD Karangasem 02 di Desa Karangsem, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen. Edukasi mengenai pentingnya konsumsi susu bagi usia anak sekolah (19/01/2024). 

Kegiatan ini diawali dengan pemberian pre-test lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Setelah itu, diberikan post-test dan ditutup dengan kuis serta pemberian susu kotak UHT. Hasil post-test diperoleh peningkatan nilai dibandingkan dengan nilai post-test pada siswa-siswi. Hal ini menandakan terjadi peningkatan pengentahuan pada siswa-siswi setelah dan sebelum penyampaian materi.   

Dilakukan survei dan penggalian informasi ke berbagai kalangan masyarakat dan didapati informasi bahwa siswa-siswi di sekolah dasar tersebut cukup jarang mengonsumsi susu yang dapat dikarenakan faktor ekonomi, kesukaan, kebudayaan (kebiasaan), atau lainnya.

“Siswa-siswi kelas 5 setahu saya ada beberapa yang tidak rutin konsumsi susu namun  tidak terlalu banyak. Ntah itu karena aspek apa saya tidak bisa jelaskan pasti. Siswa lainnya tetap rutin konsumsi susu baik itu susu cair,bubuk, atau sebagainya. Mereka cenderung yang paling aktif di sekolah ini atau masa bandel-bandelnya mbak.” Ucap Kepala Sekolah SD Karangasem 02.

Bergerak dari hal tersebut, perlu adanya edukasi kepada anak-anak usia sekolah yang dalam hal ini diberikan kepada anak kelas 5 SD. Edukasi tentang manfaat konsumsi susu menjadi sorotan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anak-anak sekolah di tengah berbagai tantangan kesehatan. Dengan pemahaman yang baik tentang manfaat susu, anak-anak dapat meningkatkan asupan gizi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan konsentrasi di lingkungan sekolah.

Nutrisi penting yang terkandung dalam susu, seperti kalsium, protein, vitamin D, dan nutrisi lainnya, sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sekolah. Asupan nutrisi ini mendukung tulang yang kuat, pertumbuhan otot yang optimal, dan fungsi otak yang baik. Selain itu, konsumsi susu secara rutin juga telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Nutrisi dalam susu membantu melawan infeksi dan penyakit, mengurangi risiko absensi sekolah karena sakit, dan memungkinkan anak-anak tetap aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar. Anak-anak usia sekolah juga cenderung memiliki aktivitas yang banyak dan sedang senang bermain sehingga asupan susu sangat penting di usia mereka.

“Saya ga minum susu mbak. Karena saya ga suka sama rasanya.” Ucap seorang anak saat penyampaian materi ketika ditanya terkait konsumsi susu dan alasan tidak mengonsumsi susu.
“Adik-adik, dari sekarang sangat penting konsumsi susu untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi di usia kalian sekarang. Apabila tidak suka dengan rasanya, susu juga ada yang diberi peraa tambahan seperti coklat dan stroberi yang rasanya lebih nikmat.” jelas Wayu saat memaparkan materi kepada siswa-siswi.

Anak-anak juga tampak antusias dan memperhatikan materi yang disampaikan, “Mbak, kalau tidak minum susu kita bisa jadi pendek ya?” tanya salah satu siswi ketika sesi tanya jawab berlangsung. Beberapa anak juga menuturkan bahwa mereka sering mengonsumsi susu bubuk merk “Bendera” setiap pagi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak masih senang mengonsums susu dan akan berdampak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan mereka.

Terkait dengan pendidikan, konsumsi susu memiliki hubungan dengan peningkatan konsentrasi dan kinerja kognitif. Nutrisi yang mencukupi dari susu membantu menjaga energi dan fokus di kelas, memungkinkan anak-anak belajar dengan lebih efektif dan mencapai potensi akademik yang optimal. Pentingnya edukasi tentang manfaat susu tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga pada pembentukan kebiasaan sehat sepanjang hidup. Dengan memperkenalkan anak-anak pada manfaat susu sejak dini, diharapkan mereka dapat mengembangkan kebiasaan sehat yang akan mereka pertahankan hingga dewasa, memberikan fondasi yang kuat untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Bagas, yang juga sebagai rekan dalam penyampaian edukasi pada program kerja ini juga memberikan pesan kepada seluruh siswa-siswi SD kelas 5 tersebut untuk meningkatkan Gerakan Minum Susu (Germas) tujuannya agar terjadi pertumbuhan dan status kesehatan yang baik pada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Sebagai penutup, Wayu sebagai mahasiswi KKN Undip 2024 Tim 1 juga berpesan semoga materi yang sudah diberikan dapat diterapkan dan bermanfaat bagi siswa-siswi kelas 5 SD Karangasem 02 dan anak-anak usia sekolah lainnya.

(Wayu 19/01/2024)
Dosen Pembimbing Lapangan
1. Ir. Ibnu Pratikto., M.Si
2. Dr. Seno Darmanto, ST., MT
3. Tari Purwanti, S. Ant., M. A.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon