Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Membuat Peta Tutupan Lahan dan Peta Sarana dan Prasarana Desa Troketon

 


Campusnesia.co.id - Kegiatan Kerja Kuliah Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro salah satunya dilaksanakan di Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Desa Troketon merupakan salah satu desa yang memiliki luas yang cukup besar di Kecamatan Pedan yang didominasi oleh sawah. 

Salah satu permasalahan yang terdapat di Desa Troketon yaitu belum efektivitasnya pemanfaatan penggunaan lahan. Perlunya pemetaan tutupan lahan untuk memaksimalkan pemanfaatan penggunaan lahan di Desa Troketon. Selain itu, sarana dan prasarana di Desa Troketon juga belum dilakukannya pemetaan. Maka dari itu, salah satu anggota KKN Tim I Universitas Diponegoro, yaitu Karunia Salsabila yang berasal dari Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan melakukan pemetaan tutupan lahan Desa Troketon. 

Pemetaan tutupan lahan serta sarana dan prasarana Desa Troketon dilakukan menggunakan aplikasi ArcGis 10.8. Pelaksanaan program kerja tersebut diawali dengan melakukan pembatasan wilayah Desa Troketon. Hal ini dikarenakan pada Geoportal Kabupaten Klaten, batas wilayah Desa Troketon belum sesuai dengan keadaan eksisting. 

Selanjutnya dilakukan digitasi tutupan lahan berdasarkan citra yang telah didapatkan baik dari aplikasi SAS Planet maupun Google Earth Pro. Untuk peta sarana dan prasarana, dilakukan penitikan titik koordinat dengan melihat Google Maps. Perlu dilakukan ground check untuk melakukan validasi keadaan eksisting yang sebenarnya dengan cara observasi deluruh desa. Selain itu, validasi juga dilakukan bersama perangkat desa. 

Setelah validasi dilakukan dan telah disetujui oleh perangkat desa, dilakukan pencetakan peta tutupan lahan serta peta sarana dan prasarana Desa Troketon. Pada tanggal 7 Februari 2024 dilaksanakan penyerahan peta tutupan lahan serta peta sarana dan prasarana Desa Troketon langsung oleh Bapak Sunaryo selaku Kepala Desa Troketon. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon